Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Nangka

Diposting pada

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Nangka – Tanaman nangka atau Artocarpus Heterophyllus ini berasal dari negara india dan sudah tersebar ke berbagai negara ataupun daerah yang beriklim tropis hingga masuk ke negara Indonesia.

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Nangka
Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Nangka

Tanaman nangka termasuk juga tanaman pohon, pada umumnya pohon nangka terdapat ukuran yang sedang dengan tinggi sekitaran 20 m, akan tetapi adapun pohon yang berkisar 30 m.

Pohon dari tanaman nangka ini termasuk pada bangsa Uticales serta termasuk juga kedalam suku Moraceae.

Dilihat dari bahasa inggris dimana nangka menjadi salah satu tanaman yang terkenal dengan nama Jackfruit. Banyak orang yang menganggap kalau tanaman nangka ini menjadi salah satu tanaman yang unik.

Hal ini karena adanya semua tubuh tanaman nangka mampu mengeluarkan getah yang berwarna putih pekat jika dilukai.

Perlu diketahui apabila getah ini terkena pada tangan anda, maka getah tersebut akan lengket ditangan anda dan sulit untuk dihilangkan.

Namun kebanyakan orang menghilangkan getah tersebut dengan cara menggunakan minyak, seperti minyak tanah, goring, tiner hingga minyak kayu putih.

Memang pada umumnya buah dari tanaman ini sangat lezat untuk di cicipi. Tentu saja anda akan merasakan kenikmatan yang manis dengan berbau harum dari buahnya.

Nah berbicara dengan tanaman nangka, maka kami disini akan membahas mengenai hal klasifikasi beserta morfologi dari tanaman nangka.

Tunggu apalagi, langsung saja disimak pembahasan yang telah disusun dengan rapi dan lengkap oleh kami. Berikut pembahasannya.

Klasifikasi Tanaman Nangka

Nama ilmiah dari tanaman nangka ataupun nama latinnya disebut sebagai Artocarpus Heterophyllus Lam. Adapun klasifikasi yang menarik perhatian bagi anda, seperti apa yang sudah tertulis dibawah ini.

  • Kingdom : Plantae
  • Infra Kingdom : Streptophyta
  • Sub Kingdom : Viridiplantae
  • Divisi : Tracheophyta
  • Super Divisi : Embryophyta
  • Sub Divisi : Spermatophytina
  • Kelas : Magnoliopsida
  • Ordo : Rosales
  • Super Ordo : Rosanae
  • Famili : Moraceae
  • Genus : Artocarpus J.R Fors dan G. Forst
  • Spesies : Artocarpus Heterophyllus Lam

Morfologi Tanaman Nangka

Setelah anda mengetahui tentang klasifikasi dari tanaman nangka, disini anda bisa lanjut untuk membacanya. Ini dikarenakan kami akan membahas mengenai morfologi dari tanaman nangka.

Bagaimana morfologi tanaman nangka ini? Mari kita simak bersama pada pembahasan yang ada dibawah ini.

1. Morfologi Akar Tanaman Nangka

Tanaman nangka memiliki pohon yang disertai dengan akar berjenis tunggang. Akan tetapi perlu diketahui bahwa tanaman nangka memiliki akar cabang yang disertai dengan banyaknya bulu-bulu.

Tahukah anda kalau tanaman nangka memiliki akar yang mampu menerobos permukaan tanah dengan kedalaman yang mencapai 10 hingga 15 meter.

Bahkan akar dari tanaman nangka sangat bermanfaat untuk mendukung pertumbuhannya menjadi lebih kuat dan tetap berdiri kokoh.

2. Morfologi Batang Tanaman Nangka

Tanaman nangka umumnya memiliki batang yang berbentuk bulat dan panjang  serta berstruktuk kayu keras, sehingga nangka bisa bertumbuh dengan lurus keatas.

Ketinggian dari tanaman nangka bisa sampai 25 m. Kayu dari tanaman nangka ini seringkali dimanfaatkan untuk digunakan instrument music secara gamelan.

Akan tetapi secara luas, kayu dari tanaman nangka ini biasanya digunakan untuk industry yang manufaktur furniture, misalnya pembuatan jendela, atap rumah dan pintu.

3. Morfologi Daun Tanaman Nangka

Daun yang berasal dari tanaman nangka ini menjadi salah daun yang bergolongan sebagai daun tunggal dan tumbuh secara pola yang selang-seling di bagian ranting tumbuhan.

Pada permukaan daun terdapat warna dengan tekstur yang agak licin.

Sementara pada permukaan daun di bagian bawah terdapat sebuah warna yang hijau tua dan tekstur yang agak kasar.

Daun dari tanaman nangka ini memiliki apex folii atau ujung daun yang berbentuk meruncing. Pangkal daun tanaman nangka memiliki penumpu yang telah berbentuk segitiga dan telah disertai warna kecoklatan.

Bahkan daunnya telah memiliki tepi daun yang berbentuk rata serta tulang daun yang bertulang menyirip.

4. Morfologi Bunga Tanaman Nangka

Bunga dari tanaman nangka adalah bunga yang berumah satu atau biasanya disebut sebagai monoecious. Maksudnya disini adalah sebuah tanaman yang telah menyediakan bunga jantan serta bunga betina.

Pada umumnya bunga jantan terdapat gada yang agak bengkok dengan warna hijau tua, ini merupakan ciri khas dari bunga tanaman nangka. Sementara untuk bunga yang betina telah tersedia bentuk yang pipih dan silindris.

5. Morfologi Buah Beserta Dengan Biji Tanaman Nangka

Buah tanaman nangka adalah buah yang termasuk golongan buah majemuk yang semu.

Artinya buah dari tanaman nangka disusun oleh rangkaian bunga yang majemuk dan kelihatannya seperti hanya memiliki satu buah saja.

Tanaman nangka yang tidak melakukan serbuk, maka tanaman nangka akan memiliki diami-diami.

Nah, untuk biji dari tanaman nangka ini berbentuk bulat lonjong, memiliki dua dikotil dan berukuran yang kecil

Mungkin sampai disini dulu pembahasan kita kali ini, semoga melalui pembahasan ini anda bisa mendapatkan manfaat ataupun pengetahuan mengenai hal tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *