Cara Merawat Burung Parkit Agar Tumbuh Baik

Diposting pada

Tahukah Anda mengenai Cara Merawat Burung Parkit? Keberadaan burung parkit di Indonesia bukan sesuatu yang baru atau asing.

Cara Merawat Burung Parkit Agar Tumbuh Baik
Cara Merawat Burung Parkit Agar Tumbuh Baik

Burung parkit dengan mudah ditemukan di pasar khusus menjual burung, banyak sekali pedagang yang menjual burung jenis ini.

Burung parkit merupakan salah satu jenis burung yang berasal dari family Psittacidae atau burung nuri yang dikenal sebagai burung peliharaan.

Tidak sedikit orang yang berminat untuk memelihara burung parkit karena selain corak warna bulunya yang unik dan indah, kicauan burung parkit juga sangat merdu. Di negara lain burung parkit dikenal dengan nama budgerigar atau parakeet.

Habitat Burung Parkit

Burung parkit merupakan burung yang berasal dari Australia yang hidup di alam liar dalam kelompok besar bahkan bisa mencapai ribuan ekor dalam satu kelompoknya.

Parkit hidup di hutan belukar terbuka maupun gurun. Burung parkit merupakan hewan yang hidupnya gemar berpindah-pindah tempat atau disebut dengan nomaden, sehingga pergerakan hidup burung parkit sangat bergantung pada pasokan makanan dan air di alam liar. Burung parkit biasanya membangun sarang di lubang pada pohon.

Ketahuilah Burung parkit merupakan hewan yang setia pada pasangannya bahkan burung parkit jantan akan menunggu burung parkit betina pada saat bertelur.

Burung Parkit Memiliki Temperamen Liar

Burung parkit bisa dijinakkan namun burung parkit sifatnya tidak jauh beda dengan burung lainnya yaitu cenderung memiliki temperamen liar.

Oleh karena itu, jika anda memelihara burung parkit maka anda harus memberikan kasih sayang yang terus menerus yang sudah dapat dijinakkan serta memberikan makanan burung parkit secara langsung dari tangan kepada burung parkit. Jika tidak dilakukan demikian maka dikhawatirkan sifat liar burung parkit akan kembali.

Cara Merawat Burung Parkit

Bagi anda orang awam yang belum pernah memelihara burung atau belum pernah memelihara burung parkit sebelumnya, pasti anda akan kesulitan dalam merawat burung parkit.

Sebenarnya merawat burung parkit tidak terlalu susah namun anda harus memberikan perhatian khusud kepada burung parkit agar burung parkit tidak stres hingga mati.

Lalu, bagaimana cara merawat burung parkit? Berikut adalah ulasannya.

1. Memilih Sangkar yang Tepat untuk Burung Parkit

Sebelum membeli burung parkit maka anda harus memilih sangkar yang tepat untuk burung parkit.

Burung parkit akan menghabiskan seluruh waktunya di dalam sangkar maka anda harus memilih sangkar yang bisa membuat burung parkit nyaman sehingga burung parkit tidak stres.

Burung parkit tidak membutuhkan kandang yang besar. Sebaiknya anda menggunakan sangkar yang berukuran 60 x 40 x 40 cm untuk burung parkit anda.

Sebaiknya pilih sangkar yang terbuat dari kayu atau besi. Anda tidak perlu khawatir apabila menggunakan sangkar dari kayu karena parkit bukan golongan burung yang suka menggigiti sangkar hingga rusak/jebol.

Selain itu, perhatikan juga kapasitas sangkar. Jangan menempatkan burung parkit terlalu banyak dalam satu sangkar karena akan membuat parkit tidak bebas bergerak. Jangan menempatkan sangkar di bawah sinar matahari langsung.

2. Menjaga Kebersihan Sangkar dan Tempat Makanan/Minuman Burung Parkit

Kebersihan kandang sangat penting untuk menunjang kesehatan burung parkit. Kandang yang jarang dibersihkan dapat mengakibatkan burung parkit terserang penyakit.

Bersihkan sangkar, tempat minum dan makan burung parkit minimal 3 kali dalam seminggu hingga bersih, tidak terdapat kotoran lagi dalam sangkarnya tersebut.

Cara membersihkan bisa hanya dengan menggunakan air mengalir atau menggunakan detergen dan dibilas hingga bersih.

3. Memilih Pakan Burung Parkit yang Tepat

Pemberian pakan burung parkkt harus disesuaikan atau tidak boleh asal-asalan. Pakan yang bagus untuk burung parkit adalah jewawut, milet, pelet, buah-buahan seperti melon, pir, apel, pisang, sayur-sayuran seperti bayam, brokoli, toge dan kacang-kacangan.

Jika akan memberikan sayur-sayuran atau buah-buahan sebaiknya pilih yang masih fresh. Anda juga harus rutin mengganti minuman burung parkit apabila sudah kotor atau sudah habis.

3. Rutin Memandikan Burung Parkit

Memandikan burung parkit secara rutin bertujuan agar burung parkit terbebas dari bakteri dan parasit yang dapat membawa penyakit bagi burung parkit.

Selain itu, rutin memandikan burung parkit juga dapat membuat mood burung parkit menjadi bagus sehingga burung parkit akan lebih sering berkicau dan kesehatan burung parkit juga terjaga.

Cara memandikan burung parkit sangat mudah. Anda hanya perlu menyediakan semprotan seperti semprotan tanaman yang telah diisi air lalu semprotkan secara perlahan ke arah badan burung parkit.

Sebaiknya, memandikan burung parkit setiap pagi sebelum matahari terbit. Setelah selesai dimandikan, jemur burung parkit di bawah sinar matahari kurang lebih 30 menit hingga 1 jam.

Jangan dibiarkan di bawah matahari lebih dari 1 jam karena burung parkit akan dehidrasi dan berbahaya untuk kesehatan burung parkit.

Demikianlah informasi terkait burung parkit dan bagaimana cara merawat burung parkit agar burung parkit terjaga kesehatannya. Semoga dapat bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *