Syarat Tumbuh Tanaman Labu

Diposting pada

Tanaman labu berasal dari benua Amerika, tepatnya di negara Meksiko. Banyak orang yang menganggap bahwa tanaman ini berasal dari Indonesia, namun sayang sekali itu tidak benar.

Syarat Tumbuh Tanaman Labu
Syarat Tumbuh Tanaman Labu

Dan, saat ini labu sudah menyebar di beberapa negara, salah satunya adalah Indonesia. Masyarakat sering menanam tanaman ini dan tidak selalu berhasil dalam proses memanennya.

Mungkin ini mereka tidak mengetahui syarat-syaratnya dalam menanam tanaman ini. Mari kita simak beberapa Syarat Tumbuh Tanaman Labu dibawah ini.

Syarat Tumbuh Tanaman Labu

1. Iklim

Tanaman labu adalah tanaman yang berkembang dengan baik jika tanaman ini berada di wilayah yang terbaik. Seperti iklim dari wilayah tersebut, karena iklim yang berasal dari suatu wilayah akan mempengaruhi proses pertumbuhan tanaman labu ini.

Bagi anda yang ingin membuat tanaman ini bertumbuh dengan baik, maka cobalah untuk menanam tanaman ini di iklim yang tropis. Namun, ada beberapa jenis tanaman labu yang bisa bertumbuh di sub tropis.

Dalam hal ini, pertumbuhannya melalui iklim wilayah hanya tergantung dari varietasnya saja. Menurut informasi yang ditemukan, jenis labu parang lebih menyukai dengan iklim yang kering atau sub tropis. Berbeda dengan beberapa jenis tanaman labu lainnya, sebagian besarnya lebih menyukai dengan iklim tropis.

2. Suhu

Pada umumnya, tanaman ini memiliki keunikan tersendiri, mulai dari bentuknya hingga pada proses pertumbuhannya. Tentu saja proses perkembangan maupun pertumbuhan tanaman labu ini akan datang dari suhu yang disukai olehnya.

Jadi, jika anda ingin menanam tanaman labu, maka cobalah untuk mencari sebuah tempat dengan suhu yang pas dengan tanaman ini.

Tanaman yang satu ini bisa bertumbuh dengan suhu yang dingin, dan biasanya suhu udara untuk tanaman ini bisa mencapai sekitaran 15 hingga sampai dengan 20 derajat celcius. Suhu yang optimal untuk tanaman ini adalah pada suhu udara yang bisa melebihi dari itu, yakni 27 derajat celcius.

3. Kelembaban

Bukan hanya suhu maupun iklimnya saja yang harus diperhatikan oleh anda jika ingin membudidayakan tanaman ini. Dikarenakan, ada beberapa hal lainnya yang harus diperhatikan oleh anda, salah satu bagian yang tidak kalah penting untuk menanam tanaman ini adalah kelembaban udara daerah tersebut.

Kelembaban udara sangat mempengaruhi proses pertumbuhan dari tanaman labu ini. Oleh karena itu, anda yang ingin menanam tanaman labu, maka anda dapat memastikan bahwa tempat tersebut memiliki kelembaban yang sesuai dengan keinginannya.

Perlu diketahui oleh anda kalau jenis tanaman yang seperti ini lebih menyukai dengan kelembaban yang hanya mencapai kisaran 60% hingga sampai dengan 90%.

Akan tetapi, yang membuat tanaman ini bertumbuh dengan baik dan cepat, biasanya kelembaban udara harus berada di 75%.

4. Curah Hujan

Ingin sukses dalam membudidayakan tanaman labu? Maka, anda dapat memenuhi Syarat Tumbuh Tanaman Labu untuk pertumbuhannya. Dan, salah satunya anda harus memperhatikan dengan keadaan curah hujan dari suatu tempat.

Secara umum, tanaman ini bisa bertumbuh dengan curah hujan berapa saja, cukup anda harus memperhatikan bahwa tanaman tersebut tidak menyukai dengan genangan air.

Umumnya, tanaman labu akan bertumbuh dengan cara yang baik apabila tanaman ini di tanaman disebuah tempat yang memiliki curah hujan mencapai 700 hingga 1000 mm untuk satu tahunnya.

Namun, ada beberapa sumber mengatakan kalau tanaman ini hanya bisa bertumbuh di curah hujan yang meningkat sekitaran 500-2.500 mm dalam satu tahun.

5. Kondisi Tanah

Tanah yang cocok untuk ditanam dengan tanaman ini adalah tanah yang termasuk pada jenis tanah gembur dan juga subur.

Memungkinkan kalau tanaman ini bisa mendapatkan pertumbuhan yang baik dan sehat selama proses pertumbuhannya.

Pada tempat yang terlihat seperti tandus, tanaman ini bisa bertumbuh apabila diberi pupuk kompos maupun pupuk kandang yang secukupnya.

Setiap tanaman yang bernama labu ini akan memerlukan sebuah lubang dengan tanah dalam lubangnya mencapai 20 cm.

Keasaman tanaman labu ini hanya bisa diperhitungkan mencapai kisaran 5 hingga 6.5, dengan begitu tanaman akan mendapatkan pertumbuhan yang baik.

6. Ketinggian Tempat

Tanaman yang bernama labu ini sudah banyak yang membudidayakannya di wilayah negeri Afrika maupun Amerika dan India serta Cina.

Mungkin hal ini karena tanaman labu lebih menyukai dengan pertumbuhan yang berada di dataran tinggi, ataupun rendah sekalipun bisa ditanam tanaman yang satu ini.

Tempat yang paling ideal untuk menanam tanaman ini berada di ketinggian tempat yang mencapai 0 hingga 1.500 meter diatas permukaan laut.

7. Media Tanam

Faktor utama yang harus diperhatikan oleh anda dalam menanam tanaman ini adalah bagaimana anda menanam tanaman ini.

Hal ini bertujuan agar anda tidak mengalami kesusahan dan bisa mendapatkan hasil yang bagus dari proses penanaman tanaman ini. Tanaman ini hanya bisa bertumbuh apabila anda telah mengetahui tentang cara-cara dalam menanam tanaman yang satu ini.

Tanamlah tanaman ini pada lubang yang telah diberikan dengan pupuk GLIO sebanyak 5 kg. Lalu rawatlah tanaman dengan melakukan pencegahan hama dan penyiraman pada tanaman ini.

Tanaman ini bisa di panen oleh anda apabila sudah mencapai usia yang berkisaran 50 hingga 60 hari apabila proses menanamnya dilakukan dengan baik dan teratur.

Nah bagaimana? Demikianlah yang bisa kami sampaikan dalam kesempatan kali ini mengenai Syarat Tumbuh Tanaman Labu. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Labu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *