Periodisasi Adalah : Pengertian, Tujuan dan Contohnya 

Tahukah Anda mengenai pengertian Periodisasi? Pasti kamu sudah tahu kalau kronologi dan periodisasi memiliki kaitan yang pada umumnya ditemukan dalam kronologi sejarah. Jadi urut urutan kejadian dalam sejarah yang akan menghasilkan periodisasi yaitu babak, waktu dan juga masa.

Periodisasi Adalah  Pengertian, Tujuan dan Contohnya 
Periodisasi Adalah – Pengertian, Tujuan dan Contohnya

Nah, didalam  perodisasi akan diadakan serialisasi rangkaian babakan menurut urutan zaman.  Dalam Sejarah sendiri dibagi menjadi zaman zaman dengan ciri ciri berbeda pada tiap periode.

Selain itu, Periodisasi bisa mengungkapkan ikhtisar sejarah yang didalamnya harus bisa dikenali jiwa semangat pada tiap zaman.

Pengertian Periodisasi Adalah

Yang memiliki pola dan struktur urutan kejadian atau runtutan peristiwa.  Kemudian Periodisasi bisa disusun berdasar perkembangan politik, ekonomi, kesenian, agama dan lain lain.

Pengertian Periodisasi dalam Konteks Sejarah

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, jika periodisasi tidak akan lepas dengan kronologi dan urutan kejadian atau peristiwa di masa lalu. Dan Masing masing periodisasi memiliki masa dan ciri yang berbeda satu sama lain.

Jadi jika periodisasi dikaitkan dengan sejarah maka akan menjadi suatu pemahaman yang lengkap. Oleh karena berangkat dari pengertian dari kronologi dan sejarah maka kita bisa mempelajari periodisasinya.  Akan tetapi khusus kali ini kita akan belajar mengenai priodisasi yang semoga mudah dipahami.

Jadi Periodisasi merupakan 1 kata yang berasal dari kata “periode atau periodi” yang kemudian ditambah imbuhan “sasi” maka menjadi kata “periodisasi”. Kata tersebut juga memiliki pengertian lainnya yaitu membagi atau memperiodekan suatu kejadian atau rentetan peristiwa yang ada.

Apabila kita mengaitkan periodisasi dengan konteks sejarah maka bisa disimpulkan, periodisasi adalah membagi masa lampau.

Pengertian Periodisasi Menurut Dwi Ari Listyani (2009)

Dwi Ari Listyani dalam bukunya, menyebutkan bahwa pengertian periodisasi atau pun pembabakan waktu adalah salah satu proses strukuturisasi waktu dalam sejarah dengan pembagian.

Yang di bagi  menjadi beberapa babak, zaman, atau beberapa periode.  Di dalam Peristiwa peristiwa bersejarah dimasa lampau dibagi dan dikelompokkan dan setiap pengelompokan memiliki ciri yang berbeda beda.

Tahukah kamu jika Pengertian periodisasi secara umum dan menurut Dwi Ari berbeda. Namun keduanya memiliki pengertian yang hampir sama yaitu menggolongkan sejarah menjadi bagian bagian priode yang berlandaskan atas ciri pristiwa.

Nah, dalam konteks sejarah, pasti kita sudah tahu bahwa peristiwa sejarah dimasa lampau memiliki alur peristiwa yang panjang. Jadi untuk memudahkan kita dalam mempelajari sejarah dibutuhkan pembagian peristiwa namun masih memiliki hubungan dengan periode lainnya.

Sama halnya sepak bola yang kita tahu untuk mendapatkan sebuah tim juara harus melewati berbagai macam babak. Dan babak disepak bola dibagi menjadi babak penyisihan, babak semi final, dan final. Babak inilah yang memudahkan dalam memperoleh juara.

Karena itu, ketika kita belajar mengenai sejarah Pemimpin Negara di Indonesia, maka kita akan bisa membagi nya menjadi beberapa babak ataupun periode.

Jadi yang pertama adalah periode presiden Ir. Soekarno, sedangkan periode kedua adalah presiden Soeharto, lalu periode ketiga Bj. Habibi hingga seterusnya hingga presiden sekarang yakni presiden Joko Widodo dan begitu seterusnya.

Dari sinilah kita bisa mempelajari setiap periode dengan mudah dan tidak campur aduk. Apabila konteknya merupakan sejarah dari pemimpin yang ada di Indonesia tentunya setiap priode memiliki kejadian dan pristiwa yang saling berhungan dengan presiden yang memimpin pada saat ini.

Tujuan Periodisasi

Di dalam Periodisasi dalam sejarah mempunyai manfaat yang penting bukan saja bagi penulis sejarah. Tetapi  juga bagi para pembaca khususnya para siswa yang belajar sejarah. Dalam Cerita sejarah yang ditempatkan dalam setting waktu tertentu.

Dengan demikian tentunya akan jauh mempermudah dan menarik minat para pembacanya untuk lebih mencari tahu tentang pristiwa dan kronologi tersebut.

Dan Tujuan periodisasi adalah :

  1. Melakukan penyederhanaan.
  2. Mempermudah klasifikasi dalam sebuah ilmu, khususnya sejarah.
  3. Mengetahui peristiwa sejarah secara kronologis sehingga lebih runtut dan tidak membingungkan.
  4. Untuk mempermudah mencari pengertian, dan

Untuk memenuhi persyaratan sistematika dalam ilmu pengetahuan.

Contoh Periodisasi

Jadi sebenarnya sudah disinggung sedikit diatas ya tadi mengenai contoh periodisasi. Tetapi kali ini kita akan bahas lengkap di sub bab kali ini.

Mari disimak supaya pemahaman kamu mengenai Periodisasi menjadi mendalam.  Di dalam contoh kali ini kita akan memberikan contoh periodisasi era kepresidenan Indonesia.

  1. Presiden Ir. Soekarno memimpin Indonesia mulai tahun 1945 sampai 1967
  2. Selanjutnya ada Presiden Soeharto memimpin pada tahun 1967 sampai 1998
  3. Kemudian Presiden Bacharuddin Jusuf Habibie memimpin pada tahun 1999 sampai 2001
  4. Lalu yang keempat Presiden Hj.Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarno putri, dirinya memimpin pada tahun 2001 sampai 2004
  5. Lalu ada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memimpin pada tahun 2004 sampai 2014
  6. Presiden Ir. Joko Widodo memimpin pada tahun 2014 sampai 2019

Untuk mengetahui contoh periodisasi lainnya kamu bisa mencari di buku buku pelajaran sejarah waktu SMP atau SMA ya. Biasanya akan tertulis dengan lengkap bersama dengan peristiwa peristiwa penting dalam setiap periodenya.

Jadi itulah penjelasan mengenai Periodisasi Adalah : Pengertian, Tujuan dan Contohnya semoga menambah wawasan kamu.  Terimakasih

Tinggalkan komentar