Syarat Tumbuh Tanaman Mengkudu

Diposting pada

Mengkudu merupakan tanaman tropis yang telah lama dikenal di Indonesia. Tanaman ini tumbuh menyebar ke kepulauan Pasifik Selatan, Malaysia, Taiwan, Indonesia, Afrika hingga Hindia Barat.

Syarat Tumbuh Tanaman Mengkudu
Syarat Tumbuh Tanaman Mengkudu

Tanaman mengkudu dapat tumbuh liar ataupun dibudidayakan untuk diambil buahnya. Tanaman mengkudu merupakan tanaman yang dapat berbuah sepanjang tahun.

Tanaman ini dapat tumbuh hingga setinggi 3-8 m. Akar yang dimiliki oleh tanaman mengkudu merupakan akar tunggang yang menancap dalam ke tanah. Tanaman mengkudu memiliki batang yang bengkok dengan dahan kaku dan memiliki kulit batang warna coklat kekuningan.

Daun yang dimiliki oleh tanaman mengkudu merupakan daun tunggal yang besarnya berkisar antara 5-17 cm dengan bentuk bulat hingga elips dan ujung lancip, memiliki tangkai daun dan daunnya tumbuh saling berhadapan. Permukaan atas daun memiliki warna hijau tua dan terlihat mengkilat.

Tanaman mengkudu memiliki bunga yang membentuk bongkol yang terbentuk dari bunga yang menggerombol dan tumbuh di ketiak daun. Bunga tanaman mengkudu memiliki bau yang harum. Mahkota bunga pada bunga mengkudu memiliki bentuk seperti tabung dengan warna putih dan rambut wol dan panjang mahkota mencapai 1,5 cm.

Benang sari pada bunga tanaman mengkudu tertancap di mulut mahkota bunga dan kepala putik memiliki dua puting.  Buah tanaman mengkudu merupakan salah satu bagian yang paling banyak diambil untuk dimanfatkan sebagai obat.

Buah tanaman mengkudu berwarna hijau mengkilat ketika masih muda dan warnanya berubah hijau kekuningan dengan banyak bintik-bintik dan kutil ketika sudah matang.

Buah ini bentuknya seperti telur ayam dan daging buah mengkudu bertekstur lunak dan terdiri dari buah batu yang membentuk pyramid atau memanjang segitiga dan memiliki warna coklat kemerahan.

Daging buah mengkudu memiliki banyak air dan buah mengkudu memiliki bau seperti keju busuk karena senyawa antibiotik yang dimiliki oleh buah mengkudu.

Di dalam buah mengkudu terdapat biji berwarna hitam yang memiliki selaput bening atau kantong biji. Kantong biji ini yang memungkinkan biji dari tanaman mengkudu dapat disimpan dalam waktu yang lama.

Syarat Tumbuh Tanaman Mengkudu

Sebelum melakukan proses budidaya atau menanam tanaman mengkudu yang harus diperhatikan pertama kali adalah Syarat Tumbuh Tanaman Mengkudu. Penjelasannya dibawah ini :

1. Iklim

Tanaman mengkudu merupakan tanaman yang tumbuh di lingkungan dengan iklim tropis dengan curah hujan berkisar antara 2000-3000 mm per tahun.

2. Suhu dan kelembapan

Agar dapat tumbuh dengan subur, tanaman mengkudu memerlukan suhu udara berkisar antara 22-30°C. Namun, sebenarnya tanaman mengkudu masih bisa tumbuh di tempat dengan udara 32°C dengan kelembapan udara 50-70%.

3. Media tanam

Tanaman mengkudu merupakan tanaman yang dapat beradaptasi dengan baik pada berbagai jenis tanah. Tanaman ini dapat tumbuh di tanah yang strukturnya kurang baik, tanah yang tergenerasi dan memiliki drainase tidak baik atau memiliki kapasitas retensi air yang sangat rendah.

Walaupun tanaman mengkudu dapat tumbuh pada berbagai kondisi, namun tanaman mengkudu akan tumbuh dengan optimal apabila ditanam pada tanah aluvial yang biasanya berada di dataran rendah.

Tanah aluvial merupakan tanah yang berasal dari sedimen lumpur yang dibawa oleh air sungai sehingga tanah ini kaya akan kandungan mineral. Tanah aluvial dapat dikenali dengan warna tanahnya yang coklat keabu-abuan. Tanah latosol juga cocok apabila ditanami tanaman mengkudu.

Tanah latosol memiliki pH berkisar antara 4,5-6,5 sehingga cocok sebagai syarat pH tanaman mengkudu yang harus ditanam pada tanah dengan pH 5,5-6,5.

4. Ketinggian tempat

Tanaman mengkudu membutuhkan tanah yang biasa berada di dataran rendah, sehingga tanaman mengkudu tentu akan bereproduksi dengan baik bila ditanam di dataran rendah atau tempat dengan ketinggian 500 hingga 1500 mdpl.

Bagaimana? Cukup simpel bukan.. demikianlah penjelasan mengenai Syarat Tumbuh Tanaman Mengkudu semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *