Jenis, Ciri, Klasifikasi dan Fakta Hewan Unta

Diposting pada

Tahukah Anda tentang Jenis, Ciri, Klasifikasi dan Fakta Hewan Unta? Jenis unta terbagi menjadi beberapa spesifik dan memiliki karakteristik atau cirinya tersendiri.

Jenis, Ciri, Klasifikasi dan Fakta Hewan Unta
Jenis, Ciri, Klasifikasi dan Fakta Hewan Unta

Hewan unta biasanya mudah ditemukan daerah kering, terutama gurun Sahara di Afrika. Di habitat asalnya unta mampu bertahan hidup di kawasan dengan suhu lebih dari 34 hingga 41 derajat celcius.

Unta juga terkenal dengan berbagai keunikan yang mungkin spesies binatang lain belum tentu mampu. Meskipun jenis unta tergolong menjadi beberapa, sebenarnya habitat alami termasuk ekstrem, kalau dihuni oleh hewan lainnya.

Kawasan tempat tinggal unta memiliki cuaca, suhu yang panas dan gersang sedikit tanaman bahkan cenderung tidak ada pohon disekitarnya. Yuk kenal lebih jauh lagi mengenai hewan unta ini sebagai berikut.

Jenis Unta

Ciri umum unta yakni memilik ukuran tubuh yang cukup besar dengan bagian leher lebih panjang ketimbang hewan berkaki empat lainnya. Adapun ciri khas lainnya hewan unta punya benjolan punuk dan kaki unta juga termasuk panjang.

Namun, kedua jenis unta berikut ini ternyata memiliki ciri yang berbeda. Berikut ini ciri tubuh dari unta arab dan unta baktrian antara lain.

1. Unta Arab (Camelus Dromedarius)

Jenis unta arab ini, memiliki ciri khasnya lebih kecil ketimbang dengan unta baktrian dan warna kulit unta arab cenderung lebih cerah yakni warna coklat muda. Ukuran tubuh unta arab terdapat bulu halus pada area sekitar punuknya.

Kalau dilihat, bagian punuk unta arab hanya terdapat satu saja, namun sebenarnya ada dua punuk. Untuk satu punuk pada bagian depan yang terlihat lebih kecil.

2. Unta Baktrian (Camelus Bactrianus)

Jenis unta baktrian memang jumlahnya lebih sedikit ketimbang unta arab. Ciri unta baktrian memiliki tubuh yang lebih besar dari unta arab. Tubuhnya lebih berotot dan lebih kuat dari unta sebelumnya.

Tidak jarang banyak penggembala menggunakan unta baktrian sebagai transportasi untuk melakukan perjalanan. Ciri khas fisik yang paling mencolok yaitu punuknya terlihat dua buah pada punggung jenis unta ini.

Pada unta baktrian sudah dewasa, akan terlihat bulu lebat terutama bagian leher, atas kepala dan punuknya. Jenis ini memiliki warna kulit dan bulunya terlihat lebih gelap atau coklat tua.

Ciri Unta

Bagi unta jantan dewasa memiliki tinggi badan sekitar 1,8 hingga 2 meter dengan bobot tubuh mencapai 400-600 kg.

Sementara ciri dari unta betina antara 1,7 hingga 1,9 meter dengan berat badan 10 persen lebih ringan dari unta jantan.

Ciri khas warna tubuh dan rambut hewan unta yaitu coklat, selain itu memiliki punuk tunggal, bulu mata yang tebal dan kecil.

Hewan ini juga mampu menggerakan kaki pada satu sisi tubuh secara bersamaan, berbeda dengan hewan lain.

Punuk unta merupakan lemak yang diikat oleh jaringan fibrosa dan mampu bertahan hidup sampai umur 40 hingga 50 tahun. Jenis hewan unta ini memiliki lingkungan habitat yang paling unik.

Bahkan unta juga memiliki adaptasi sistem tubuh pada suhu 34-41 derajat celcius dengan cara menghindari kenaikan suhu tubuhnya.

Dan mengurangi keringat serta keluarnya urin, adaptasi ini berfungsi untuk menjaga air yang ada dalam tubuhnya.

Hewan unta mampu menyimpan lemak di punuk sebanyak 39 kg, biasanya lemak tersebut berguna sebagai cadangan tenaga.

Unta juga mampu menghabiskan 100 liter air hanya dalam waktu 10 menit, berbeda dengan hewan mamalia lainnya tidak sanggup menghabiskan air dalam waktu singkat.

Klasifikasi Unta

Secara ilmiah hewan unta termasuk dalam Kerajaan (Animalia), Filum (Chordata), dan Kelas (Mammalia), Ordo (Artiodactyla). Famili (Camelidae), Genus (Camelus, Linnaeus).

Fakta Hewan Unta

Jenis hewan unta termasuk dalam keluarga Camelidae, genus Camelus dan sangat cocok hidup di kawasan dengan iklim kering, seperti padang pasir. Adapun istilah unta berasal dari Latin dan Yunani (camelus dan kamelos).

Menurut bahasa Ibrani arti kata unta yakni berhenti, menyapih. Hal tersebut dapat mengacu pada kemampuan hewan ini untuk bertahan hidup tanpa makanan atau air minum.

Kalau dari anggapan kebanyakan orang mengenai punuk unta dapat menyimpan air, tetapi sebenarnya punuk unta berguna sebagai cadangan lemak.

Biasanya hewan unta diternakan dan jadi sumber protein hewani, suhu atau alat transportasi oleh banyak suku nomaden di padang pasir.

Ada beberapa keunikan lain dari hewan unta ini yang menarik untuk disimak lebih jelasnya.

1. Unta bisa mencapai 2 meter

Terutama pada unta dewasa tingginya bisa mencapai sekitar 1,8 hingga 2 meter dan berat tubuh 800 kg.

Hewan unta juga mampu hidup sampai 50 tahun lamanya, pada unta betina masa kehamilan dapat berlangsung antara 11-12 bulan. Biasanya unta yang baru lahir belum memiliki punuk.

2. Dasar kaki unta lunak

Unta juga memiliki dasar kaki tergolong lunak, punya dua jari setiap kakinya. Inilah menjadikan unta termasuk hewan mamalia berkuku.

Kaki unta mempunyai bantalan kasar, sehingga memungkinkan unta untuk berjalan di atas pasir tanpa tenggelam.

3. Unta memiliki telinga berukuran kecil

Ukuran tubuh hewan ini tergolong besar dan memiliki kedua telinga berukuran yang kecil meskipun begitu pendengaran cukup baik.

Selain itu, unta juga memiliki gigi dan rahang sangat kuat. Sehingga bagian mulut unta tidak akan merasa cedera ketika memakan ranting berduri.

4. Mata punya dua baris bulu mata lebat

Ternyata unta mempunyai dua baris bulu mata yang cukup lebat, berfungsi sebagai perlindungan mata dari pasir. Unta juga memiliki kemampuan buat menutup lubang hidung, telinga, mulut ketika terjadi badai pasir.

Hal ini, untuk mencegah partikel pasir masuk kedalam tubuhnya. Bagian hidungnya memiliki kemampuan terbilang unik yaitu menjebak uap air dan mengembalikan ke tubuh unta yang berguna mencegah hilangnya air akibat respirasi.

5. Unta adalah hewan herbivora

Unta ini termasuk hewan herbivora atau memakan rumput, gandum dan kurma. Dan hewan unta juga dilengkapi dengan mulut serta lidah yang cukup kuat, sehingga memudahkan buat mengunyah tanaman gurun berduri.

Bentuk bibir unta memiliki belahan yang unik membantunya saat merumput, hewan ini juga termasuk tahan dengan berbagai iklim.

Punuk unta berfungsi menyimpan lemak buat membantu mereka untuk bertahan hidup di iklim panas ataupun cuaca dingin. Bahkan jika dibutukan, lemak pada unta ini dapat dikonversi menjadi air dan ke dalam makanan.

6. Unta jarang minum

Faktanya unta ternyata hewan yang jarang minum. Karena unta dapat memakan jenis tanaman hijau dan memanfaatkan kandungan air pada tanaman itu, sehingga tidak perlu minum air lagi.

Tetapi, unta mampu mengkonsumsi sebanyak 150 liter air sekali minum.

Hal tersebut, lantaran hewan unta membutuhkan cairan untuk bisa bertahan hidup di kawasan padang gurun tanpa harus dehidrasi. Maka tidak heran kalau unta mampu menghabiskan 40 galon air sekali minum.

7. Unta bisa berjalan cepat

Siapa sangka ternyata unta mampu berjalan dengan kecepatan 40 mil per jam. Dan inilah mengapa balap hewan unta menjadi salah satu pertunjukan menarik untuk warga Emirati.

Demikianlah pembahasan mengenai Jenis, Ciri, Klasifikasi dan Fakta Hewan Unta. Semoga bisa membantu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *