Pengertian Sekolah Adalah : Unsur dan Fungsi

Tahukah Anda tentang Pengertian, Unsur dan Fungsi Sekolah? Kita sudah tidak asing lagi dengan kata sekolah karena kata ini sangat umum digunakan pada percakapan dan kegiatan sehari-hari di masyarakat.

Pengertian Sekolah Adalah  Unsur dan Fungsi
Pengertian Sekolah Adalah Unsur dan Fungsi

Sekolah bisa diartikan sebagai lembaga pendidikan yang bersifat formal maupun non formal.

Pendirian sekolah ini bertujuan untuk memberikan pelajaran serta pendidikan untuk para murid yang dilakukan oleh para guru.

Pengertian Sekolah

Apa itu sekolah? Beberapa orang juga menjelaskan pengertian sekolah adalah lembaga yang dirancang untuk mendidik murid dalam pengawasan para pengajar.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, sekolah memiliki pengertian lembaga atau bangunan yang digunakan untuk kegiatan belajar mengajar sesuai dengan jenjang pendidikannya.

Misalnya di Indonesia, memiliki 4 jenjang sekolah seperti TK, SD, SLTP, SLTA. Setelah 4 jenjang sekolah yang telah disebutkan, negara kita masih memiliki jenjang pendidikan tinggi yang merupakan tahap pendidikan tingkat lanjut.

Pendidikan tingkat lanjut ini juga memiliki beberapa program pendidikan seperti diploma, sarjana, magister dan doktor.

Sebelum memulai aktivitas belajar mengajar,di sebuah sekolah biasanya mengadakan penerimaan murid baru yang sesuai dengan tingkatan, jenjang pendidikan maupun jurusannya.

Tidak hanya murid, aktivitas belajar mengajar juga harus didukung sarana dan prasarana yang memadai.

Tak terkecuali peraturan sekolah dibuat agar sistem dalam suatu sekolah lebih terarah dan melatih kedisiplinan anggota di dalamnya.

Unsur Sekolah

Lembaga pendidikan seperti sekolah juga memiliki beberapa unsur penting yang ada di dalamnya. Unsur sekolah ini sebagai berikut :

1. Gedung Sekolah

Kegiatan belajar mengajar sebagian besar dilakukan dalam gedung sekolah tepatnya di dalam kelas, meskipun ada beberapa guru yang menerapkan pengajaran di luar gedung sekolah (outdoor).

Tidak hanya ruang kelas saja,  gedung sekolah juga memiliki beberapa bagian yang penting yang bisa menunjang proses pembelajaran seperti :

  • Ruang kelas
  • Perpustakaan
  • Laboratorium (termasuk laboratorium computer)
  • Kantor guru
  • Kantor kepala sekolah
  • Toilet guru dan murid
  • Kantin
  • Lapangan sekolah
  • Parkir kendaraan siswa dan guru, dan bagian lainnya.

2. Siswa

Siswa atau murid adalah salah satu komponen utama dalam suatu lembaga pendidikan.

Murid merupakan para peserta didik yang akan mendapatkan pendidikan dari para tenaga pengajar atau guru.

3. Guru

Unsur sekolah ketiga adalah guru atau tenaga pengajar yang juga merupakan salah satu unsur terpenting dalam sekolahan.

Tanpa adanya guru yang kompeten di bidangnya, proses belajar mengajar tidak akan terjadi.

Persyaratan menjadi seorang guru di suatu sekolah, seseorang harus memenuhi kualifikasi agar dapat memberikan pelajaran yang optimal pada siswanya.

4. Peraturan

Dalam peraturan sekolah ini dibuat secara khusus dengan tujuan memberikan batasan aturan pada siswa, guru dan anggota di dalam sekolah lainnya.

Peraturan ini biasanya dibuat atas kesepakatan  pengelola sekolah seperti kepala sekolah, komite hingga para guru juga ikut andil dalam penyusunan peraturan sekolah.

Fungsi Sekolah

Dari pengertian sekolah telah disinggung fungsi dari sekolah adalah sebagai tempat terselenggaranya proses belajar mengajar antara siswa dan guru agar siswanya menjadi orang yang berguna bagi diri sendiri dan lingkungannya.

Namun, sekolah juga memiliki fungsi yang spesifik sebagai berikut :

1. Mengajarkan Keterampilan Dasar

Keterampilan dasar yang biasanya diajarkan di sekolah adalah keterampilan menulis, membaca, dan berhitung.

Ketiganya merupakan keterampilan dasar yang dibutuhkan agar bisa melangkah ke jenjang pendidikan lebih tinggi.

2. Mengajarkan Pengetahuan Umum

Selain keterampilan dasar, lembaga pendidikan seperti sekolah juga mengajarkan ilmu pengetahuan umum.

Tujuannya adalah agar siswa mampu dengan mudah beradaptasi dengan lingkungannya. Oleh karenanya, di sekolah banyak diajarkan tentang pengetahuan umum pada para siswa di sekolah.

3. Mencetak Sumber Daya Manusia

Sekolah akan memberikan berbagai ilmu pengetahuan bagi siswa di dalamnya.

Hal ini diharapkan melalui ilmu pengetahuan yang diajarkan akan mencetak sumber daya manusia yang berkualitas sehingga berguna bagi masyarakat dan dibutuhkan dalam dunia kerja.

4. Membentuk Pribadi Sosial

Manusia tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain, ini adalah sebuah kodrat bahwa manusia adalah makhluk sosial.

Melalui sekolah, para siswa juga diajarkan dan dibentuk agar dapat berinteraksi dengan manusia lainnya tanpa memandang perbedaan satu dengan lainnya.

Melalui interaksi yang dijalaninya, siswa akan memiliki sikap sosial yang tinggi terhadap orang di sekitarnya.

5. Alat Transformasi Kebudayaan

Tidak hanya mengajarkan berbagai macam ilmu pengetahuan dan keterampilan, melalui sekolah juga bisa memberikan perubahan dalam kehidupan masyarakat umum.

Pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki siswa dapat dimanfaatkan dalam melakukan inovasi maupun penemuan baru dalam perkembangan peradaban di masyarakat.

Demikian, ulasan tentang Pengertian Sekolah Adalah : Unsur dan Fungsi yang telah dipaparkan di atas. Diharapkan dari ulasan di atas, kita dapat lebih memahami fungsi dari sekolah dan bisa memanfaatkan fungsi dari sekolah tersebut dengan sebaik-baiknya.

Tinggalkan komentar