Syarat Tumbuh Tanaman Aren

Diposting pada

Tanaman aren adalah tanaman yang memiliki kesamaan dengan kelapa dan nipah, yakni palma, palem ataupun pinang-pinangan.

Syarat Tumbuh Tanaman Aren
Syarat Tumbuh Tanaman Aren

Seleain itu, tanaman aren memiliki pohon yang serba guna, dan ini juga mirip dengan pohon kelapa. Tentu saja anda sudah tidak asing dengan tanaman yang satu ini, apalagi anda yang menyukai dengan gula aren.

Anda bisa menanam tanaman ini dengan cara yang mudah, karena proses pertumbuhan yang baik dari tanaman ini, anda bisa mendapatkan manfaatnya. Mau mencoba untuk menanam tanaman aren ini? Maka ketahuilah Syarat Tumbuh Tanaman Aren yang baik darinya.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan wajib untuk diikuti oleh anda saat menanam tanaman ini. Dibawah ini sudah tersedia pembahasan dari syarat tumbuh tanaman aren, berikut pembahasannya.

Baca Juga : Cara Budidaya Tanaman Aren

Syarat Tumbuh Tanaman Aren

1. Kelembaban

Tanaman aren memiliki pohon yang dapat bertumbuh dengan cara yang menarik dan berbeda dengan tanaman lainnya. Sebenarnya, kelembaban untuk tanaman ini tidak bisa ditebak.

Dikarenakan, sebagian orang akan mengatakan kalau tanaman ini dapat bertumbuh dengan kelembaban yang tinggi. Dan, ada juga sebagian orang yang mengatakan kalau tanaman aren akan bertumbuh dengan kelembaban yang rendah.

Namun, perlu diketahui oleh anda, tanaman aren ini bisa bertumbuh dengan kelembaban yang tinggi maupun rendah. Akan tetapi, paling banyak ditemukan, tanaman aren ini akan bertumbuh dengan baik apabila kelembabannya sangat tinggi. Karena, pohon dari tanaman ini memiliki akar yang menyukai dengan kelembaban tinggi.

2. Iklim

Tanaman aren memiliki cara yang unik dalam proses pertumbuhannya. Dalam hal ini, tanaman tersebut bisa bertumbuh dengan baik, asalkan iklim yang dari daerah yang ditempatkan oleh aren merupakan iklim terbaik dan sesuai dengannya.

Biasanya, pembudidayaan yang dilakukan oleh banyak orang seringkali gagal, karena adanya iklim atau tempat yang tidak sesuai dengan keinginan dari tanaman itu sendiri.

Nah, bagi anda yang ingin melihat tanaman aren ini dapat bertumbuh dan berkembang dengan baik. Maka, anda dapat menanamnya di daerah yang beriklim tropis atau mungkin kondisi yang seperti di benua Asia pada umumnya. Dengan demikian, tanaman aren yang ditanam oleh anda bisa berkembang dengan baik dan lancar.

3. Suhu

Pada beberapa tahun yang lalu tanaman aren ini sempat diberitakan sebagai tanaman yang dapat menurunkan suhu dari wilayah Samboja, Kalimantan Timur.

Menurut informasi yang ditemukan, pohon aren ini bisa menurunkan suhu di wilayah tersebut kurang lebih mencapai 3 hingga sampai dengan 5 derajat celcius.

Hal ini dikarenakan, proses pertumbuhan dari tanaman ini benar-benar diberi makanan yang baik sehingga bertumbuh dengan baik juga.

Rata-rata tanaman ini bisa bertumbuh di suhu yang berkisaran 25 derajat celcius. Secara umum, tanaman yang satu ini akan bertumbuh di wilayah dengan suhu udaranya mencapai sekitaran 20 hingga 25 derajat celcius.

Namun, ada beberapa daerah tertentu, dimana tanaman aren akan bertumbuh di suhu udara yang bisa mencapai 30 derajat celicus.

4. Ketinggian Tempat

Apabila anda merasa tertarik untuk menanam tanaman aren ini, maka cobalah untuk mencari sebuh tempat dengan ketinggiannya yang cocok dengan tanamannya.

Bukan hanya kelembaban, iklim hingga suhu saja yang menjadi pusat perhatian dari pertumbuhan terbaik tanaman aren ini. Anda juga harus mencari tahu kondisi atau keadaan dari ketinggian tempat untuk tanaman ini.

Tanaman yang bernama aren ini mampu bertumbuh di wilayah dengan ketinggian tempatnya yang berada di dataran tinggi.

Dimana ketinggian tempat tersebut bisa mencapai kurang lebih setinggi 1.400 meter diatas permukaan laut. Tetapi, ketinggian rata-rata dan paling ideal tanaman ini mencapai 500 hingga sampai dengan 1.200 meter diatas permukaan laut.

Sedangkan, para pembudidaya tanaman ini sering menanamnya didaerah dengan ketinggian mencapai 500 hingga 700 mdpl.

5. Kondisi Tanah

Untuk kondisi dari tanaman ini seringkali membuat pertumbuhannya bisa terganggu, apakah bertumbuh dengan baik atau tidak. Kondisi untuk tanaman aren sehingga dapat bertumbuh dengan baik, yakni jenis tanah yang vulkanis dan berada di beberapa tempat.

Dalam hal ini, tanaman aren dapat bertumbuh di tanah yang berupa lereng gunung, tanah gembur, maupun tanah yang berpasir dan bisa dijumpai pada daerah yang berdekatan dengan aliran sungai.

6. Media Tanam

Dalam proses menanam, tanaman ini dapat dibudidayakan dengan bibit yang secara alami atau diperbanyakan biji benih.

Biji yang akan dijadikan sebagai calon bibit, maka wajib untuk disemaikan secara merendamnya dilarutan HCI. Jika anda ingin menanam tanaman ini, maka syaratnya adalah anda harus menyiapkan lahan yang berukuran mencapai 30 x 30 x 30 cm dan lubang tanam yang sedalam 5 x 5 m.

Selain itu, anda juga dapat memberikan pemupukan dengan cara yang baik sehingga proses pertumbuhannya bisa berjalan dengan baik.

Lakukanlah cara-cara ini agar anda bisa mendapatkan hasil yang memuaskan apabila tanaman aren bertumbuh sehat dan tegak keatas. Demikianlah artikel mengenai Syarat Tumbuh Tanaman Aren. Semoga Bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.