Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Gambas

Diposting pada

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Gambas – Apakah anda sudah mengetahui tentang klasifikasi dan morfologi dari tanaman gambas?

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Gambas
Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Gambas

Nah, jika anda belum mengetahuinya, maka disinilah tempat terbaik untuk mencari tahu mengenai hal tersebut. Hal ini dikarenakan pada saat ini kami akan menjelaskan tentang klasifikasi dan morfologi dari tanaman gambas. Berikut ulasan yang secara lengkap untuk anda.

Klasifikasi Tanaman Gambas

Tanpa basa-basi langsung saja simak tentang klasifikasi yang berasal dari tanaman gambas. Berikut ulasannya

  • Kingdom – Plantae
  • Sub Kingdom – Viridiplantae
  • Infra Kingdom – Streptophyta
  • Divisi – Tracheophyta
  • Sub Divisi – Spermatophytina
  • Super Divisi – Embryophyta
  • Kelas – Magnoliopsida
  • Sub Kelas – Dilleniidae
  • Ordo – Cucurbitales
  • Super Ordo – Rosanae
  • Famili – Cucurbitaceae
  • Genus –  Luffa Mill.
  • Spesies – Luffa acutangula (L) Roxb.

Morfologi Tanaman Gambas

Tanpa basa-basi langsung saja simak tentang morfologi yang berasal dari tanaman gambas. Berikut ulasannya.

1. Akar Tanaman Gambas

Pada umumnya akar dari tanaman gambas memiliki dua jenis akar yang berbeda, yaitu akar tunggang dan juga akar lateral. Akar tunggang dari tanaman gambas merupakan sebuah akar primer yang berperan sebagai sumbu utama.

Pada umumnya fungsi dari akar tunggang tanaman gambas ini sebagai alat yang menopang tanamannya agar bisa tetap berdiri tegak dan tidak mudah layu.

Bahkan akar tunggang tanaman gambas ini berfungsi untuk menyerap semua unsur hara yang terdapat pada kedalaman tanah yang cukup dalam.

Sementara akar lateral memiliki fungsi yang cukup berbeda dengan akar tunggangannya. Dimana akar lateral tanaman gambas merupakan cabang akar dari pertumbuhan akar primer. Mempunyai fungsi untuk menyerap mineral serta unsur hara dari permukaan dan kedalaman tanah.

2. Batang Tanaman Gambas

Jika kita melihat dari sisi batang yang dimiliki oleh tanaman gambas ini, dimana tanaman gambas mempunyai batang yang cukup unik dan berbeda dari beberapa tanaman yang lainnya.

Secara umum batang tanaman gambas memiliki bentuk yang berupa segi lima atau biasanya persegi. Arah pertumbuhan dari batang yang dimiliki oleh tanaman gambas, yakni vertikal dan dibantu dengan batang sulur yang merupakan batang pemanjat.

Mungkin anda akan terasa aneh jika melihat batang tanaman gambas ini secara langsung. Hal ini dikarenakan batang yang berasal dari tanaman gambas ini terdapat bulu-bulu yang kasar pada permukaan batangnya.

Bahkan sulur dari tanaman gambas ini mempunyai bulu-bulu yang lebih panjang dari batangnya. Batang tanaman gambas ini biasanya mengandung air dan bersifat menjalar. Batang tanaman gambas memiliki diameter panjang yang bisa mencapai 0,5 hingga 3 cm.

3. Bunga Tanaman Gambas

Bunga tanaman gambas merupakan bunga yang sudah termasuk pada bunga berkelamin tunggal serta termasuk pada golongan tanaman yang monokotil.

Bunga dari tanaman gambas mempunyai bakal bunga yang berbentuk  bulat dan memanjang pada bagian bawah mahkota dari bunganya. Perlu diketahui juga kalau mahkota dari tanaman gambas ini memiliki bentuk yang berupa bintang.

Warna dari mahkota tanaman gambas memiliki warna yang cukup indah untuk dilihat oleh kita, karena warnanya kuning dan biasanya putih yang agak kekuningan.

Selain itu, bunga jantan tanaman gambas memiliki kuntum dengan jumlah yang bisa mencapai 5 hingga 10 kuntum dan bergerombol didalam tandan ataupun ketiak daun. Sementara bunga betinanya terdapat dibagian ketiak daun dan bertumbuh secara tunggal.

4. Daun Tanaman Gambas

Morfologi dari daun tanaman gambas ini memiliki bentuk daun yang bulat dan berjenis daun yang tunggal. Tahukah anda kalau daun tanaman gambas ini tidak menyediakan daun penumpu atau biasanya disebut sebagai stipula.

Pangkal daun yang dimiliki oleh tanaman gambas ini memiliki bentuk yang sama seperti jantung dan puncak daun tanaman gambas ini meruncing.

Daun yang berasal dari tanaman gambas ini mempunyai ukuran panjang yang bisa mencapai sekitaran 10 hingga sampai dengan 25 cm dan warna daunnya adalah warna hijau tua. Bahkan tangkai dari daun tanaman gambas ini mempunyai panjang yang bisa mencapai 5 hingga 10 cm. Sedangkan tulang daun dari tanaman gambas ini terlihat seperti menonjol di permukaan bawah.

5. Buah dan Biji Tanaman Gambas

Umumnya tanaman gambas ini mempunyai buah yang berbentuk seperti belimbing dan bulat serta memanjang. Ukuran panjang dari buah tanaman gambas bisa diperkirakan mencapai 15 hingga sampai dengan 60 cm.

Sedangkan lebar dari buah tanaman gambas ini mencapai sekitar 5 hingga 12 cm dan disertai dengan diameter yang berkisar 5 sampai 8 cm.

Buah dari tanaman gambas ini mempunyai warna yang hijau kecoklatan dan warna kuning coklat. Disetiap buah dari tanaman gambas ini terdapat biji yang memiliki ukuran yang bisa mencapai 10 hingga 12 mm x 7 hingga 9 mm. Bentuk dari biji yang dimiliki oleh tanaman gambas ini merupakan bentuk yang lonjong dan meruncing serta pipih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *