Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Semangka

Diposting pada

Klasifikasi Tanaman Semangka 

  • Kingdom : Plantae
  • Divisi : Magnoliphyta
  • Kelas : Magnilopsida
  • Subkelas : Dileniidae
  • Ordo : Violales
  • Famili : Cucurbitaceae
  • Genus : Citrullus
  • Spesies : Citrullus Lanatus  Tunb

Indonesia kaya akan tanaman yang beragam mulai dari buah dan juga sayur. Hal ini dikarenakan adanya syarat tumbuh yang banyak dipenuhi oleh lingkungan di indonesia. Mulai dari tanah yang subur cuaca curah hujan dan lain sebagainya.

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Semangka
Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Semangka

Morfologi Tanaman Semangka

Salah satu tanaman yang bisa berkembang dengan pesat dan juga banyak dibudidayakan oleh masyarakat adalah tanaman semangka.

Tetapi bagi anda yang memutuskan untuk melakukan budidaya kenali dulu klasifikasi dan juga morfologi dari tanaman ini. Sehingga anda bisa menanamnya sesuai dengan kebutuhan.

1. Daun Semangka

Morfologi daun semangka apabila dilihat memiliki pola selang-seling dan juga memiliki tangkai daun. Sedangkan untuk perayaan daunnya memiliki tekstur yang unik yaitu semangka, lebar dan juga berbulu menjari dengan ujung yang cukup meruncing serta panjang daun yang tidak terlalu besar.

Lebar daun berkisar antara 3 hingga 25 cm dan juga lebar maksimal 5 cm. Bagian tepi daun tanaman semangka memiliki tekstur berkembang disertai dengan permukaan bawah.

Bagian daun berambut rapat pada tulangnya. Dikarenakan adanya fotosintesis yang cukup tinggi dilakukan oleh tanaman tersebut.

Ditambah lagi karena buah semangka sendiri merupakan buah berukuran besar. Maka fotosintesis, daun juga penyediaan air haruslah maksimal ketika dalam masa pertumbuhan.

2. Batang Semangka

Morfologi kedua yang bisa didapatkan dari tanaman semangka yaitu bagian batangnya tanaman semangka ini memang unik. Karena hampir sama dengan beberapa tanaman perdu lain di mana batangnya bukanlah tegak tumbuh ke atas. Namun menjalar ataupun merambat batangnya tumbuh merambat dan mencapai kurang lebih 5 meter.

Selain itu sifatnya lunak persegi dan juga memiliki tekstur seperti rambut. Tanaman ini memang hanya bisa dilakukan atau ditanam di tanah.

Kemudian nantinya batang tersebut akan merambat yang melebar. Sehingga buah juga akan mudah untuk tubuh terutama ukuran buah semangka yang cukup besar.

3. Bunga Semangka

Morfologi lain yang bisa didapatkan dari tanaman semangka nanti saja bagian bunganya sebelum memunculkan buah maka halaman ini akan memunculkan bunga yang terletak pada bagian ketiak daun dan memiliki warna kuning cerah terdapat tiga jenis bunga yang ada pada tanaman semangka umumnya disebut bunga jantan dan bunga betina dan juga bunga sempurna atau disebut sebagai hermaprodit tetapi umumnya tanaman semangka ini memiliki bunga jantan dan bunga betina dengan perbandingan 7 banding 1 sehingga lebih banyak bunga jantan dibandingkan dengan bunga berjenis kelamin betinanya tetapi hal tersebut tidak mengurangi kemungkinan adanya pembuahan dan juga perbanyakan tanaman semangka melalui bunga.

4. Akar Semangka

Morfologi tanaman semangka yang bisa dibahas adalah dibagian akarnya. Tidak bisa pungkiri bahwa setiap tanaman pasti memiliki akar untuk membantu menopang tanaman tersebut. Namun karena tanaman semangka atau buah semangka ini berada di tanah dan juga merambat.

Maka akar yang digunakan tidaklah terlalu besar dan terlalu dalam. Akar yang dimaksud adalah akar serabut, dengan cabang yang sangat banyak, untuk membantu menyerap air secara maksimal tetapi sangat dangkal.

5. Buah Semangka

Diketahui bahwa memiliki bentuk yang cukup besar dengan bentuk bulat atau lonjong dan diameter hingga 20 cm. Secara fisik sebenarnya buah semangka ini memiliki bentuk yang beragam bahkan dari hasil penelitian. Masih ada buah berbentuk kotak ataupun kubus yang populer terutama di jepang lalu bagaimana dengan morfologi lainnya.

Apabila dilihat kulit buah semangka menyelimuti daging buah berdaging dan tebal permukaan luarnya terkesan licin dan daging kulit yang memiliki warna putih disebut sebagai albedo, cukup untuk melindungi buah yang ada di dalam buah.

Ternyata bagian kulit ini dapat melindungi bagian dalam buah. Bagaimana dengan warna kulit buah sebenarnya sangatlah beragam karena warna kulit buah ada yang berwarna hijau tua.

Ada juga yang kuning keputihan dan juga hijau muda bergaris putih. Daging buah sangat renyah dan memiliki kandungan air yang sangat tinggi.

Sehingga banyak sekali masyarakat di luar negeri ketika mengalami musim panas mereka mengkonsumsi buah semangka, untuk meningkatkan kadar air dalam tubuh.

6. Biji Semangka

Morfologi lainnya yang bisa didapatkan adalah biji tanaman semangka. Biji semangka memiliki bentuk yang unik yaitu berwarna hitam berbentuk pipih memanjang dan juga terlihat mengkilat.

Bahkan ada semangka yang tidak memiliki biji dan hanya dihasilkan oleh beberapa tanaman yang memang sudah dimodifikasi terlebih dahulu.

Ada penggunaan atau budidaya tanaman semangka yang memanfaatkan biji. Namun ada juga yang memanfaatkan cara lain hal ini terjadi karena tanaman semangka sendiri diberikan hormon khusus, apabila tidak muncul biji. Namun bagaimana pun juga ada di biji dengan tanaman semangka membantu produksi buah semangka menjadi lebih mudah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *