Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Rambutan

Diposting pada

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Rambutan – Tanaman rambutan adalah salah satu jenis buah yanv tropis  serta iklim basah. Bahkan anda bisa menemukan tanaman ini dengan mudah. Disebabkan kebanyakan warga masyarakat Indonesia memiliki tanaman rambutan.

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Rambutan
Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Rambutan

Apakah anda sudah mengenal dengan tanaman rambutan? Jika masih belum maka kami disini akan membahas yang mengenai klasifikasi dan morfologi tanaman rambutan.

Pada umumnya klasifikasi serta morfologi tanaman buah cukup mudah untuk dipaham oleh anda, terutama anda adalah seorang yang baru mengenal jenis tanaman yang bernama rambutan.

Seperti apa klasifikasi dan morfologinya? Berikut dibawah inilah yang menjadi klasifikasi beserta morfologi tanaman rambutan, berikut pembahasannya.

Klasifikasi Tanaman Rambutan

Adapun klasifikasi dari tanaman rambutan, seperti apa yang sudah tertulis dibawah ini.

  • Kingdom : Plantae
  • Infra Kingdom : Streptophyta
  • Sub Kingdom : Viridiplantae
  • Divisi : Tracheophyta
  • Super Divisi : Embryophyta
  • Sub Divisi : Spermatophytina
  • Kelas : Magnoliopsida
  • Ordo : Sapindales
  • Super Ordo : Rosanae
  • Famili : Sapindaceae
  • Genus : Nephelium L
  • Spesies : Nephelium Lappaceum L

Morfologi Tanaman Rambutan

Setelah anda mengetahui tentang klasifikasi dari tanaman rambutan, maka yang menjadi pembahasan selanjutnya adalah morfologi tanaman rambutan.

Seperti yang sudah diketahui oleh kita bersama dimana tanaman rambutan ini memiliki berbagai macam jenis. Jenis-jenis tanaman rambutan meliputi rambutan binjai, aceh bebek bulus, sinyonya dan cimacan. Nah, berikut dibawah inilah yang menjadi morfologi dari tanaman rambutan.

1. Morfologi Akar Tanaman Rambutan

Pada tanaman rambutan ini terdapat dua jenis akar, yaitu akar samping dan juga akar tunggang. Akar dari tanaman rambutan ini berwarna coklat dan memiliki serabut akar dimana ini akan berfungsi sebagai penyerapan air dan mineral yang ada didalam tanah.

Selain itu, tanaman rambutan ini memiliki tudung akar dimana ini akan melindungi akar terhadap kerusakan yang menembus tanah.

2. Morfologi Batang Tanaman Rambutan

Pada umumnya tanaman rambutan bisa bertumbuh dengan ketinggian yang mencapai 15 meter atau lebih dari itu. Batang tanaman rambutan ini berwarna coklat dengan bentuk yang bulat dan tidak berarti serta berdiameter bisa mencapai 40 hingga 60 cm.

Batang dari tanaman rambuta ini agak sedikit keras serta tidak rata dan termasuk pada tanaman yang berumur panjang. Batang tanaman rambutan juga banyak cabang dengan arah dari cabang tersebut adalah horizontal.

3. Morfologi Daun Tanaman Rambutan

Untuk daun dari tanaman rambutan ini memiliki ukuran yang panjang dan kecil serta dibagian ujungnya meruncing. Daun dari tanaman rambutan ini berjenis majemuk yang berselang-seling.

Perlu diketahui kalau daun tanaman ini mengandung minyak, hal ini dapat membuat daunnya akan mudah terbakar, meski daun tanaman rambutan masih berwarna hijau.

Tanaman rambutan memiliki daun yang disertai dengan panjang sekitar 7 sampai 20 cm dan lebar yang berkisar 3 hingga 8 cm.

4. Morfologi Bunga Tanaman Rambutan

Pada tanaman rambutan ini terdapat tiga jenis bunga , mulai dari bunga betina, bunga jantan hingga bunga hermafrodit atau bunga sempurna.

Penyerbukan dari tanaman rambutan ini akan terjadi dengan cara penyilangan yang dibantu oleh lebah lanceng atau trigonoid.

Selain itu, pada bunga tanaman rambutan ini terdapat putik, mahkota dan benang sari. Benang sari dari tanaman rambutan terdiri atas serbuk sari, kepala sari dan tangkai sari. Sementara untuk putik terdiri atas bakal biji, tangkai buah hingga bakal putik.

Pada bunga rambutan terdapat diameter yang mencapai 5 mm dan terdapat dalam rangkaian yang timbul dibagian ujung cabang.

Bunga dari tanaman rambutan memiliki kelopak bunga dimana ini akan berguna untuk menjaga bunga pada saat masih kuncup.

5. Morfologi Buah Tanaman Rambutan

Buah rambutan ini berbentuk bulat yang panjang, nah kulit dari tanaman rambutan ini berbulu ada yang berbulu panjang dan ada juga yang berbulu pendek.

Buah dari tanaman rambutan ini memiliki warna yang bervariasi, dimana buah rambutan akan berwarna hijau apabila ia masih mudah, lalu akan berubah hingga menjadi kuning, jingga hingga ke warna merah.

Jika buah rambutan ini sudah berwarna merah, maka ini bertanda kalau buah rambutan sudah matang dan sudah menjadi layak untuk dimakan.

Pada buah rambutan ini terdapat ukuran panjang yang berkisar 4 sampai 5 cm. Nah daging dari buah rambutan ini cukup tebal apabila sudah matang dan tipis untuk yang belum matang serta warna keputihan yang mengandung air.

Rasa dari buah rambutan memiliki dua rasa, telah diketahui kalau buah rambutan ada yang rasanya manis dan ada juga yang rasanya asam.

6. Morfologi Biji Tanaman Rambutan

Untuk biji dari tanaman rambutan ini memiliki warna yang putih dan agak keruh serta bijinya telah dilapisi dengan berupa kayu yang agak tipis. Biji tanaman rambutan ini berbentuk elips serta dilapisi dengan daginga buahnya yanv tebal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *