Pengertian Analisis Bisnis : Komponen, Manfaat, Dan Contoh

Tahukah Anda mengenai Pengertian Komponen, Manfaat, Dan Contoh Analisis Bisnis? Pandemi berhasil membuat kita untuk selalu melakukan inovasi serta ide dalam merancang bisnis.

Pengertian Analisis Bisnis  Komponen, Manfaat, Dan Contoh
Pengertian Analisis Bisnis Komponen, Manfaat, Dan Contoh

Sistem work from home atau bekerja dari rumah merupakan jalan alternatif untuk kita para pelaku usaha.

Tentunya adanya work from home atau bekerja dari rumah ini menjadikan masyarakat mempunyai waktu luang untuk melakukan kegiatan lain.

Anda yang sedang mengatur hal ini juga bisa mengatur jadwal kegiatan anda agar tidak terbentur dengan pekerjaan utama anda.

Banyak masyarakat kita menggunakan waktu luang untuk berkebun, mengasah skill baru seperti memasak, melakukan aktivitas kebugaran tubuh atau olahraga hingga mengatur planning. Tak jarang dari mereka juga pada akhirnya memilih untuk memulai sebuah bisnis.

Bisnis Rumahan

Kesempatan work from home ini membawa masyakarat untuk mencari tambahan penghasilan demi memenuhi kebutuhan sehari-hari di tengah situasi pandemi Covid-19 saat ini.

Bisnis apa saja yang menjanjikan di tengah situasi seperti ini? Tepat sekali bisnis rumahan.  Nah sebelum kita membahas tentang analisis sebuah bisnis. Yuk simak pembahasan bisnis rumahan dibawah ini! Simak sampai habis.

1. Jadi Reseller/Dropshipper Online Shop

Menurut majalah Forbes, mengatakan bahwa bisnis ritel online merupakan salah satu sektor ekonomi yang bertahan dengan cukup baik, apalagi di tengah pandemi seperti ini.

Sebagai informasi tambahan bahwa raksasa ritel online atau Amazon mempunyai pertumbuhan yang cukup signifikan selama Covid-19, hal ini dibuktikan bahwa banyak konsumen yang tidak bisa melakukan sebuah transaksi secara langsung pada toko yang dituju.

Maka dari itu, muncul ide atau inovasi dari pelaku bisnis untuk mencoba memanfaatkan situasi tersebut menjadi seorang reseller atau dropshipper online dalam produk yang sedang naik di pasaran contohnya saja seperti pakaian serta makanan.

2. Kuliner Untuk Anda Pecinta Makanan

Apakah anda doyan makan? Atau pecinta kuliner Indonesia. Jalan ini bisa anda pilih untuk dijadikan bisnis rumahan.

Menurut com pada tanggal 4 mei 2020 bahwa pembatasan makan di tempat umum berlaku pada sejumlah daerah.

Dengan adanya hal tersebut keberadaan restoran hingga tempat makan menyediakan layanan pesan – antar , hal ini ternyata sangat diminati bagi kaum rebahan khususnya.

Menurut survei yang ada banyak orang yang tidak terlalu suka memasak dirumah dan kebanyakan memang tidak bisa memasak.

Anda bisa menjual makanan anda melalui media seluler seperti Whatshaap, Facebook, hingga WhatsApp status bisa anda manfaatkan untuk share produk atau makanan anda.

Pemanfaatan media sosial dijamin efektif karena mengingat banyak yang menggunakan media sosial untuk berbisnis online. Apakah anda tertarik untuk mencoba?

3. Jual Makanan Hewan Kesayangan

Sebagai makhluk hidup tentunya kita selalu berdampingan dengan makhluk hidup lainya.

Berdasarkan journal BussinessTown ternyata pemilik hewan peliharaan bisa menaruh perhatian terhadap kehidupan dan kesejahteraan hewan tersebut.

Kalau anda jadi dokter hewan mungkin anda harus mempunyai sertifikasi kedokteran hewan bukan?

Namun, jika anda memilih berjualan pet food tentunya bisa anda lakukan untuk memulai bisnis anda.

Dan tidak perlu repot memerlukan sertifikat atau hal lain karena semua orang bisa melakukannya. Jadi selama pandemi seperti ini anda bisa mencoba peluang ini untuk berbisnis.

4. Jadi Tutor Fitness Secara Online

Kalau anda malas berjualan makanan hewan atau makanan lainya anda mungkin bisa mencoba peluang bisnis ini. Anda hobbi sekali berolahraga? Dari hobbi muncul rupiah!

Tepat sekali menjadi tutor fitness online. Sebagai masyarakat umum tentunya kita memahami kebijakan pemerintah soal pembatasan kegiatan di luar seperti melakukan 3 M yakni mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak.

Karena Covid-19 ini banyak jasa Gym yang terpaksa tutup. Dan akhirnya muncul sebuah ide bagaimana caranya untuk bisa bugar dan sehat walaupun beberapa tempat Gym ditutup?

Jika anda mempunyai alat-alat untuk pelatihan olahraga seperti lompat tali hingga barbel dirumah anda bisa berlatih sendiri.

Masalahnya tidak semua orang mempunyai peralatan tersebut, karena keadaan tersebut mereka mencari jasa konsultasi atau tutor fitness Jika anda seorang ahli kebugaran tentunya anda akan menjadi konsultan kebugaran serta penawaran jasa anda secara online kepada konsumen yang butuh dengan anda. Tertarik untuk mencoba?

3. Bimbingan Online

Ada lagi yang bisa anda coba yaitu bisnis bimbel online dilansir dari com pembelajaran pada beberapa sekola menjadi pembelajaran daring atau online, karena hal tersebut banyak masyarakat terutama para mahasiswa serta siswa dari SD, SMP, SMA, hingga SMK memerlukan tambahan belajar untuk menunjang kegiatannya selama pembelajaran online. Tambahan belajar ini bisa melalui bimbingan belajar online.

Berdasarkan survei yang ada pasar untuk Bimbel Online selalu naik dalam kurun waktu yang sangat pendek.

Jika anda mempunyai bakat untuk menjadi guru atau ahli pada bidang mata pelajaran tertentu anda bisa mencoba bisnis ini. Sekiranya anda bisa mendapatkan income yang lumayan besar.

Beberapa peluang bisnis yang bisa anda capai sudah dijelaskan tentunya sebagai pelaku bisnis cerdas dan cermat anda memerlukan yang namanya sebuah analisis dalam bisnis yang anda akan jalankan. Jadi untuk anda tetap berada di artikel kali ini ya!

Pengertian Analisis Bisnis

Poin pertama adalah : Apa yang dimaksud dengan Bussiness Analysis? Terdapat dua kata yaitu analisis dan bisnis.

Kita akan bedah satu persatu apa itu kata analisis. Menurut Komarrudin (2001) beliau mengatakan bahwa analisis adalah kegiatan dalam berpikir untuk menguraikan suatu keseluruhan untuk menjadi sebuah komponen sehingga kegiatan itu mampu mengenal tanda-tanda dari komponen yang ada, hubungannya dengan yang lain serta fungsi keseluruhannya.

Namun Harahap (2004) memiliki pendapat yang berbeda juga tentang analisis.

Analisis merupakan upaya dalam memecahkan atau menguraikan sebuah unit menjadi unit terkecil, ini dia jelaskan berdasarkan pengamatan yang ada.

Ahli Robert J. Schreiter (1991) mengatakan bahwa analisa atau analisis adalah sebuah kegiatan membaca teks dengan menempatkan tanda-tanda dalam interaksi secara dinamis.

Dari beberapa pendapat menurut sang ahli, secara umum  pengertian analisis merupakan kemampuan untuk memecahkan atau menguraikan dari materi atau informasi menjadi sebuah komponen yang kecil agar mudah untuk dipahami.

Pengertian analisis lainya merupakan kegiatan untuk berfikir dalam menguraikan suatu pokok menjadi bagian ataupun komponen.

Lalu apa arti kata bisnis?

Tentunya anda sering mendengar kata bisnis di kehidupan sehari-hari anda. Tidak jarang generasi milenials mempunyai banyak peluang untuk mendalami dunia bisnis.

Tentunya anda termasuk orang yang bisa sekali untuk menekuni bisnis. Beberapa ahli mempunyai pendapat tentang Apa Itu Bisnis.

Grififin & Ebert (2007) mengatakan bahwa bisnis merupakan organisasi yang menyediakan barang maupun jasa yang bertujuan untuk mendapatkan laba.

Berbeda dengan ahli Prof Owen bahwa bisnis adalah sebuah departemen atau perusahaan yang mempunyai hubungan dengan produksi serta distribusi barang yang akan kita jual dalam pasaran ataupun memberikan harga di setiap jasa yang ada.

Dari beberapa ahli yang disebutkan pada intinya Bisnis merupakan kegiatan yang dilakukan oleh manusia baik individu maupun tim dalam sebuah perusahaan atau organisasi yang didalamnya mempunyai sebuah aktivitas dari pra-produksi, produksi hingga pasca produksi.

Bisnis ini juga melibatkan dalam penjualan serta pembelian dengan mempunyai tujuan untuk memperoleh sebuah laba atau keuntungan.

Ketika anda sudah mengetahui masing-masing definisi dari analisis dan bisnis terlintas di fikiran anda apa itu pengertian sebuah analisis bisnis.

Secara singkat Pengertian Analisis Bisnis adalah sebuah proses dalam melakukan sebuah evaluasi. Jadi dari bisnis yang anda pilih dan kembangkan apakah bisnis yang anda jalankan saat ini mempunyai resiko atau bisa bertahan dengan mengetahui prospek dari bisnis tersebut.

Tujuan dari analisis bisnis ini tidak jauh dari permasalahan data. Sebuah perusahaan atau organisasi memerlukan data yang lengkap serta akurat bukan?

Jika data yang diperlukan sudah lengkap dan akurat maka anda juga akan mudah dalam pengambilan keputusann.

Komponen-komponen Analisis Bisnis

Pada poin ke dua ini adalah tentang komponen analisis bisnis. Sebuah analisis bisnis memiliki ruang lingkup yang luas. Adapun beberapa komponen-komponen yang anda harus ketahui diantaranya sebagai berikut :

1. Analisis Pada Lingkungan dan Strategi

Pada komponen ini merupakan first step atau langkah pertama dalam merencanakan bisnis. Dalam pratiknya komponen ini mampu mempengaruhi profitabilitas pada perusahaan anda.

Darimana anda bisa memperoleh komponen ini? Tentunya analisis kali ini bisa anda peroleh dari sebuah jurnal industri, berita keungan, website atau media promosi lainya yang bisa anda ketahui.

2. Komponen Analisis Keuangan

Apa fungsi dari komponen ini?

Analisis keuangan ini mempunyai fungsi untuk menganalisis posisi anda dan kinerja anda dalam keuangan perusahaan yang berada di masa sekarang atau masa depan.

Bisa anda pahami terdapat 3 hal yang masuk dalam analisis keuangan diantaranya sebagai berikut :

  • Analisis Profitbilitas
  • Analisis Resiko
  • Dan Analisis sumber dan penggunaan dana

3. Komponen Analisis Akuntasi

Singkatnya analisis keuangan yaitu sebuah proses evaluasi tentang sejauh apa akuntasi dalam perusahaan anda.

Pada komponen ini perusahaan anda meliputi evaluasi tentang kualitas laba yang bisa anda peroleh secara luas.

4. Komponen Analisis Prospektif

Maksud dari komponen ini adalah jadi analisis ini bisa dikatakan peramalan atau mengirakan tentang hasil yang bisa dicapai pada masa depan perusahaan anda.

Tentang arus kas ataupun laba perusahaan anda. Analisis ini disusun dari data analisis akuntasi, keuangan hingga analisis lingkungan dan strategi.

5. Penilaian Komponen Terakhir

Komponen penilaian adalah proses analisis bisnis dalam mengubah ramalan hasil perusahaan pada masa depan.

Manfaat Analisis Bisnis

Berdasarkan sumber yang ada banyak ternyata perusahaan yang ternyata belum melakukan analisis bisnis data yang sudah dimiliki, kalau dilihat ternyata hal tersebut mempunyai potensi keuntungan untuk perusahaan atau organisasi yang anda kembangkan.

Setiap apa yang sudah diciptakan oleh manusia dan tuhan tentunya bermanfaat. Nah, Apa Manfaat dari sbeuah analisis bisnis ini?

  • Pertama : Menekan Anggaran. Jika perusahaan anda terbilang masih kecil analisis bisnis mempunyai manfaat untuk mengoptimalakan pengeluaran dan membantu perusahaan menjadi lebih baik. Kuncinya anda harus memahami pelanggan, perusahaan yang baik adalah ia yang mampu meng-handle kebutuhan pelanggan bersaing sehat dengan kompetitor serta menghasilkan ide dan produk yang inovatif.
  • Kedua : Pengambilan Keputusan. Menurut suvei banyak perusahaan yang belum paham tentang anggaran pemasaran yang ada. Adanya analisis bisnis ini mampu meprediksi tren serta produk apa yang sangat digemari. Dalam pengambilan keputusan ini tentunya akan lebih akurat dan efesiensi.
  • Ketiga : Mengukur Pencapaian. Analisis bisnis ini mampu membantu anda dalam mengukur pencapaian apa saja yang sudah dicapai oleh perusahaan anda.
  • Keempat : Paham Terhadap Situasi. Analisis bisnis mampu memahami situasi yang terjadi mulai dari perubahan data, tren hingga pergerseran pasar dan perilaku dari konsumen.
  • Kelima : Setidaknya pada jaman yang canggih ini para pebisnis sudah mampu mengumpulkan data dengan mudah dan cepat. Adanya analisis bisnis data yang anda dapatkan bisa dilakukan secara real-time , cepat , hingga hemat.

Contoh Analisis Bisnis

Pernah mendengar analisa SWOT? Metode perencanaan strategis ini seringkali pebisnis lakuka dalam evaluasi kelayakan usahanya. Mari simak penjelasan berikut lebih lanjut!

SWOT adalah Strenght, Weakness, Opportunities, Threats.  Strenght merupakan kekuatan dalam organisasi yang anda kembangkan.

Weakness merupakan kelemahan apa saja yang ada dalam perusahaan anda. Opportunities merupakan peluang pada perusahaan yang sedang anda kembangkan dimasa depan.

Threats merupakan tantangan atau ancaman apa saja yang ada dalam perusahaan anda yang bisa menghambat perusahaan anda berkembang.

Analisa SWOT ini sangat berguna untuk anda lakukan saat merintis sebuah perusahaan ataupun bisnis.

Terimakasih untuk anda yang sudah membaca sampai akhir. Semoga apa yang ditulis hari ini bisa bermanfaat untuk anda. Jangan lupa untuk share artikel ini sebanyak-banyaknya jika anda mempunyai topik untuk didiskusikan silahkan ketik lewat kolom komentar.

Tinggalkan komentar