Syarat Tumbuh Tanaman Jambu Madu

Diposting pada

Tanaman jambu madu merupakan suatu jenis tanaman yang terdiri dari bentuk menarik untuk dilihat. Itulah sebabnya, saat ini negeri Indonesia tersedia berbagai jenis tanaman jambu-jambuan.

Syarat Tumbuh Tanaman Jambu Madu
Syarat Tumbuh Tanaman Jambu Madu

Bagi anda yang ingin dan menyukai dengan tanaman jambu madu ini, maka anda bisa menanamnya di rumah anda. Namun, sebelum anda melakukan proses menanam tanaman ini.

Syarat Tumbuh Tanaman Jambu Madu

Maka, akan menjadi lebih baik apabila anda telah mengetahui tentang syarat tumbuh tanaman jambu madu. Jika anda ingin melihat seperti apa syarat-syarat yang harus diterapkan sehingga proses pertumbuhannya dapat berjalan dengan baik, anda bisa melihat pada ulasan berikut ini.

1. Lahan atau Tanah

Lahan ataupun tanah menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan oleh kita sebagai orang yang ingin menanam sebuah jenis tanaman.

Dikarenakan, perlu diketahui oleh anda kalau tanaman bisa bertumbuh secara subur dan baik serta sehat, tentu saja ini harus memiliki lahan dan tanah yang sesuai dengan sebuah jenis tanaman tersebut.

Begitupun dengan tanaman yang bernama jambu madu ini, dimana tanaman yang satu ini memiliki syarat pertumbuhan yang harus dilakukan sehingga dapat berkembang dengan baik.

Nah, salah satu syarat yang harus diperhatikan oleh anda adalah lahan ataupun tanah untuk menanam tanaman ini. Dengan adanya lahan dan tanah yang sesuai, maka tanaman ini dapat bertumbuh dengan subur.

Secara umum, tanaman ini dapat di tanam pada lahan yang terkena dengan sinar matahari kurang lebih dalam 10 jam untuk satu harinya.

Usahakan anda menanam tanaman ini pada keasaman tanah yang bertingkat kurang lebih sekitaran pH 5,5 hingga sampai pada 7,5.

Meski tanaman jambu madu ini wajib untuk ditanam dilahan yang memiliki cahaya matahari, namun bukan berarti tanaman ini menyukai dengan sinar matahari.

Dalam hal ini, tanaman yang satu ini dapat di tanam pada tanah yang gembur dan berdekatan dengan sumber mineral atau air.

Pastikan tanah tersebut telah mengandung unsur hara, karena tanah yang seperti itu menjadi syarat utama dari tanaman ini.

2. Ketinggian Tempat

Ketinggian tempat untuk tanaman jambu madu ini, dimana penanamannya sangat berpengaruh terhadap sinar matahari dalam proses pertumbuhannya. Artinya, tanaman ini tidak akan bertumbuh dan berkembang lebih luas lagi apalagi berlamaan di sinar matahari.

Tanaman ini juga hanya bisa bertumbuh pada ketinggian tempat yang mencapai kisaran 1.500 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Tetapi, anda harus tahu kalau seringkali tanaman yang dinakan jambu madu ini bisa hanya bisa bertumbuh pada dataran rendah dengan ketinggiannya yang mencapai 600 mdpl.

3. Iklim

Jambu madu ini bisa bertumbuh apabila kondisi lingkungan atau iklim yang tropis atau sub tropis. Banyak orang yang menanam tanaman ini di iklim yang tropis, namun adapun sebagian besar yang menanamnya pada saat iklim sub tropis. Tapi, disini kami lebih menyarankan kepada anda bahwa penanamannya yang baik dan benar adalah pada iklim tropis.

Selain itu, tanaman jambu madu ini juga mampu bertumbuh dengan curah hujan yang cukup. Dalam artinya, tanaman ini tidak bisa bertumbuh pada tanah yang tergenang air.

Kurang lebih curah hujan yang cocok untuk menanam tanaman jenis jambu-jambuan ini pada curah hujan yang berkisaran antara 500 hingga 2000 mm dalam satu tahunnya.

4. Suhu

Mungkin anda akan berpikir kenapa suhu harus diperhatikan dalam menanam tanaman jambu madu ini?.. Jadi gini, suhu merupakan salah satu syarat yang penting juga untuk membuat suatu tanaman dapat bertumbuh dengan baik.

Begitu juga dengan tanaman ini, dimana suhu yang baik dan cocok dengan keinginan dari tanaman tersebut, maka tanaman tersebut akan berdiri dengan cara yang tegak.

Pastikan anda menanam tanaman ini dengan suhu yang tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas. Hal ini bertujuan agar tanaman jambu madu menjadi lebih bebas dalam melakukan proses pertumbuhannya.

Bukan hanya itu saja, bahkan tanaman ini juga bisa bertumbuh dengan baik apabila kedalaman tanahnya mencapai sekitaran 0 hingga 50 cm di dalam tanah.

5. Kelembaban

Umumnya, tanaman yang satu ini bisa bertumbuh pada kelembaban tanah yang sama seperti tanaman lainnya. Namun, ada beberapa jenis tanaman jambu madu dapat bertumbuh dengan baik apabila kelembaban udara untuk tanaman ini mencapai 30 hingga sampai dengan 50%.

Kelembaban yang seperti inilah akan menentukan kalau tanaman jambu madu dapat bertumbuh dengan baik atau tidak.

6. Media Tanam

Sebagai syarat yang terakhir dari beberapa syarat jambu madu diatas, anda juga bisa memenuhi syarat untuk melakukan penanaman tanaman ini.

Dimana, saat anda ingin melakkan proses tanam menanam dari tanaman ini, maka anda dapat menyiapkan bahan yang mengandung organik.

Dalam media tanam anda dapat melakukan perawatan yang baik dan benar untuk proses pertumbuhannya sehingga bisa menjadi lebih baik dalam berkembang.

Cara perawatan tanaman ini tidak memiliki cara-cara yang khusus, karena tanaman ini sama halnya perawatan dengan tanaman jenis lainnya.

Baca Juga : Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Jambu Madu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.