Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Pakis Haji

Diposting pada

Ada banyak tanaman hias yang dibudidayakan di Indonesia dan Asia pada umumnya. Di antaranya adalah tanaman pakis haji atau disebut tanaman pakis saja.

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Pakis Haji
Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Pakis Haji

Tanaman pakis dijadikan tanaman hias karena memiliki bentuk yang unik dan cantik. Maka dari itu, wajar kalau bibit tanaman ini dijual dengan harga yang agak mahal dibandingkan tumbuhan liar.

Karena alasan inilah di bawah ini akan dijelaskan tentang klasifikasi dan morfologi tanaman pakis utamanya yang disebut pakis haji. Karena spesies inilah yang paling populer dibandingkan spesies pakis yang lain. Ini dia penjelasan lengkapnya:

Klasifikasi Tanaman Pakis Haji

Tanaman pakis atau pakis haji merupakan tanaman hias yang sebagian besar spesies-nya hidup di dataran tinggi. Terutama yang kontur tanahnya lembap dan bersuhu cukup dingin.

Tanaman pakis memiliki sebutan ilmiah cycas atau sikas atau tanaman yang berkarakter biji terbuka. Biasanya tanaman ini ditanam di pekarangan rumah dan di pinggir-pinggir jalan protokol sebagai sarana naungan dan keindahan kota.

Sebagai tanaman yang berjenis palem, tentunya pakis haji bagus jika dijadikan hiasan di taman. Apalagi dari segi pertumbuhan, pakis lebih cepat dibandingkan tanaman spesies palem lainnya.

Dari segi ilmu taksonomi, tanaman pakis memiliki unsur klasifikasi ilmiah yang juga perlu diketahui. Tanaman pakis atau pakis haji termasuk ke dalam kategori kingdom plantae. Sedangkan divisi-nya berkarakter cycadopyta dengan super divisi cycadopsida.

Tanaman pakis termasuk ke dalam genus cycas yang memiliki ratusan spesies. Sedangkan untuk pakis haji hadir dari golongan famili cycadaceae. Untuk ordo-nya sudah jelas yaitu tanaman pakis berkarakter cycadales.

Jika dilihat dari klasifikasi di atas, bisa dipastikan kalau tanaman pakis adalah spesies palem-paleman yang sudah populer. Artinya tidak termasuk spesies atau keluarga baru dari tanaman hias golongan cycas.

Morfologi Tanaman Pakis

Setelah mengetahui klasifikasi tanaman pakis, maka di bawah ini akan diuraikan terkail dengan morfologi atau ciri-ciri tanaman yang lebih detail. Ini dia uraian terkait morfologi tanaman pakis yang dimaksud:

1. Morfologi Akar

Morfologi tanaman pakis maupun pakis haji yang pertama adalah tentang akarnya. Tanaman pakis memiliki akar berjenis akar tunggang. Maka dari itu, jika dilihat dari morfologi ini, tanaman pakis disebut juga radix primaria.

Akar inilah sejatinya yang menjamin tanaman pakis bisa tumbuh dengan subur dan gembur. Karena akar berfungsi sebagai penyerap unsur hara dan air untuk dijadikan sebagai nutrisi tanaman.

Umumnya tanaman berakar tunggang, biasanya pertumbuhannya cepat dan tidak membutuhkan perawatan maksimal. Karena akar semacam ini tidak mudah putus maupun tercabut dari batang.

2. Morfologi Batang

Batang tanaman pakis terlihat seperti batang tanaman palem. Biasanya batang tumbuh tegak lurus dengan postur rata namun tidak licin.

Untuk bentuk akar bulat dengan diameter tidak terlalu besar. Bahkan ukuran diameter batang pakis terbesar hanya berkisar 30 cm saja. Sekalipun demikian, batang inilah yang membuat penampilan tanaman pakis cantik dan menarik.

Pada jarak tertentu dari permukaan tanah, biasanya batang akan terpecah menjadi beberapa cabang. Untuk jenisnya memiliki karakter percabangan monopodial khas tanaman palem-paleman.

3. Morfologi Daun

Daun pakis haji menjadi alasan selanjutnya mengapa tanaman ini disebut tanaman hias. Pasalnya bentuk daunnya saja unik karena jika dilihat detail terlihat seperti sebuah keris.

Karakter daun pakis adalah daun majemuk dengan bentuk sedikit menyirip. Karena morfologi ini, maka tanaman pakis disebut tanaman berdaun paripinnatus.

Dalam satu tangkai daun terdapat beberapa helai anak daun yagn tak kalah unik. Karena di setiap anak daun tersebut masih ada cabang daun baru hingga ke bagian pucuknya.

Keunikan selanjutnya terlihat pada daun tanaman pakis yang masih muda. Karena biasanya daun terlihat menggulung sempurna laiknya daun untuk tanaman paku-pakuan. Maka dari itu, banyak orang yang mengategorikan tanaman pakis sebagai spesies tanaman paku.

4. Morfologi Bunga

Bunga tanaman pakis berjenis baru dan unik yang disebut dengan istilah monoecus. Salah satu keunikannya terletak pada bunga atau strobilus betina yang mana megasporofil-nya juga terlihat seperti keris.

Jika dilihat lebih detail, di dalam megasporofil tersebut terdapat dua ovolum yang posisinya agak ke sisi carpelum. Sedangkan untuk strobilus jantan megasporofil-nya berbeda yaitu berbentuk sisik yang susunannya renggang.

5. Morfologi Biji

Tanaman pakis memiliki biji yang hampir sama dengan biji tanaman spesies palem. Dalam setiap tanaman terdapat beberapa biji yang berbentuk bulat oval dan bulat sempurna.

Sedangkan perbedaan dengan biji pohon palem adalah biji tanaman pakis memiliki bentuk sedikit menyirip. Sedangkan jumlahnya di dalam setiap satu pohon ada 2-5 biji.

Itulah penjelasan singkat tentang klasifikasi dan morfologi tanaman pakis atau pakis haji. Semoga artikel ini bisa menjadi tambahan pengetahuan bagi Anda terkait dengan taksonomi tumbuhan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *