Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kurma

Diposting pada

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kurma – Tanaman kurma merupakan salah satu jenis tanaman tertua di bagian timur tengah yang kering, misalnya Arab dan juga negri Afrika.

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kurma
Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kurma

Kurma memiliki nama latin yang berasal dari bahasa Yunani, yaitu phoenix dactylifera. Nama ini dapat diartikan, mulai dari phoenix yang berarti buah yang merah ataupun ungu. Sementara nama dactylifera dapat diartikan sebagai jari yang hampir sama dengan tanda dari manusia.

Perlu diketahui kalau tanaman kurma menjadi sebuah sumber makanan utama bagi kawasan yang sudah disebutkan tadi diatas.

Di Indonesia, kebanyakan warga masyarakat menyukai jenis kurma yang seperti kurma Mesir, Tunis, Lulu dan juga kurma nabi atau ajwa. Pada artikel ini akan menjelaskan tentang klasifikasi beserta dengan morfologi tanaman kurma. Berikut penjelasannya.

Klasifikasi Tanaman Kurma

Sebelum kita lanjut ke morfologi dari tanaman kurma, maka pembahasan yang pertama untuk anda adalah klasifikasi yang dimiliki oleh tanaman kurma ini.

Tanaman kurma ini memiliki bahasa latin yang seperti phoenix dactylifera. Untuk penjelasan yang lebih jelas lagi tentang klasifikasi yang dimiliki oleh tanaman kurma ini, maka anda dapat menyimak pembahasan yang berikut ini.

  • Kingdom – Plantae
  • Sub Kingdom – Tracheobionta
  • Divisi – Magnoliophyta
  • Sub Divisi – Spermatophyta
  • Kelas – Liliopsida
  • Sub Kelas – Arecidae
  • Ordo – Arecales
  • Famili – Arecaceae
  • Genus – Phoenix
  • Spesies – Phoenix dactylifera L.

Morfologi Tanaman Kurma

Pada umumnya morfologi yang dimiliki oleh tanaman kurma ini sangat unik. Dimana pohon kurma mampu bertumbuh mencapai sekitaran 15 hingga sampai dengan 25 meter.

Biasanya pohon kurma ini akan tumbuh dengan membentuk rumpun di bagian sejumlah batang pada suatu sistem dari akar tunggal atau bisa disebut sebagai pertumbuhan secara tunggal.

Sebenarnya morfologi dari tanaman kurma ini meliputi batang, daun, bunga,  buah dan juga biji yang dimiliki oleh tanaman kurma.

Jika anda ingin mencari penjelasan yang lebih lengkap tentang morfologi tanaman kurma, maka kali ini juga kami akan membahasnya. Langsung saja tanpa basa-basi anda dapat menyimak pada pembahasan yang telah disediakan untuk anda, seperti dibawah ini.

1. Batang Tanaman Kurma

Jika anda sudah mengetahui penjelasan dari pohon kurma, dimana pohon kurma ini cm bisa bertumbuh dengan ketinggian yang sangat tinggi.

Meskipun tanaman kurma memiliki pohon yang bisa bertumbuh sangat tinggi, namun anda juga harus tahu bahwa tanaman kurma ini memiliki batang yang teksturnya tidak sesuai atau tidak merata. Akan tetapi hal inilah yang membuat tanaman kurma menjadi lebih unik.

Batang yang unik dari tanaman kurma ini berdiameter kurang lebih berkisaran 40 hingga sampai dengan 45 cm. Bahkan kebanyakan pertumbuhan dari batang kurma bisa melebihi dari 40 hingga 45 cm.

Morfologi batang yang berasal dari tanaman kurma ini sudah terlihat bentuknya bahwa bentuk batangnya bulat seperti batang yang dimiliki oleh jenis tanaman yang lainnya.

2. Daun Tanaman Kurma

Selain batang yang unik dari tampilan tanaman kurma ini,  pada dasarnya tanaman kurma ini juga menyediakan daun yang berbeda dari beberapa tanaman yang lainnya.

Dilihat dari sisi daun tanaman kurma memperlihatkan bahwa daun yang dimilikinya memiliki diameter yang bisa mencapai sekitaran 3 hingga 4 meter atau biasanya lebih dari itu.

Tak hanya sampai disitu saja, ternyata daun yang dimiliki oleh tanaman kurma ini mempunyai duri ynag terdapat pada tangkai daun.

Morfologi daun dari tanaman kurma memiliki bentuk daun yang menyirip. Selain itu daun tanaman kurma memiliki 150 pucuk daun yang mudah dengan ukuran panjang bisa mencapai 30 cm dan lebar mencapai 2 cm.

3. Bunga Tanaman Kurma

Morfologinya bunga yang dimiliki oleh tanaman kurma ini dapat menampilkan bunga yang indah. Sangking indahnya bunga jantan ataupun betina akan menjadi sulit untuk membedakannya.

Hal ini juga karena adanya rentangan berbagai mahkota bunga tanaman kurma yang bisa mencapai sekitaran 6 hingga 10 m.  Bunga tanaman kurma ini memiliki dua rumah dan ukuran tingginya bisa mencapai 16 sampai 20 m.

Memang pada umumnya bunga jantan dan juga bunga betina tanaman kurma sulit untuk dibedakan. Namun ada beberapa sumber yang kami temukan bahwa bunga jantan dan betina bisa dilihat perbedaannya dari pangkal pelepahnya. Jika bunga jantan terlihat terang yang kekuningan pada pangkal pelepahnya, sedangkan pada bunga betina terlihat seperti keabu-abuan.

4. Buah dan Biji Tanaman Kurma

Mungkin buah kurma ini sudah tidak asing lagi, karena tanaman kurma sangat terkenal dengan buah yang dimilikinya. Bahkan anda juga sudah mengenalnya, apalagi anda adalah orang yang beragama muslim.

Pasti anda berpikir kalau buah kurma ini hanya memiliki warna yang coklat agak gelap. Nah pada hal yang sebenarnya buah kurma ini memiliki berbagai varian warna.

Buah kurma ini menampilkan warna seperti kemerahan dan ada juga warna kuning mudah. Setiap buah yang dimiliki oleh tanaman kurma mempunyai bentuk yang cukup lonjong serta ukurannya bisa mencapai 2 hingga 7,5 cm dan setiap buahnya berbiji.

Biji dari tanaman kurma ini memiliki bentuk yang memanjang, diperkirakan bisa mencapai kurang lebih dari 1 cm dan disertai dengan warna yang coklat mudah.

Baca Juga : Syarat Tumbuh Tanaman Kurma

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *