Sistem Klasifikasi 5 Kingdom Whittaker

Diposting pada

Tahukah Anda mengenai Sistem Klasifikasi 5 Kingdom Whittaker? Pasti kamu tahu bahwa bebek dan ayam itu berbeda. Namun mengapa mereka dimasukkan ke dalam kategori unggas?

Sistem Klasifikasi 5 Kingdom Whittaker
Sistem Klasifikasi 5 Kingdom Whittaker

Hal ini karena keduanya memiliki beberapa persamaan. Pengelompokan ayam, bebek, serta itik ke dalam kategori unggas di dalam ilmu Biologi dinamakan sebagai klasifikasi makhluk hidup.

Salah satu dari bentuk klasifikasi tersebut ada yang menerapkan 5 klasifikasi seperti yang dikemukakan oleh Whittaker.

Sebagai informasi bahwa dengan adanya klasifikasi ini membuat semua makhluk hidup yang memiliki jenis beragam dapat disederhanakan. Caranya adalah dengan menemukan persamaan.

Persamaan yang diterapkan yaitu persamaan struktur tubuh atau anatomi dan ada juga persamaan bentuk luar tubuh atau morfologi.

Selain itu, ada juga yang mencari persamaan dengan berdasarkan fungsi alat tubuh atau fisiologi, hubungan kekerabatan, dan juga perilaku.

Sebenarnya ada beberapa ilmuan yang sudah membuat klasifikasi makhluk hidup seperti Carolus Linnaeus.

Namun sistem pengelompokan atau klasifikasi yang sampai sekarang banyak disukai dan digunakan adalah Robert Whitter. Informasi tentang klasifikasi tersebut akan kami jelaskan di bawah ini.

Sistem Klasifikasi 5 Kingdom Whittaker

Sekarang beberapa ahli biologi cenderung lebih suka terhadap klasifikasi 5 kingdomg yang dikemukakan oleh Robert Whittaker di tahun 1969.

Kelima sistem kingdom tersebut antara lain Monera, Protista, Plantae, Fungi, dan juga Animalia.

1. Kingdom Monera

Robert Whittaker sudah mengelompokkan makhluk hidup yang memiliki ukuran mikroskopis berkisar 1 sampai 10 mikrometer ke dalam klasifikasi kingdom Monera.

Tentunya makhluk tersebut memiliki ukuran yang sangat kecil. Bagaimana cara melihatnya? Kamu memerlukan mikroskop yang memiliki perbesaran hingga lebih dari 1000 kali.

Beberapa ciri makhluk hidup yang tergolong ke dalam kingdom Monera adalah bersel satu, selnya tidak memiliki prokariotik atau membran inti, dan berkembang biak dengan cara membelah diri.

Contoh makhluk hidup tersebut adalah alga biru dan bakteri.

2. Kingdom Protista

Kingdom Protista adalah kelompok makhluk hidup yang sebenarnya hampir sama dengan Monera.

Namun yang menjadi pembeda adalah makhluk hidup dari kingdom Protista memiliki membran inti. Untuk ukurannya sendiri sebenarnya beragam.

Ada yang berukuran mikroskopis dan ada juga yang makroskopis atau bisa dilihat tanpa menggunakan mikroskop.

Lalu bagaimana dengan ciri-cirinya? Untuk ciri-cirinya pun juga beragam. Ada berapa yang memiliki sel satu dan ada juga yang memiliki sel banyak.

Selain itu, ada juga makhluk hidup yang sifatnya hampir sama dengan hewan (tidak bisa membuat makanannya sendiri), ada juga yang sifatnya mirip dengan tumbuhan (bisa membuat makanannya sendiri).

Untuk makhluk hidup yang memiliki sifat seperti hewan yaitu protozoa dan yang menyerupai tumbuhan disebut alga.

3. Kingdom Fungi

Pernah makan jamur? Di dalam Biologi, jamur dinamakan Fungi. Seperti yang kita tahu bahwa jamur memiliki ukuran yang beragam.

Salah satu ciri utama fungi yaitu tidak bisa berfotosintesis. Namun kamu juga harus tahu bahwa jamur memiliki cara yang unik untuk mendapatkan makanan.

Jika kita menelan makanan tersebut, jamur akan mengeluarkan zat yang dapat membuat sisa makhluk hidup menjadi terurai.

Setelah makanannya terurai, maka jamur mulai menyerap sari-sari makanannya. Fungi juga ada yang bersel satu dan juga ada yang bersel banyak.

Sementara untuk perkembangbiakannya secara generatif atau kawin maupun vegetatif atau tidak kawin. Selain itu, selnya tergolong multiseluler atau banyak sel.

Ciri lainnya adalah tubuh Fungi terdiri dari hifa atau benang-benang halus yang selanjutnya akan membentuk seperti anyaman yang dinamakan sebagai miselium.

4. Kingdom Animalia

Ciri utama dari kingdom animalia atau hewan adalah tidak bisa membuat makanannya sendiri. Mereka hidup dengan cara memakan makhluk hidup yang lainnya.

Sementara itu, berdasarkan tulang belakangnya, kingdom Animalia dibagi menjadi dua yaitu vertebrata atau hewan bertulang belakang dan avertebrata atau hewan yang tidak memiliki tulang belakang.

5. Kingdom Plantae

Sementara itu, untuk ciri utama dari kingdom Plantae atau tumbuhan adalah bisa berfotosintesis. Namun apakah kamu tahu kenapa tumbuhan bisa berfotosintesis?

Jawabannya adalah karena di dalam tubuhnya terdapat klorofil. Inilah yang kemudian akan memproses karbon dioksida dan juga air hingga menjadi oksigen dan gula.

Perlu kamu perhatikan bahwa ada beberapa perbedaan antara kingdom Plantae dan Animalia. Salah satunya yaitu berkaitan dengan dinding selnya.

Seluruh makhluk hidup yang termasuk kingdom Plantae mempunyai dinding sel. Sementara makhluk hidup dari Animalia tidak.

Itulah yang menjadi alasan kenapa batang pohon cenderung keras dan jika kaki dibandingkan dengan kulit manusia maupun hewan. Sementara itu, berdasarkan ada atau tidaknya pembuluh, kingdom Plantae dibagi menjadi dua, yaitu:

  • Tumbuhan yang memiliki pembuluh seperti golongan lumut
  • Tumbuhan yang tidak memiliki pembuluh seperti golongan tumbuhan berbiji dan paku

Demikian informasi mengenai klasifikasi dari kelima kingdom yang dikemukakan oleh Robert Whitter. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *