Syarat Tumbuh Tanaman Melati

Diposting pada

Melati atau dikenal dengan jasmine merupakan tanaman perdu yang biasa tumbuh sebagai bunga hias. Tanaman melati memiliki kekhasan pada harum bunganya.

Syarat Tumbuh Tanaman Melati
Syarat Tumbuh Tanaman Melati

Tanaman melati dikenal di seluruh nusantara dengan nama yang berbeda-beda. Seperti menuh di Bali atau di Aceh tanaman ini dikenal dengan meulu cut atau meulu cina dan di daerah Madura tanaman ini dikenal dengan nama malete.

Terdapat sekitar 200 jenis melati dan dari ratusan jenis itu, 9 jenis diantaranya dibudidayakan. Sebagian besar lagi biasanya tumbuh liar di hutan.

Di Indonesia, penyebaran tanaman melati masih terpusat di Jawa Tengah terutama di daerah Pemalang, Tegal dan Purbalingga.

Terdapat satu jenis melati yang sengaja dibudidayakan di Indonesia, yaitu melati putih atau jasminum sambac yang menjadi puspa bangsa.

Sebagai tanaman perdu, tanaman melati memiliki akar tunggang yang cabangnya menyebar hingga ke segala arah dan masuk ke dalam tanah sampai kedalaman 40-80 cm dari akar yang ada di permukaan tanah. Akar melati inilah yang akan memunculkan tunas atau tanaman baru.

Tanaman melati tumbuh berkisar antara 0,3 m hingga 2 m dan tumbuh secara merambat. Batang dari tanaman ini merupakan batang berkayu yang memiliki warna coklat berbentuk bulat dengan cabang yang banyak dan berumpun.

Batang tanaman melati memiliki bulu-bulu yang halus dan jarang. Tanaman melati memiliki daun yang tangkainya pendek dengan ukuran panjang daun 2,5-10 cm dan lebar daun 1,5-6 cm.

Memiliki ujung daun runcing dengan pangkal bulat dan bagian tepi daun merata dengan tulang daun yang menyirip dan menonjol pada permukaan bawah daun. Daun tanaman melati berwarna hijau mengkilap.

Bunga yang dimiliki oleh tanaman melati memiliki bentuk seperti terompet. Walaupun tanaman melati khas dengan bunganya yang berwarna putih, namun warna dari bunga tanaman melati tergantung dari jenisnya seperti jasminum nudiflorum yang berasal dari pegunungan Tibet.

Bunga dari tanaman melati jenis ini memiliki bunga berwarna kuning terang. Lain lagi dengan bunga tanaman melati jenis melati jepang yang memiliki nama latin pseuderanthemun reticulatum.

Melati jenis ini memiliki warna putih dengan corak ungu di di bagian tengahnya. Bunga dari tanaman melati biasanya memiliki susunan yang menyirip dan berhadap-hadapan.

Syarat Tumbuh Tanaman Melati

Untuk memulai menanam atau budidaya tanaman melati yang harus dilakukan pertama kali adalah memahami apa itu Syarat Tumbuh Tanaman Melati agar tanaman bisa menghasilkan seperti yang diinginkan. Penjelasannya berikut ini :

1. Iklim

Tanaman melati akan tumbuh dengan baik di tempat dengan iklim hangat dengan 2-3 bulan kering dan 5-6 bulan basah.

Tanaman ini juga akan tumbuh baik pada tempat dengan curah hujan 112-119 mm/bulan yang memiliki intensitas hujan 6-9 hari hujan tiap bulannya disertai penyinaran sinar matahari yang cukup.

Tak menutup kemungkinan pula tanaman melati tumbuh di daerah dengan iklim dingin. Tanaman melati biasanya akan berkembang di musim dingin dan mulai berbunga pada bulan Januari hingga bulan Maret.

2. Suhu dan kelembapan

Suhu tempat yang tepat untuk ditanami melati adalah berkisar antara 24-30°C pada malam hari dan 28-39°C pada malam hari dengan kelembapan udara 50-80%.

3. Media tanam

Tanaman melati bisa ditanam pada tanah yang memiliki tekstur pasir, gembur dan liat serta subur dengan aerasi dan drainase yang baik.

Tanaman ini juga akan cocok bila ditanam pada tanah podsolik merah kuning, tanah andosol serta tanah latosol dengan pH tanah antara 5-7.

4. Ketinggian tempat

Tiap jenis tanaman melati memiliki ketahanan yang berbeda ketika beradaptasi terhadap lingkungan tempatnya tumbuh.

Namun biasanya, tanaman melati akan bisa tumbuh dengan baik bila ditanam pada dataran rendah atau dataran tinggi dengan ketinggian tempat 100-1600 mdpl.

Bagaimana? Dekianlah penjelasan dalam artikel kali ini yang membahas mengenai Syarat Tumbuh Tanaman Melati. Semoga bisa bermanfaat dan berguna.

Baca Juga : Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Melati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *