Ilustrasi Adalah : Pengertian, Jenis, Fungsi dan Contoh

Pengertian Ilustrasi

Apa itu Ilustrasi? Pengertian ilustrasi adalah hasil penggambaran dari suatu tulisan dengan teknik menggambar, fotografi, lukisan, atau teknik karya seni lainnya yang fokus pada hubungan subjek dengan tulisan ketimbang pada bentuknya.

Ilustrasi Adalah  Pengertian, Jenis, Fungsi dan Contoh
Ilustrasi Adalah Pengertian, Jenis, Fungsi dan Contoh

Terdapat juga dari sumber lainnya bahwa definisi dari ilustrasi adalah sebuah kata yang berasal dari bahasa Belanda ilustratie yang memiliki definisi suatu hiasan dengan gambar.

Dalam pengertian secara terminologi ilustrasi memiliki maksud suatu gambar yang memiliki fungsi sebagai sarana untuk menjelaskan suatu peristiwa.

Pendapat lain menyebutkan arti ilustrasi adalah suatu karya seni dalam bentuk gambar yang digunakan untuk menjelaskan suatu informasi atau cerita sehingga informasi tersebut dapat lebih mudah dimengerti oleh pembaca.

Dalam maksud lain ilustrasi juga dapat dimaksudkan bahwa Ilustrasi merupakan sebuah gambar yang memvisualisasikan tujuan tertentu seperti contohnya pada cerpen

Ilustrasi juga bisa diartikan sebagai bentuk visual dari teks sehingga orang yang melihatnya dapat mengetahui isi pesan atau informasi di dalamnya walaupunorang tersebut tidak bisa membaca teks. Adanya ilustrasi ini bagi pembaca juga menjadi lebih tertarik untuk membaca keseluruhan isi informasi atau cerita yang disampaikan.

Para Ahli juga memiliki pandangan tersendiri mengenai apa itu ilustrasi menurut mereka, yaitu:

1. Martha Thoma

Martha Thoma pernah berpendapat (dalam Sofyan, 1994: 171), definisi atau arti ilustrasi adalah suatu karya seni yang mengambil inspirasi dari karya kesustraan untuk menghiasi naskah dan membantu menjelaskan cerita atau mencatat peristiwa.

2. Soedarso

Soedarso pernah berpendapat mengenai ilustrasi (1990:1), definisi atau arti ilustrasi adalah seni gambar atau seni lukis yang diabadkan untuk kepentingan lain yang memberikan penjelasan atau mengiringi suatu definisi atau arti, misalnya cerpen di majalan.

3. Rohidi

Dikutip dari pernyataan Rohidi (1984:87), arti ilustrasi adalah penggambaran suatu hal melalui elemen rupa untuk lebih menerangkan, menjelaskan, atau memperindah suatu teks sehingga pembaca dapat seolah-olah merasakan langsung sifat-sifat gerak, dan kesan cerita yang disajikan.

4. Fariz

Definisi atau arti ilustrasi menurut Fariz adalah suatu ekspektasi dari ketidakmungkinan atau angan-angan yang sifatnya maya atau virtual

Manfaat Ilustrasi

Dalam suatu ilustrasi terdapat banyak arti dan makna. Tentunya ilistrasi ini bisa membantu kita dalam memahami makna tersirat dalam suatu tulisan melalui gambar. Hal selanjutnya merupakan penjelasan  fungsi dari ilustrasi yang kan dikaji secara mendalam:

  • Membuat pembaca menjadi tertarik. Ilustrasi berfungsi untuk memberi pandangan ataupun gambaran lengkap mengenai isi sebuah karya
  • Mmebuat tulisan mnejadi lebih mudah untuk dipahami ilustrasi ini sangat membantu kita menemukan makna dari sebuah tulisan yang kita baca secara menyeluruh.
  • Wadah dalam mengekspresikan sebuah tulisan menjadi sebuah gambar. Banyak sekali orang lebih suka mengekspresikan sesuatu mengenai apa yang mereka rasakan, menyalurkan hobi serta mengungkapkan curahan hati
  • Menggambarkan secara ringkas dan jelas sebuah tulisan atau cerita.
  • Membuat sebuah gambar atau tulisan menjadi memiliki nilai estetika yang lebihIlustrasi memudahkan penulis atau pengarang dalam menyampaikan maksudnya kepada pembaca
  • Menjadi wadah untuk berkomunikasi. Biasanya dalam sebuah gambar ilustrasi bisa menjelaskan sebuah tulisan.
  • Membuat sebuah karya tulis menjadi tidak monoton atau membosankan dalam diliat
  • Penjelasan mengenai sebuah konsep

Fungsi Ilustrasi

Adanya ilustrasi ini tentu memiliki fungsi, dan berikut ini merupakan beberapa penjelasan mengenai fungsi dari ilustrasi:

1. Fungsi Umum

  • Pembaca ini dapat menjadi tertarik dengan cara bagaimana, conothnya adalah gambar ilustrasi yang terdapat pada buku, majalah, koran, dan media lainnya membuat informasi di dalam media tersebut menjadi lebih menarik untuk dibaca.
  • Pembaca menjadi lebih mudah dalam memahami suatu karya tulis; acapkali pembaca lebih mudah memahami isi dari suatu informasi jika dilengkapi dengan gambar ilustrasi.
  • Memberikan gambaran bagi para penikmat karya; dengan adanya gambar ilustrasi bisa membuat pembaca memahami suatu informasi tanpa harus membaca keseluruhan isi informasi tersebut.
  • Mempercepat dalam mengungkap sesuatu yang menjadi poin suatu karya; sebuah kejadian tentu menjadi lebih mudah dipahami orang lain bila dijelaskan dengan ilustrasi tanpa harus diceritakan secara detail atau lengkap.
  • Adanya unsur keindahan; Karya tulis menjadi tidak monoton atau membosankan

2. Fungsi Ilustrasi Secara Khusus

  • Fungsi Deskriptif

Jenis Fungsi ini dalam sebuah ilustrasi merupakan menggantikan uraian mengenai sesuatu secara verbal dan juga runtut serta menggunakan kalimat yang cenderung panjang. Ilustrasi ini berujuan untuk menggambarkan atau memberi pandangan sehingga dapat lebih cepat serta lebih mudah untuk dipahami.

  • Fungsi Ekspresif

Adanya fungsi ini bermaksud bahwa sebuah ilustrasi bermaksud menyatakan dan menunjukkan suatu perasaan, maksud, situasi, gagasan, maupun sebuah konsep yang sifatnya abstrak menjadi sesuatu yang nyata sehingga lebih mudah untuk dipahami.

  • Fungsi Analitis atau Struktur

Mengenai hal yang berkaitan penjelasan mengenai fungsi ini merupakan suatu ilustrasi yang mampu menunjukkan detail bagian-bagian dari suatu sistem ataupun benda atau suatu proses dengan detail, agar lebih mudah dipahami.

  • Fungsi Kualitatif

Sedangkan untuk fungsi yang terakhir ini dari adanya ilustrasi acapkali digunakan untuk membuat kartun, foto, daftar, tabel, simbol, gambar, sketsa, dan grafik.

Tujuan Ilustrasi

Dikutip dari pernyataan yang pernah diutarakan Antonius Putra N dan Rahmatsyam Lakoro (2012:2), adanya ilustrasi ini  adalah untuk menghiasi dan menerangkan suatu cerita, puisi, maupun informasi lainnya dalam bentuk tulisan. Secara lebih rinci, tujuan dari adanya ilustrasi adalah:

  • untuk memberi suatu maksud yang jelas dari sebuah informasi maupun pesan yang akan disampaikan kepada pembaca.
  • untuk memberikan tambahan bahan ajar sehingga nantinya jadi lebih menarik, komunikatif, memotivasi, dan meampu mempermudah pembaca agar paham isi pesan yang disampaikan.
  • membantu pembaca agar tidak lupa konsep maupun maksud yang ingin disampaikan melalui gambar.

Ilustrasi ini ada bertujuan antara lain pertama untuk memperinci mengenai informasi yang akan kita sampaikan.

Lalu yang Kedua adalah untuk membuat tertarik sehingga dapat merangsang dan memotivasi pembaca agar tidak bosan.

Dan yang ketiga yaitu tidak mempersulit dalam mengingat konsep, gagasan yang akan disampaikan melalui sebuah gambar. Lalu ada penjelasan lainnya antara lain?

  • Pembaca menjadi tertarik Penulis atau pengarang suatu karya disebut berhasil apabila tulisan yang ia buat menjadikan pembaca merasa penasaran sehingga tertarik untuk membacanya lebih lanjut.
  • Tulisan yang ada dapat diperjelas dengan adanya ilustrasi. Apabila dalam sebuah karya tidak terdapat ilustrasi pembaca akan kesulitan untuk memahami makna sebuah tulisan Ilustrasi dapat mempermudah pembaca dan mengarahkan mereka untuk terus membaca tulisan kita.
  • Suatu perusahaan dapat menggunakan ilustrasi sebagai logo dari perusahaan mereka. Hal yang harus dipentingkan adalah di dalam logo tersebut mengandung identitas perusahaan. Hal ini tentu menjadi sesuatu yang penting bagi perusahaan dalam hal promosi produk mereka. Yang bisa kita jadikan contoh adalah perusahaan yang bergerak di bidang makanan dan minuman. Dibuatkannya sebuah ilustrasi yang menarik dalam kemasan makanan atau minuman tersebut dapat menarik perhatian para pembeli atau konsumen mereka.
  • Pembaca menjadi yakin terhadap maksud pesan yang ingin disampaikan penulis.
  • Kesan produk menjadi bermakna ketika produk tersebut dipromosikan
  • Suatu produk menjadi terlihat keunikannya Dengan adanya ilustrasi, hal ini menjadi menjadi alat dalam menonjolkan keunikan suatu produk. Contoh yang bisa disampaikan adalah saat kita ingin menawarkan sebuah produk sabun dengan bahan alami. Nantinya sebuah ilustrasi yang akan di buat adah menggambarkan produk tentang sabun berbahan alami.
  • Judul akan menjadi menarik sesuai dengan ilustrasi yang dibuat. Dari tulisan yang telah dibuat, ternyata judul memiliki pengaruh yang besar terhadap minat pembaca untuk membaca isinya hingga akhir. Maka dari itu adanya ilustrasi ini perannya sangat vital
  • Menjadi wadah untuk mengkomunikasikan sebuah produk kepada konsumen. Penggambaran dari fungsi ini pada kemasan suatu produk membutuhkan desain yang menarik agar konsumen tertarik untuk membeli.

Macam Ilustrasi

  • Gambar Ilustrasi Naturalis

Pada Gambar ilustrasi naturalis ini mempunyai warna dan bentuk yang sama persis dengan bentuk asli yang ada di alam.

  • Gambar Ilustrasi Dekoratif

Seringkali dipakai untuk mewarnai suatu bentuk dengan gaya tertentu.

  • Gambar Kartun

Ilustrasi ini dapat berupa sebuah gambar yang lucu mengenai manusia, hewan tumbuhan atau mengenai benda mati .Seringkali ditemui dalam buku atau majalah untuk anak – anak.

Mengapa demikian? DIsebabkan dengan adanya gambar dapat menarik perhatian anak – anak untuk betah berlama – lama membaca. Dampak lain adanya ilustrasi ini adalah mampu menambah kosa kata anak serta melatih mereka untuk memaikan imajinasi mereka.

  • Gambar Karikatur

Gambar karikatur ini seringkali ditemui  di koran atau majalah. Maksud dari gambar karikatur ini adalah mengekspresikan sebuah kritik dan saran.

Biasanya penggambarannya suatu objek yang jelas dan hiperbola yang berkaitan dengan khas objek yang dikarikaturkan. Karikatur diambil dari bahasa italia yakni caricare, yang artinya adalah melebih-lebihkan

  • Ilustrasi Buku Pelajaran

Ilustrasi ini seringkali dipakai dalam menjelaskan suatu kejadian baik yang bersifat ilmiah maupun menggambarkan tentang suatu gambar di buku pelajaran.

  • Cerita Bergambar

Serinkali ditemui pada komik, adanya ilustrasi ini bisa dipakai dalam menyatakan suatu tempat dan mendeskripsikan sebuah serita dengan sudut pandang yang membuat pembaca tertarik untuk mengikuti cerita tersebut.

  • Ilustrasi Khayalan

Mengenai ilustrasi yang satu ini adalah sebuah gambar yang dibuat mengekspresikan suatu khayalan yang banyak digunakan dalam berbagai cerita seperti novel, komik dan lain – lain.

  • Ilustrasi Naturalis

Untuk ilustrasi ini yang akan digambarkan nantinya sesuai dengan kenyataannya yang ada di alam, tanpa mengurangi dan melebih-lebihkan

  • Ilustrasi Cergam

Cergam disini merupakan kependekan dari cerita bergambar, termasuk jenis komik yang isinya berupa gabungan antara gambar dan teks yang dibuat semenarik mungkin

Contoh Ilustrasi

1. Komik

Definisi dari komik sendiri adalah sebuah karya yang memadukan rangkaian gambar untuk disusun sebagai sebuah cerita yang unik.

2. Cover

Setiap karya tulis seperti majalah,novel, buku ataupun komik pasti mempunyai cover atau sampul. Adanya cover ini bertujuan agar membuat sebuah buku semakin menarik dan indah untuk dipandang dan tentunya menarik perhatian para pembaca.

Terlebih lagi cover ini juga dicantumkan di buku pelajaran yang bermaksud dengan gambar akan membantu siswa lebih mudah mempelajari suatu materi.

3. Majalah

Sebagai contoh, sebuah majalah fashion atau majalah yang berkaitan dengan gaya hidup tentu ilustrasi memiliki nilai yang sangat penting.

Dimaksudkan ilustrasi nantinya dapat memudahkan konsumen untuk mengenal lebih dalam produk yang ditawarkan sehingga dapat merangsang ketertarikan konsumen untuk membelinya.

Tinggalkan komentar