Jenis dan Cara Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman Lengkuas

Diposting pada

Tanaman lengkuas merupakan salah tanaman herbal yang banyak ditanam. Pengembang-biakan tanaman jenis lengkuas tidak terlalu sulit, hanya perawatannya yang tidak mudah.

Jenis dan Cara Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman Lengkuas
Jenis dan Cara Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman Lengkuas

Dalam bertanam lengkuas ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti pola tanam, hama dan penyakit, serta resiko yang kemungkinan terjadi.

Salah satu kendala yang sering dihadapi oleh pengembang-biak tanaman lengkuas adalah hama dan penyakit yang menyerang.

Kondisi ini membutuhkan perhatian khusus dari para pelaku jika tidak ingin usaha yang telah dilakukan menjadi sia-sia.

Perawatan lengkuas membutuhkan perhatian yang serius, mulai dari sejak tunas sampai berkembang biak. Jika perawatan tidak dilakukan secara teratur, maka dipastikan lengkuas tidak akan tumbuh secara maksimal.

Baca Juga : Cara Budidaya Tanaman lengkuas

Jenis dan Cara Pengendalian Hama Tanaman Lengkuas

Hama merupakan sejenis pengganggu tanaman dari luar. Pengganggu ini bisa berupa apa saja, tergantung pada faktor lingkungan sekitar.

Sebelum mencoba mengendalikan hama, hal pertama yang harus dilakukan adalah memahami tentang jenis hama tersebut sehingga akan lebih mudah untuk mengatasinya.

1. Kumbang

Kumbang menyerang bagian samping daun untuk menempelkan telurnya. Pengendalian hama kumbang dapat dilakukan dengan cara memberikan air tuba atau insektisida.

2. Lalat

Lalat menyerang bagian samping lengkuas dan menularkan bakteri. Untuk mengendalikan hama lalat pada tanaman lengkuas bisa menggunakan pestisida kimia seperti karbofouran dan nematisida.

3. Ulat

Ada dua jenis ulat yang biasa menyerang lengkuas, ulat tanah dan ulat akar. Serangan ini mengakibatkan tumbuhan lengkuas mengering dan secara perlahan mati.

Untuk mengendalikan gunakan Dimilin 25 WP dengan konsentrasi 0.1-0.2 % atau karbofuran dengan dosis 1 gram per-tanaman.

4. Kepik

Kepik akan menyerang daun lengkuas sehingga daun akan berlubang. Untuk mencegah kepik gunakan semprotan berbahan insektisida organic seperti air tuba.

Jika dirasa belum efektif, semprot dengan pestisida kimia seperti betasiflutrin dan profenofos.

5. Nematode

Nematode yang menyerang tanaman lengkuas akan menimbulkan bintik-bintik merah dan merubah warna tanaman menjadi coklat.

Untuk mengendalikan hama menatoda pada lengkuas menggunakan karbofuran dengan dosis 1 gram per-tanaman.

6. Tanaman liar

Tanaman liar atau gulma yang sering menyerang lengkuas adalah alang-alang, rumput teki, dll. Untuk mengendalikan gulma, cukup dengan secara rutin mencabutinya. Gulma dapat dicegah dengan pola tanam model polybag.

7. Kutu daun

Menyerang bagian daun lengkuas yang membuat daun melengkung, menggulung dan layu.

Untuk mengandalikan kutu daun pada tanaman lengkuas gunakan pestisida kimia seperti betasiflutrin dan profenofos.

Jenis dan Cara Pengendalian Penyakit Tanaman Lengkuas

Penyakit yang terjadi pada tanaman lengkuas bisa disebabkan oleh banyak faktor. Misalnya pengaruh lingkungan yang tidak cocok, media tanam yang tidak memadai, dll.

1. Penyakit layu bakteri

Jenis penyakit ini biasanya menyerang lengkuas pada daerah yang beriklim lembab seperti Indonesia. Penyakit layu bakteri merupakan penyebab kegagalan utama dalam pengembang-biakan lengkuas.

Penyakit ini mulai menyerang lengkuas ketika berumur 3-4 bulan. Gejala yang muncul adalah daun yang menguning dan layu, dan akar yang membusuk.

Untuk mengendalikan penyakit layu bakteri gunakan sanitasi, penyemprotan Agrimycin 15/1.5 WP atau grept 20 WP dengan dosis 0.1 -0.2%.

2. Jamur fusarium

Jamur fusarium menyerang bagian akar dan mengakibatkan akar membusuk. Untuk mengendalikan jamur fusarium gunakan Dimazeb 80 WP atau Dithane M-45 80 WP dengan dosis 0.1 – 0.2 %.

3. Bercak daun

Bercak daun menyebabkan pinggir daun membusuk lalu basah kemudian tanaman mati. Penyakit bercak daun tidak dapat dikendalikan namun dapat dicegah melalui pemilihan bibit unggul.

Demikianlah pembahasan kita kali ini mengenai Jenis dan Cara Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman Lengkuas. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Syarat Tumbuh Tanaman Lengkuas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *