Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Pasak Bumi

Diposting pada

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Pasak Bumi – Tanaman pasak bumi adalah tumbuhan yang dibudidayakan di Asia Tenggara. Maka dari itu tumbuhan ini juga mudah ditemukan terutama di iklim tropis seperti di nusantara.

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Pasak Bumi
Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Pasak Bumi

Nah, sebagai bagian dari wawasan taksonomi, tentu klasifikasi dan morfologi tanaman pasak bumi harus dipelajari dengan baik. Pemahaman ini nantinya bisa digunakan untuk pembudidayaan maupun riset tanaman yang dilakukan oleh para ahli tanaman.

Karena alasan itulah, saya akan menjelaskan tentang klasifikasi dan morfologi tanaman pasak bumi. Sebisa mungkin penjelasannya akan dibuat mudah supaya masyarakat awam juga bisa memahaminya. Ini dia penjelasan lengkapnya:

Klasifikasi Tanaman Pasak Bumi

Tanaman pasak bumi adalah tanaman yang kerap disebut dengan istilah Tongkat Ali. Biasanya tanaman ini dibudidayakan di daratan Asia Tenggara seperti di Malaysia dan Indonesia bagian barat.

Tanaman yang memiliki akar dengan kandungan afrodisiak ini cukup populer serta banyak yang dijadikan sebagai campuran obat. Maka dari itu, tanaman semacam ini pelestariannya tetap dijaga dengan baik.

Tanaman pasak bumi atau Tongkat Ali biasanya tumbuh di tengah hutan yang lebat. Ketinggian maksimal untuk pohonnya mencapai 7-10 meter. Maka dari itu, di Indonesia tanaman ini dikenal sebagai tanaman tertinggi.

Di Indonesia sendiri tanaman pasak bumi disebutkan dengan berbagai nama atau istilah. Hampir di setiap wilayah di nusantara nama untuk tumbuhan ini berbeda.

Misalnya untuk daerah Kalimantan tetap disebut pasak bumi, sedangkan di daerah jawa disebut Widara Putih. Di pulau Bangka disebut Mempoleh sedangkan di Sumatera utara disebut Besan.

Klasifikasi selanjutnya ialah, tanaman pasak bumi adalah tumbuhan asli Indonesia yang termasuk ke dalam spesies Eurycoma longifolia Jack. Untuk genus-nya tergolong eurycoma yang masih se-famili dengan simaroubaceae.

Karena klasifikasi inilah maka tanaman pasak bumi memiliki kingdom plantae dan termasuk ke dalam sub kelas Rosidae. Yang mana sub kelas ini berarti tanaman pasak bumi berada di bawah kelas magnoliopsida.

Morfologi Tanaman Pasak Bumi

Setelah mengetahui klasifikasi tanaman pasak bumi, maka di bawah ini, akan dijelaskan tentang morfologi tanaman pasak bumi. Supaya pemahaman Anda tentang taksonomi tanaman ini lebih lengkap. Ini dia penjelasannya:

1. Morfologi Batang

Morfologi pertama yang harus dijelaskan tentang tanaman pasak bumi ialah bagian batangnya. Untuk area batang, ciri khas tanaman tongkat Ali ini ialah tidak memiliki cabang. Namun, ada sebagian kecil yang memilikinya dengan bentuk serupa payung.

Hal ini disebabkan oleh ujung daunnya yang melingkar. Maka dari itu, jika menemukan tanaman pasak bumi yang memiliki cabang, jika dilihat sangat unik dan aneh.

Morfologi batang tanaman pasak bumi yang berikutnya ialah tekstur batangnya cukup kuat dan kokoh. Sedangkan untuk warnanya sebagian besar batang pasak bumi berwarna cokelat ke abu-abuan dengan tekstur licin.

2. Morfologi Daun

Tanaman pasak bumi memiliki daun jenis majemuk dengan bentuk sedikit menyirip. Jika dilihat secara saksama, daun tanaman ini berbentuk oval atau bulat telur. Sedangkan di bagian ujungnya menajam.

Di dalam setiap tangkai terdapat 13-14 daun dan anak daun dengan posisi bergerimbun. Sedangkan tipenya tergolong piñatas dengan panjang mencapai 20-40 cm.

Warna daun yang masih muda biasanya hijau tua dengan tekstur sisi bergelombang. Untuk tangkai daunnya berwarna cokelat tua dipadukan dengan sedikit gradasi hitam.

3. Morfologi Bunga

Tanaman pasak bumi memiliki bunga berwarna merah muda atau jingga. Sedangkan hampir di seluruh permukaannya terdapat bulu dan benjolan yang sedikit timbul di bagian ujung.

Bunga tanaman ini memiliki dua jenis yaitu jenis jantan dan jenis betina. Yang mana bunga jenis jantan tidak bisa berbuah sedangkan yang betina bisa. Semua jenis bunga memiliki lebar 0.6 cm.

4. Morfologi Buah

Morfologi yang selanjutnya dari tanaman pasak bumi adalah buah. Yang mana buah tanaman ini berwarna hijau gelap. Bahkan terkesan agak menghitam.

Sedangkan panjang dan lebarnya berada di kisaran 1-2 cm untuk panjang dan 0.5-1 cm untuk lebar.

5. Morfologi Akar

Tumbuhan pasak bumi memiliki akar tunjang. Yang mana akarnya akan menghujam ke dalam tanah hingga kedalaman 2 meter. Sedangkan di area sekitarnya akan muncul cabang-cabang akar.

Jika dilihat dari klasifikasi dan morfologi tanaman pasak bumi atau Tongkat Ali di atas, maka sudah jelas, tanaman ini memiliki ciri khas yang unik yang tidak sama dengan tanaman tinggi yang lainnya.

Karena hal itulah, perlu riset khusus untuk mengetahui secara detail mana yang disebut tanaman pasak bumi dibandingkan tanaman jenis lain. Ini pula yang menyebabkan produk berbahan tanaman ini sangat mahal.

Itulah beberapa klasifikasi dan morfologi tanaman pasak bumi yang sudah dijelaskan secara sederhana. Semoga bisa menjadi tambahan pengetahuan terkait tanaman untuk Anda. Sehingga ada semangat untuk membudidayakannya di lain waktu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *