Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Lidah Buaya

Diposting pada

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Lidah Buaya – Tanaman lidah buaya merupakan salah satu tanaman yang memiliki berbagai manfaat bagi anda, terutama anda adalah seorang pria, seperti penyakit kanker.

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Lidah Buaya
Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Lidah Buaya

Pada umumnya fungsi dari tanaman lidah buaya sebagai alat yang untuk menghindarkan dari penyakit kanker ataupun mampu mencegah penyebaran dari kanker tersebut. Tanaman lidah buaya ini mengandung berbagai vitamin untuk para manusia.

Nah sangking telah memiliki berbagai manfaat hingga tanaman lidah buaya dijuluki sebagai tanaman yang terbaik untuk pengobatan atau Master Healing Plant.

Manfaat dari tanaman lidah buaya biasanya terlihat dari morfologinya. Nah disini anda bisa mengetahui tentang klasifikasi dan morfologi tanaman lidah buaya. Berikut dibawah ini merupakan klasifikasi dan morfologinya.

Klasifikasi Tanaman Lidah Buaya

Tanaman dari lidah buaya ini memiliki nama yang berasal dari bahasa latin, yaitu Aloe Vera L. Bahkan klasifikasi dari tanaman lidah buaya telah dicatat oleh para ahli.

Seperti apa klasifikasi dari tanaman lidah buaya? Berikut dibawah ini yang merupakan klasifikasi dari tanaman lidah buaya.

  • Kingdom : Plantae
  • Infra Kingdom :¬†Streptophyta
  • Sub Kingdom : Viridiplantae
  • Divisi : Tracheophyta
  • Super Divisi : Embryophyta
  • Sub Divisi : Spermatophytina
  • Kelas : Magnoliopsida
  • Ordo : Asparagales
  • Super Ordo : Lilianae
  • Famili : Xanthorrhoeaceae
  • Genus : Aloe. L
  • Spesies : Aloe Vera. L. Burm. F

Morfologi Tanaman Lidah Buaya

Tanaman yang termasuk pada golongan sukulen ini dengan bentuk roset menjadi salah satu tanaman yang indah dengan ketinggian sekitar 30 sampai 60 cm serta berdiamater mencapai 60 cm.

Untuk morfologi dari tanaman lidah buaya ini mencakup akar, bunga, daun dan batang. Akan tetapi yang paling banyak digunakan oleh orang-orang yaitu daunnya, disebabkan daunnya memiliki berbagai manfaat. Nah, dibawah inilah yang merupakan morfologi dari tanaman lidah buaya, berikut ulasannya.

1. Morfologi Akar Dari Tanaman Lidah Buaya

Akar dari tanaman lidah buaya memiliki serabut dengan ukuran yang cukup serta menyebar. Akar lidah buaya berfungsi sebagai alat yang mampu menyerap air dan berguna untuk mengkuatkan tumbuh-tumbuhan sehingga tidak muda roboh.

Akar dar tanaman lidah buaya memiliki ukuran yang berkisar antara 30 sampai 40 cm. Disebabkan akar dari tanaman lidah buaya termasuk pada kelompok tanaman monokotil.

2. Morfologi Bunga Dari Tanaman Lidah Buaya

Pada umumnya tanaman lidah buaya bisa disebut sebagai tanaman yang unik dimana tanaman lidah buaya akan memperlihatkan bunganya, apabila tanaman ini telah mencapai usia yang cukup tua. Keberadaan bunga dari tanaman lidah buaya ini berada pada pucuk daun dengan panjang yang berkisar kurang lebih satu meter.

Jika tanaman lidah buaya dibudidayakan dengan cara yang komersil, maka bunga dari tanaman lidah buaya akan sulit untuk ditemukan. Tanaman lidah buaya memiliki bunga yang berwarna kuning hingga orange.

Sementara tanaman lidah buaya yang memiliki kebebasan, tentu saja tanaman lidah buaya akan menjadi lebih subur. Ini dikarenakan tanaman yang sudah bebas dari lingkungan, maka tanaman tersebut akan mengalami pertumbuhan yang lebih cepat.

Bahkan tanaman tersebut tidak aka mengalami gangguan pada saat proses perkembangan dan juga pertumbuhannya. Tanaman lidah buaya ini memiliki bentuk yang seperti terompet ataupun tabung yang kecil dengan panjang yang mencapai 2 hingga 3 cm.

3. Morfologi Daun Dari Tanaman Lidah Buaya

Daun dari tanaman lidah buaya memiliki bentuk yang lebar dibagian ujung serta meruncing dan telah ditumbuhi oleh duri. Bahkan pangkal daunnya pun dibagian pucuk memiliki duri.

Daun dagingnya cukup tebal dan tidak bertulang yang telah disertai dengan warna hijau keabu-abuan. Pada permukaannya terdapat lapisan lilin dan bersifat sukulen, yaitu mengandung air, lendir atau getah yang mendominasi daunnya.

Bagian dari atas daun ini terlihat rata, sedangkan dibagian bawah daun ini membulat atau cembung. Pada daun dari tanaman lidah buaya yang masih mudah akan menampilkan bercak warna yang hijau pucat hingga putih.

Akan tetapi bercak tersebut akan hilang apabila tanaman lidah buaya sudah tumbuh dewasa. Daun tanaman lidah buaya berjenis tunggal yang telah dilengkapi dengan tajinya  dan mempunyai bentuk lanset.

4. Morfologi Batang Dari Tanaman Lidah Buaya

Mungkin anda yang masih orang awam atau belum mengerti dengan morfologi dari batang lidah buaya. Hal ini sangat memungkinkan kalau batang tanaman lidah buaya adalah daun.

Ini karena batang dengan daun lidah buaya memiliki kesamaan sehingga anda akan mengalami kesulitan dalam membedakan antara daun dengan batang lidah buaya ini.

Batang dari tanaman lidah buaya ini bersifat monopidal dan disertai dengan bentuk yang bulat. Batang tanaman lidah buaya diposisikan pada terbawah yang berdekatan dengan akar yang memiliki serat berkayu.

Pada umumnya batang tanaman lidah buaya telah dilengkapi dengan ukuran panjang yang bisa diperkirakan telah mencapai 4 sampai 5 cm.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *