Penyebab dan Cara Mengobati Bengkak Pada Puting Kucing

Diposting pada

Tahukah Anda tentang Penyebab dan Cara Mengobati Bengkak Pada Puting Kucing? Kucing menjadi salah satu hewan yang banyak dipelihara khususnya dinegara kita ini.

Penyebab dan Cara Mengobati Bengkak Pada Puting Kucing
Penyebab dan Cara Mengobati Bengkak Pada Puting Kucing

Tingkahnya yang menggemaskan dan memiliki berbagai macam warna serta jenis menjadi salah satu alasan kenapa banyak orang ingin memelihara hewan ini, tingkahnya yang bisa dibilang pemalas dan sering tidur terkadang bmalah membuat banyak orang menjadi gemas.

Saat anda memelihara hewan dirumah tentu anda harus merawatnya dengan baik dan benar, termasuk kucing.

Layaknya manusia, kucing juga bisa terkena penyakit yang tentunya bila terus dibiarkan akan membuat si kucing menjadi kesakitan, dan sakah satu penyakit yang terkadang menimpa kucing adalah bengkak nya puting susu.

Hal tersebut biasanya terjadi karena terdapat infeksi pada kelenjar susu, masalah tersebut juga dapat terjadi kepada hewan apa saja yang memiliki payudara termasuk kucing.

Biasanya saat kucing mengalami ini akan mulai ditandai dengan peningkatan jumlah sel dalam susu.

Saat kucing mengalami hal tersebut tentu akan lebih bagus kita bisa dengan sigap mengetahui penyebab dari bengkaknya puting tersebut, salah satu penyebab dari bengkaknya puting tersebut bisa jadi dikarenakan tumbuhnya kanker atau tumor, cara untuk memastikannya kamu bisa meraba dan menegang dengan pelan bagian susu kucing apakah lunak atau terasa keras, hak tersebut sangat penting dilakukan untuk melakukan step berikutnya.

Baca Juga : Ciri Kucing Sedang Hamil

Penyebab Bengkak pada Puting Kucing

  • Umumnya yang sering membuat bengkak boada puting kucing adalah bakteri, dimana bakteri tersebut dapat menembus melalui jaringan dan kemudian mengakibatkan peradangan hingga pembengkakan.
  • Hal lainnya yang dapat membuat puting kucing membengkak adalah, saat dimana induk kucing merawat anak yang tidak murni, masalah tersebut dapat terjadi tentunya karena bisa menimbulkan Infeksi.
  • Selain dua alasan di atas, susu yang tersumbat juga menjadi faktor kenapa puting kucing dapat membengkak, saat hal tersebut sudah terjadi tentu kamu harus segera membawa kucing menuju dokter hewan untuk segera di obati karena jika tidak bisa mengakibatkan kematian septik.
  • Selalu menjaga kebersihan dari kucing, dan tentunya menjaga kebersihan tempat tidur dari kucing. Hal tersebut sangat berguna agar kucing bisa terhindar dari bakteri dan infeksi penyebab bengkaknya puting kucing.
  • Terkadang kita selalu ingin tahu apakah kucing kita hamil atau tidak, melalui penasaran tersebut membuat kita menekan secara terus-menerus bagian susu kucing, hak tersebut juga dapat mengakibatkan puting kucing membengkak

Cara Mengobati Bengkak Pada Puting Kucing

Ada beberapa Cara Mengobati Bengkak Pada Puting Kucing yang harus dilakukan, diantaranya :

  • Ketika anda sudah menekan dan meraba bagian yang bengkak, jika terasa keras alangkah bagusnya kalian segera membawa kucing kesayangan kalian ke dokter hewan terdekat guna pengobatan lebih lanjut. Karena pada dasarnya tekstur yang keras tersebut mengindikasikan terjadinya tumor atau kanker pada kucing, namun tetap pemeriksaan lebih lanjut akan tetap dilakukan guna memastikan masalah tersebut.
  • Namun jika puting susu tersebut terasa lembek atau lunak, mungkin hal tersebut dikarenakan oleh menumpuknya cairan susu pada kucing, biarkan ibu kucing menyusui anaknya agar susu dapat keluar. Namun jika air susu tersebut tidak keluar alangkah bagusnya bila anda memerah air susu tersebut hingga keluar dan tidak mengendap kembali, perlu diketahui bahwa susu yang mengendap terlalu lama dapat mengakibatkan infeksi pada kucing. Jika kalian tidak yakin untuk memerah susu secara mandiri, maka kalian bisa membawa kucing ke klinik hewan guna dilakukan pemeriksaan dan perah susu kucing.
  • Jika pembengkakan diakibatkan oleh infeksi bakteri maka harus segera dilakukan perawatan dengan antibiotik sistemik, hak tersebut akan sangat berguna bagi kucing karena dapat mengurangi rasa sakit akibat peradangan, sebelum kamu membawa kucing menuju dokter hewan.
  • Hal lainnya yang dapat dilakukan adalah dengan mengompres bagian puting yang bengkak dengan air hangat, itu akan memberikan rasa nyaman bagi kucing.
  • Untuk kondisi tertentu, terkadang kelenjar susu pada kucing harus diangkat karena mengalami kerusakan yang cukup parah, karena memang bila dibiarkan hanya malah memberikan rasa sakit bagi kucing.
  • Masalah pembengkakan pada puting kucing sebenernya dapat dicegah sedini mungkin oleh anda, caranya sendiri cukup mudah, anda hanya harus memastikan tempat tidur dari kucing selalu bersih, dengan begitu kucing dapat terhindar dari masalah tersebut.

Dan itulah ulasan mengenai Cara Mengobati Bengkak Pada Puting Kucing, tentu saat kita memelihara hewan apapun akan sangat bagus bagi kita bila terus merawat hewan kita, pada dasarnya hewan yang kita rawat dengan baik akan memberikan dampak positif juga bagi kita, karena mereka bisa menjadi teman bermain kita.

Tidak ada salahnya bila kita selalu rutin melakukan pengecekan kesehatan pada hewan peliharaan kita, dengan cara tersebut dapat membuat hewan kesayangan kita terhindar dari berbagai macam masalah, karena kita sudah mengantisipasi sedari awal.

Baca Juga : Cara Mengobati Penyakit Kucing Karena Menelan Rambut

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.