Market Share : Pengertian Tujuan, Jenis, Dan Contohnya

Tahukah Anda tentang Pengertian Tujuan, Jenis, Dan Contoh market share? Dalam hidup kita diberikan waktu selama 24 jam untuk menjalankan akitivitas kehidupan, artinya manusia sebenernya mempunyai kesempatan yang sama dalam hidupnya.

Market Share Pengertian Tujuan, Jenis, Dan Contohnya
Market Share Pengertian Tujuan, Jenis, Dan Contohnya

Tinggal masalahnya manusia itu memanfaatkan waktunya secara baik atau tidak?

Banyak dari kita yang memanfaatkan waktu untuk bersenang-senang saja dan melupakan masa depan.

Usia anda tidak menentukan sukses namun jika dari awal anda planning maka anda akan bisa meraih kesuksesan tersebut.

Satu hal yang perlu kita pahami sebagai seorang manusia adalah manusia tidak selalu berhenti dalam menentukan ide dan inovasi, banyak dari masyarakat kita yang memanfaatkan situasi genting seperti ini dengan berdagang dan berkecimpung pada dunia wirusaha atau bisnis menurut beberapa survei, bagi anda yang berani berkecimpung pada dunia bisnis, hal tersebut merupakan jembatan untuk meraih sukses.

Tak jarang dari sebagian masyarakat yang terjun pada dunia wirausaha tersebut akhirnya berhasil dalam bisnis yang ia rancang, mereka bisa mendapatkan omset besar dalam bisnis tersebut.

Ada  juga dari mereka yang memutuskan untuk resign dari pekerjaan hanya belok ke bisnis atau wirausaha.

Baca Juga : Pengertian Analisis Bisnis

Banyak dari mereka yang gagal namun tidak “Tidak Kapok” untuk membangkitkan bisnis-bisnisnya dengan berbagai cara. Begitulah manusia bangkit dari sebuah kegagalan dan menggapai tangga kesuksesan.

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Bisnis

Jika bisnis anda belum berhasil, mungkin anda harus memperhatikan beberapa faktor-faktor yang mempengaruhi sebuah bisnis.

Nah, faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi sebuah bisnis?

Mari kita pahami ulasan berikut ini!

1. Adanya Kemauan dan Tekad Kuat

Setiap perjalanan pasti ada sebuah hambatan dan halangan , sebagai wirausahawan atau pebisnis ketika ingin meraih tangga kesuksesan anda harus mempunyai 2 hal yang anda terapkan dalam bisnis anda yaitu kemauan dan tekad.

Jika anda mempunyai hal tersebut semangat serta kerja keraspun selalu mengiringi walaupun hasilnya tidak sesuai harapan tapi jika anda selalu termotivasi untuk sukses maka bisnis anda juga akan mengiringi anda.

Jika gagal anda bangkit dari kegagalan tersebut dan bertekad untuk belajar dan belajar dari kegagalan. Orang sukses tentunya mengevaluasi kegagalan yang ada.

2. Modal Yang Cukup

Setiap apa yang dirancang tentunya punya sebuah modal cukup untuk bisnis anda. Tekad dan kemauan saja tidak cukup anda harus persiapkan modal juga untuk bisnis anda.

Tanpa modal anda juga susah untuk bergerak dari satu titik ke titik lain, kita tahu bahwa modal merupakan sebuah komponen utama dalam bisnis dan hal tersebut tidak bisa diganti oleh apapun.

Sebelum masuk dalam wirausaha anda juga menyiapkan modal yang cukup agar nantinya bisnis anda berjalan dengan lancar.

3. Pelayanan Yang Baik

Poin ini menjelaskan bahwa jika anda seorang wirausaha tentunya memiliki kemampuan untuk menciptakan pelayanan yang baik kepada konsumen atau pelanggan.

Menurut Psikologi manusia cenderung melihat kejadian sesuatu dari pertama yang mereka lihat, jika anda memberikan kesan terbaik untuk para konsumen anda, hal ini bisa membuat mereka senang kepada anda. Jadi berikan kesan terbaik dalam pelayanan pada bisnis anda.

Sebagai seorang pebisnis sikap ramah dan baik pada pelanngan adalah hal yang bisa anda lakukan. Feedback dari hal ini adalah anda bisa mendapatkan konsumen yang setia pada anda.

4. Punya Networking Luas

Kemauan dan tekad serta modal dan pelayanan baik sudah anda lakukan tinggal anda memperluas jaringan bisnis anda yaitu Networking adalah satu komponen atau faktor yang bisa mempengaruhi bisnis anda tentunya.

Jika anda mempunyai networking yang luas maka usaha anda akan dikenal banyak orang mulai dari warga lokal sampai warga dunia.

Poin networking juga memudahkan anda untuk melakukan bisnis. Mulailah bisnis anda dan perluas jaringan bisnis anda untuk dapat kemudahan.

5. Inovasi dan Kreavitas Tinggi

Tentunya dalam bisnis setiap orang ingin menunjukan bisnisnya berbeda bersaing secara sehat dengan bisnis inovasi dan kreativitas tinggi.

Setiap bisnis harus mempunyai privelladge atau keistimewaan. Nah, keistimewaan ini didapatkan dari sebuah inovasi dan kreatifivas anda sebagai seorang wirausaha.

Anda harus memahami apa yang membedakan bisnis anda dengan bisnis yang lain.

Kelima faktor tadi bisa anda pahami sebagai seorang pelaku usaha. Namun anda juga harus pahami dalam melakukan bisnis ada juga hal yang penting yaitu pengetahuan anda tentang Market Share inilah yang akan dibahas secara rinci oleh artikel kali ini! Jadi anda bisa Simak artikel ini sampai habis!

Pengertian Market Share

Apakah anda asing dengan istilah Market Share?

Jika iya, artikel ini tepat untuk anda. Banyak dari kita yang kurang memahami tentang market share. Padahal ini merupakan faktor dalam keberhasilan bisnis anda.

Secara sederhana, pengertian market share adalah bagian pasar yang mampu dikuasai dalam sebuah perusahaan yang apabila anda bandingkan dengan penjualan seluruh industrinya dikenal dengan nama Market Share atau biasa disebut dengan Pangsa Pasar.

Adanya pemahaman akan pangsa pasar atau market share ini tentunya akan membantu dalam manajemen serta evaluasi pada bisnis yang anda kembangkan atau perusahaan yang sedang anda bangun.

Perlu anda pahami juga bahwa pangsa pasar dalam perusahaan atau dalam unit mungkin bisa saja naik karena perusahaan anda menurunkan harga jual pada produk yang sudah ditentukan.

Menurut sumber jurnal, berdasarkan para ahli ada beberapa pengertian tentang market share atau pangsa pasar. William J.S, 1984 mengatakan bahwa pangsa pasar merupakan bagian yang dikuasai oleh sebuah perusahaan serta presentasi penjualan sebuah perusahaan terhadap total penjualan dengan waktu dan tempat tertentu.

Kemudian Sofyan Assauri 2001 : 95  mengatakan bahwa besarnya bagian atau luasnya total pasar mampu dikuasai oleh sebuah perusahaan dan dinyatakan dalam presentasi.

Dari beberapa pendapat para ahli kita dapat menyimpulkan bahwa pengertian pangsa pasar adalah besarnya bagian pasar yang dikuasai oleh perusahaan atau bisnis anda.

Bisa dikatakan bahwa penguasaan sebuah produk terhadap pasar atau besar jumlah produk yang diminta dibandingkan dengan jumlah permintaan di pasar.

Perlu anda pahami juga market share ini  mampu dipecah melalui wilayah politis, kawasan geografis serta pemecahan dengan skala besar bisa melalui sebuah ukuran.,  pelanggan, tipe dari pelanngan serta teknologinya. Sebagai seorang marketer anda juga harus paham dan mampu menerjemahkan target dari penjualan tersebut. Meningkatkan market share adalah salah satu tujuan penting dari bisnis.

Tujuan Market Share

Ketika anda sudah cupuk memahami apa itu pangsa pasar atau market share, pada poin kedua ini akan dijelaskan tujuan dari pangsa pasar itu sendiri. Pangsa pasar atau yang biasa dikenal dengan market share.

Berdasarkan sumber yang ada pangsa pasar ini sering sekali dikaitkan serta dijadikan sebagai sebuah indikator dalam daya saing pasar.

Tujuannya untuk mencatat seberapa baik sih sebuah perusahaan itu berkembang atas performa pada kompetitornya.

Hal ini juga berguna sekali dalam melengkapi pengukuran pada perubahan dalam pendapatan yang anda jual serta berguna untuk manajer dalam membantu serta mengevaluasi permintaan utama. Cara ini memungkinkan anda dalam melihat banyak hal. Seperti perkembangan pasar, tren pasar, pelanngan hingga kompetitior dalam bidang bisnis yang anda jalankan.

Secara umum perkembangan sebuah penjualan berasal dari permintaan utama. Jika anda salah menerapkan strategi dalam pangsa pasar atau market share ini tentunya anda mengalami kerugian. Indikasi masalah serius berjangka panjang sehingga anda harus merubah kembali strategi yang bisa anda gunakan sebelumnya.

Jadi lebih baik berhati-hati ya dalam mengkaji pangsa pasar. Menurut penelitan yang ada, bahwa market share merupakan sebuah alat yang kita butuhkan dan inginkan untuk perusahaan dalam menghadapi persaingan.

Pengukuran Dalam Pangsa Pasar

Berdasarkan sebuah jurnal yang ada, ada 4 ukuran yang mendefinisikan serta mengukur pangsa pasar. Mari simak ulasan berikut!

1. Pangsa Pasar Secara Keseluruhan

Maksudnya adalah sebuah penjualan yang ada dalam perusahaan yang penjualnya dinyatakan sebagai presentasi.

Sebuah penjualan pasar secara total atau menyeluruh pada suatu industri jadi ada 2 hal yang perlu anda putuskan jika menggunakan ukuran atau jenis ini.

Hal pertama apakah proses perhitungan pasar akan menghitung dalam sebuah unit?

Atau hal kedua tentang pendapatan penjualan dalam sebuah Rupiah untuk menyatakan pangsa pasar anda.

2. Pangsa Pasar Yang Dilayani

Ukuran berikut ini merupakan pangsa pasar yang presentase dari penjualan terhadap pasar telah dilayani pada suatu perusahaan. Jadi pasar ini merupakan pembeli yang bisa membeli produk anda.

3. Pangsa Pasar Yang Relatif Untuk 3 Pesaing Besar

Ukuran ini hanya bisa anda nyatakan dengan presentasi penjualan dari gabungan 3 perusahaan pesaing terbesar dalam bidang yang sama.

4. Pangsa Pasar Yang Relatif Untuk Pemimpin

Pada ukuran pangsa pasar kali ini maksudnya adalah dari beberapa perusahaan yang ada di muka bumi ini melihat market share dari mereka sebagai sebuah presentasi dari penjualan pesaing pemimpin.

Jenis Pangsa Pasar

Ketika anda sudah mengetahui tentang ukuran apa saja dalam pangsa pasar pada pembahasan berikutnya anda juga harus mengetahui jenis-jenis pangsa pasar beserta contohnya.

Maka dari itu anda harus simak dari penjelasan berikut ini :

1. Pasar Utama atau Primary Market

Hal ini merupakan pasar dimana tempat sekuritasnya bisa anda buat. Jadi pada pasar utama perusahaan anda menjual sebuah saham serta kebijakan baru kepada publik yang ada.

Contohnya seperti IPO atau Initial Public Offering sebuah penawaran umum pada perusahaan.

Jadi bisnis pada pasar utama ini, sebuah investor memiliki kesempatan untuk bisa membeli sekuritas dari sebuah bank dengan tujuan menjamin saham yang sudah ditentukan.

2. Pangsa Pasar Sekunder atau Secondary Market

Jadi jenis pasar ini merupakan pasar yang investornya membeli serta menjual sekuritas yang sudah perusahaan miliki.

Biasanya pasar saham contohnya seperti Bursa Nasional, Bursa Efek Indonesia dan hal lainya.

Contoh Market Share

Kita rasa bahwa sebuah perusahaan yang bergerak secara multinasional mengukur keberhasilannya dengan market share atau pangsa pasar. Negara Cina menjadi pasar yang penting bagi setiap perusahaan, mengapa? Karena pada negara Cina perkembangan produk masih meningkat pesat.

Contohnya adalah seperti Apple Inc, kasusnya seperti ini misalnya anda menggunakan nomor pangsa pasarnya pada Cina sebagai sebuah indikator kinerja utama untuk menumbuhkan bisnis. Berdasarkan data yang ada Pangsa merk Apple pada China dari 13,6% menjadi 9,6% tahun 2016.

Mengapa hal ini bisa terjadi tentunya adanya kegagalan dalam meluncurkan produk Iphone yang baru akhirnya mengalami penurunan pada pangsa pasarnya. Ditambah sejumlah pasar yang berada pada level mid-range meluncurkan pesaing Oppo dan Vivo.

Kasus teknologi pada pangsa pasar ini bisa dikaji dan dan dievalusi oleh kita sebagai perusahaan. Bagaimana mengetahui faktor dan lainya.

Kesimpulan

Jadi pangsa pasar ini tidak selamanya memiliki kelebihan untuk anda jadikan sebagai indikator dalam performa perusahaan karena mampu mendapat kekurangan lain yang nantinya tidak bisa ditutupi oleh indikator lainya.

Jadi meskipun ada kekurangan anda bisa melihat beberapa ukuran untuk meningkatkan pangsa pasar yang sudah artikel ini jelaskan.

Terimakasih untuk anda yang sudah membaca artikel kali ini sampai habis semoga ilmu tentang market share ini bisa bermanfaat untuk anda. Selamat sukses dalam menjalankan bisnis anda!

Tinggalkan komentar