Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Lengkuas

Diposting pada

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Lengkuas – Tanaman lengkuas merupakan tanaman herbal yang seringkali kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Lengkuas
Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Lengkuas

Tanaman lengkuas ini juga biasa dikenal dengan sebutan ‘laos’ di Indonesia. Selain banyak digunakan sebagai bumbu masakan oleh masyarakat Indonesia, tanaman lengkuas juga dapat berkhasiat sebagai obat tanaman herbal karena tanaman lengkuas ini memiliki banyak manfaat yang sangat baik untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Tanaman lengkuas memiliki rasa yang gurih dan manis namun sedikit sengak serta memiliki aroma yang khas. Biasanya lengkuas digunakan di Indonesia pada kuliner makanan yang berciri khas kaya akan rempah dan rasanya gurih seperti rending, sayur asem, balado dan lain sebagainya.

Tanaman lengkuas sendiri banyak berkhasiat untuk obat kesehatan yang mana dapat digunakan untuk mencegah terjadinya tumor serta dapat mencegah radang. Lengkuas juga dapat dimanfaatkan sebagai obat anti mabuk kendaraan  ketika sedang berada di perjalanan.

Baca Juga : Jenis Hama dan Penyakit Tanaman Lengkuas

Tanaman lengkuas sendiri merupakan tanaman yang berasal dari Asia Tropika dengan penyebarannya dimulai dari Malaysia, Filipina, Indonesia, Hongkong, Cina serta India.

Klasifikasi Tanaman Lengkuas

Tanaman lengkuas dapat dikategorikan ke dalam jenis umbi-umbian, dan tergolong mudah untuk ditemukan. Berikut akan dibahas terlebih dahulu mengenai klasifikasi tanaman lengkuas dalam dunia tumbuhan untuk mengenal lebih dalam lengkuas itu sendiri, yaitu:

  • Kingdom (Kerajaan) : Plantae
  • Division (Divisi) : Magnoliophyta
  • Class (Kelas) : Liliopsida/ monokotil
  • Ordo : Zingiberales
  • Famili : Zingiberaceae (suku jahe-jahean)
  • Genus : Alpinia
  • Spesies : Alpinia galangal (L)

Ciri-Ciri Morfologi Tanaman Lengkuas

Secara umum, lengkuas memiliki bentuk yang padat, bulat oval dan cukup besar. Berikut beberapa ciri-ciri morfologi lebih detailnya tentang tanaman lengkuas, diantaranya:

1. Batang

Batang pada tanaman lengkuas merupakan ternak yang memiliki umur panjang dengan tinggi kurang lebih 1 – 2 meter, bahkan dapat mencapai 3,5 meter lebih. Secara umum tumbuhnya dalam rumpun yang cukup rapat.

Batangnya tumbuh dengan tegak serta tersusun dari beberapa pelepah daun yang bersatu membentuk batang semu yang memiliki warna hijau agak keputih-putihan.

Tanaman lengkuas memiliki batang muda yang keluar sebagai tunas dari pangkal batang yang telah berusia tua. Lengkuas memiliki jenis lengkuas putih dan merah.

Biasanya pohon lengkuas berwarna putih memiliki ukuran yang lebih tinggi, dimana ketinggiannya dapat mencapai sekitar 3 meter sedangkan yang berwarna merah biasanya hanya mencapai 1 – 1,5 meter.

2. Daun

Tanaman lengkuas memiliki daun tunggal berwarna hijau dan bertangkai pendek serta tersusun secara berseling. Ukuran daun dibagian bawah dan atasnya umumnya lebih kecil dibanding daun yang berada ditengahnya.

Bentuk daunnya seperti lanset memanjang dengan ujung agak runcing dan bagian pangkalnya tumpul serta bagian tepi daunnya cukup rata.

Pertulangan daun tanaman lengkuas memiliki bentuk menyirip dengan panjang daun sekitar 20 – 60 cm dengan lebarnya 4 – 15 cm.

Pelepah daunnya memiliki ukuran panjang kurang lebih 15 – 30 cm yan beralur dan memiliki warna hijau. Pelepah daun ini saling menutup dan membentuk batang semu dengan warna hijau.

3. Bunga

Bunga pada tanaman lengkuas merupakan Bunga majemuk yang memiliki bentuk seperti lonceng dan memiliki bau yang harum dan memiliki warna putih kehijauan hingga putih kekuningan.

Dalam bunga lengkuas ini juga memiliki tandan yang bergagang cukup panjang serta ramping dan terletak tegak dibagian ujung batang.

Tanaman lengkuas mempunya bunga dengan ukuran berkisar lebih dari 10 – 30 cm x 5 – 7 cm. Jumlah dari bunganya di bagaian bawah tandan memiliki jumlah yang lebih banyak dibandingkan bunga dibagian atas, sehingga tandannya tampak seperti bentuk piramida yang memanjang.

Panjang bibir bunganya berkisar 2,5 cm dan memiliki warna putih serta bergaris miring berwarna merah muda pada tiap sisi.

Pada bungnya, mahkota bunga yang masih kuncup memiliki warna putih dibagian ujungnya, sedangnkan dibagian pangkalnya memiliki warna hijau dan memiliki aroma cukup harum.

4. Buah

Buah pada tanaman lengkuas merupakan buah buni yang memiliki bentuk bulat dan agak keras. Ketika buah masih muda memiliki warna hijau kekuning-kuningan, namun ketika sudah berusia tua akan memiliki warna hitam kecoklatan dengan ukuran diameter sekitar 1 cm.

Namun ada pula buahnya yang memiliki warna merah dan terkadang berwarna hitam dengan bijinya yang agak kecil dan berbentuk lonjong.

5. Rimpang

Tanaman lengkuas memiliki rimpang yang cukup besar dan tebal serta memiliki daging dengan bentuk silindris dengan diameter sekitar 2 – 4 cm serta memiliki cabang-cabang.

Bagian luar rimpang memiliki warna coklat kemerahan dan kuning kehijauan dan memiliki sisik berwarna putih atau kemerahan dan terlihat keras dan mengkilap.

Demikian, itulah rincian mengenai ciri dan klasifikasi dari tanaman lengkuas. Tanaman lengkuas juga memiliki banyak manfaat selain biasa digunakan sebagai bumbu dapur dalam kehidupan sehari-hari. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan semakin menambah pengetahuan kita untuk mengenali tanaman lengkuas.

Baca Juga : Syarat Tumbuh Tanaman Lengkuas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *