Mitos, Jenis dan Harga Burung Perkutut Update 2021

Diposting pada

Tahukah Anda tentang Mitos, Jenis dan Harga Burung Perkutut Update 2021? Burung Perkutut atau dalam bahas latin dikenal dengan istilah Geopelia Striata merupakan spesies burung pemakan biji-bijian yang tersebar di berbagai wilayah di nusantara.

Mitos, Jenis dan Harga Burung Perkutut Update 2021
Mitos, Jenis dan Harga Burung Perkutut Update 2021

Bercirikan warna coklat dengan bagian kepalanya yang abu-abu, perkutut juga sering dipelihara oleh masyarakat di Indonesia.

Selain dipelihara untuk menambah nuansa di rumah menjadi lebih baik karena kicaunya, burung perkutut juga banyak dipelhara untuk dijadikan untuk alat lomba.

Sebab di berbagai wilayah di Indonesia, lomba burung Geopelia Strata ini sudah banyak di gelar dan merupakan salah satu event besar yang selalu diminati oleh masyarakat.

Burung Perkutut adalah tipe hewan sosial karena kebiasaannya yang sering berkumpul dalam kelompok kecil dan terbang kesana-kemari untuk mencari makan.

Sebagai burung pemakan jenis perbijian, perkutut memakan bermacam-macam bahan makanan seperti gabah, milet dan biji-biji kecil lainnya.

Namun ketika dipelihara, burung Perkutut juga diberi makanan tambahan misalnya canary seed, biji sawi dan berbagai makanan bergizi lainnya untuk menambah nutrisi bagi si burung perkutut.

Apalagi jika burung perkutut disiapkan untuk kebutuhan lomba, pola makanananya pun akan semakin terjaga dan selalu diberi makanan kualitas terbaik.

Mitos Burung Perkutut

Di daerah Jawa burung perkutut memiliki berbagai cerita unik dan mitos yang dibawa oleh keyakinan masyarakat terdahulu.

Hal ini berkaitan dengan cerita sejarah yang mengatakan bahwa fauna ini merupakan burung yang “mewah” dan hanya bisa dimiliki oleh para raja dan ningrat.

Bahkan ada cerita yang mengatakan bahwa Raja Majapahit yaitu Prabu Brawijaya memiliki hewan perkutut yang dimana burung tersebut dipercaya merupakan jelmaan seorang satria bernama Prabu Mangu.

Cerita inilah yang dibawa oleh para kawula jawa kuno dan membuat Geopelia Striata dianggap sebagai hewan yang prestisius.

Bahkan hingga kini di beberapa daerah di jawa masih ada keyakinan bahwa burung perkutut adalah hewan yang prestisius. Hewan ini disimbolkan sebagai pembawa keberuntungan ataupun bisa juga pembawa malapetaka.

Konon jika ada burung perkutut yang hanya berkicau di malam hari dan kicauannya tak karuan maka hal itu dipercayai sebagai pembawa sial dan harus segera dibuang jauh-jauh dari rumah.

Selain itu ada anggapan pula bahwa burung perkutut adalah burung yang bisa digunakan sebagai media pesugihan yang dalam istilah perdukunan disebut sebagai Kutut Manggung

Jenis Burung Perkutut

Burung perkutut memiliki banyak jenis, bahkan dalam kepercayaan sejarah jawa kuno jenis-jenis ini dikelompokkan kembali antara yang membawa keberuntungan dan membawa kesialan.

Dari banyaknya jenis yang ada, diantaranya sangat populer dan sering digunakan sebagai andalan dalam lomba maupun kontes. Berikut beberapa jenis burung perkutut yang namanya cukup populer :

1. Perkutut Songgo Ratu

Jenis pertama diberi nama demikian karena memiliki ciri yang mencolok berupa jambul di kepalanya yang sekilas seperti sebuah mahkota.

Maka dari cirinya itulah burung perkutut jenis ini diberi nama Songgo Ratu, karena seperti memakai mahkota layaknya seorang ratu.

Ciri lain dari perkutut ini adalah warna pada paruh dan kakinya yang berwarna hitam. Dalam mitologi jawakuno Perkutut Songgo Ratu adalah jenis yang membawa keberkahan.

2. Perkutut Bangkok

Jenis perkutut yang kedua ini diyakini asal muasalnya adalah dari Thailand sehingga diberi nama Bangkok. Jenis ini merupakan salah satu yang sangat populer di kalangan para pecinta perkutut

Karena kepopulerannya ini banyak sekali yang membudidayakan burung perkutut jenis bangkok ini. harganya di pasaran pun cukup mahal karena suaranya yang bagus.

Selain itu kualitas perkutut bangkok juga bisa ditentukan dari beberapa faktor, mulai dari bagian dadanya yang harus bidang, kakinya yang tegap, bulu bagian sayap yang panjang dan berkilau hingga ekornya yang berbentuk mengerucut.

3. Perkutut Putih

Jenis ini Merupakan burung perkutut yang langka dan merupakam jenis katuranggan atau mempunyai kekuatan untuk membuat pemiliknya senantiasa beruntunh. Diyakini perkutut ini bisa mendatangkan rejekimelimpah dan kekayaan bagi pemiliknya.

Ciri dari burung perkutut putih adalah bulunya yang berwarna putih bersih, namun beberapa pula ditemukan ada sedikit corak lurik di tubuhnya.

Ciri ini membuat dia berbeda dari spesiesjenis lain yang mayoritas berwarna coklat. Selain itu perkutut putih memiliki warna mata dan paruhnya yang merah.

Jenis ini banyak dipelihara sebagai pusaka dan tidak digunakan sebagai perkutut lomba karena suara kicaunya yang kurang bagus dan cempreng.

4. Burung Perkutut Majapahit

Burung perkutut jenis ini juga adalah salah satu yang banyak diminati oleh para penggemar burung perkutu di Indonesia.

Memiliki ciri khas dari bulunya yang bercorak lereng, Perkutut Majapahit memiliki kicauan yang merdu sehingga banyak orang memburu perkutu jenis ini.

Selain itu Perkutut satu ini diyakini juga mempunyai kekuatan untuk mendatangkan jodoh, rejeki hingga pangkat.

Karena keistimewaannya ini Perkutut Majapahit dihargai dengan banderol yang sangat mahal. Harga dari perkutut ini berkisar antara 500.000-15.000.000 rupiah.

5. Perkutut Lurah

Perkutut Lurah merupakan perkutut yang diyakini dapat memberikan hal-hal positif bagi  pemiliknya.

Pada jaman dahulu perkutut ini dianggap cocok dipelihara bagi para pemimpin/pejabat karena bisa memberi aura kewibawaan

Perkutut lurah memiliki ciri dari corak bulunya yang seperti ular dan dibagian dadanya memiliki warna bulu berwarna putih dan agak lebih terang.

Di alam liar burung ini dipercaya tidak mencari makanannya sendiri, dan biasa diberi atau disuapi oleh perkutut bawahannya.

6. Perkutut Eropa

Perkutut jenis adalah spesies hasil dari migrasi perkutut dari daerah Asia Utara ke dataran Eropa. Memiliki istilah  European Turtle Dove, burung ini juga banyak ditemuka di wilayah Turki ataupun juga daerah Afrika Utara.

Perkutut Eropa memiliki ciri yang mencolok sehinga mudah dikenali dan bisa dibedakan dengan jenis lainnya. Perkutut Eropa memiliki warna bulu kecoklatan dengan garis hitam putih melingkar pada bagian leher.

Jenis ini mempunyai habitat asli di daerah hutan terbuka dan jarang ditemukan di wilayah hutan yang lebat dan tertutup. Selain itu biasa mencari makannanya di tanah.

8. Perkutut Brahma Labuh Geni

Jika tadi sudah dibahas mengenai beberapa macam perkutut yang diyakini mampu mendatangakn keberkahan, kali ini ada pula jenis yang diyakini membawa hal-hal negatif.

Memiliki ciri bulu yang berwarna kemerah-merahan tidak merata, perkutut brahma labuh geni diyakini dapat mendatangkan halangan dan membuat jauh dari rejeki.

8. Perkutut Buntel Mayit

Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, Buntel Mayit dapat diartikan sebagai pembungkus mayat.

Memiliki nama yang mengerikan, perkutut jenis ini ternyata juga memiliki mitos yang mengerikan sesuai julukannya.

Perkutut Buntel Mayit diyakini bisa mendatangkan malapetaka dan bahaya. Maka ada kepercayaan dimana jika melihat burung perkutut jenis ini harus segera membuangnya sejauh mungkin.

9. Perkutut Belah Dada

Jenis ini merupakan jenis yang unik dan sudah sangat langka. Memiliki ciri khas dimana pada bagian dadanya seperti terbelah dan tidak ditumbuhi bulu.

Perkutut jenis ini populasinya sangat sedikit di Indonesia, sehingga hanya orang-orang tertentu saja yang bisa memeliharanya.

10. Perkutut Udan Mas

Jenis ini termasuk juga yang memiliki tingkat kelangkaan yang tinggi. karena langka banyak orang ingin sekali memiliki jenis perkutut udan mas.

Perkutut udan mas menjadi buruan para penghobi karena warnya yang begitu cantik. Berwarna kuning keemasan membuatnya terlihat bersih dan sangat cantik dipandang.

Harga Burung Perkutut

Karena memilik jenis yang bermacam-macam, burung perkutut pun memiliki harga yang bervariasi. Harga dari burung perkutut ini pun ditentukan dari keindahan, kicau dan kelangkaannya.

Faktor lain yang menentukan mahal tidaknya burung perkutut juga bisa ditentukan dari khasiat yang dibawanya.

Jenis-jenis yang diyakini dapat memberikan keberuntungan seperti yang sudah dijelaskan diatas memiliki harga yang tinggi. meski begitu tetap banyak yang rela membeli karena percaya akan membawa keberkahan.

Misalnya saja perkutut Majapahit atau Perkutut Putih yang dipercaya dapat mendatangkan rejeki, dibanderol dengan harga sekitar 500.000 rupiah untuk anakan. Sedangkan untuk yang dewasa bisa dihargai sekitar 2 juta rupiah hingga belasan juta.

Sementara jenis-jenis yang populer sebagai peliharaan seperti Perkutut Bangkok dihargai dengan harga yang bervariasi.

Yang paling murah perkutut bangkok anakan bisa dijual dengan harga 200 ribuan, sementara untuk yang dewasa dihargai mulai 500 hingga 1 jutaan.

Harga Perkutut Bangkok bisa semakin naik apabila sering menang lomba dan memiliki kicauan yang merdu. Biasanya perkutut pemenang lomba akan dibanderol dengan harga 5 juta keatas.

Ada pula jenis burung perkutut yang dihargai hingga puluhan juta. Seperti perkutut belah dada yang mempunyai benderol yang mahal. Karena kelangkaan dan keunikannya, burung perkutut belah dada bisa diharga hingga 25 juta rupiah.

Bagi orang awam mungkin mengeluarkan uang jutaan untuk seekor burung perkutut adalah hal yang tidak penting.

Tapi bagi orang yang sudah hobi pada burung ini akan rela untuk mengeluarkan uan berapapu demi mendapatkan burung incaran.

Namun bagi yang ingin mencoba memelihara burung satu ini, ada baiknya untuk memulai dengan harga-harga yang murah terlebih dahulu sambil belajar melakukan perawatan burung perkutut yang baik dan benar.

Demikianlah yang bisa saya sampaikan mengenai Mitos, Jenis dan Harga Burung Perkutut Update 2021. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Cara Membedakan Burung Perkutut Jantan dan Betina

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *