Bagaimana Cara Mengobati Kucing Diare?

Diposting pada

Kucing termasuk salah satu jenis hewan yang mudah terserang terkena penyakit. Salah satu penyakit yang sering menyerang kucing si hewan peliharaan yang lucu danimut ini adalah pada proses pencernaannya.

Bagaimana Cara Mengobati Kucing Diare
Bagaimana Cara Mengobati Kucing Diare

Kebanyakan penyakit pencernaan yang sering diderita oleh kucing adalah mencret atau diare.

Bahkan jika diarenya sudah parah, maka kucing akan merasa begitu lemah, muntah – muntah, kemudian mengeluarkan darah saat mencret atau diare.

Apabila kotoran kucing yang biasanya berbentuk padat, maka pada saat kucing mengalami mencret atau diare maka kotoran kucing ini akan encer.

Baca Juga : Cara Mengobati Bengkak Pada Puting Kucing

Penyebab Kucing Mencret atau Diare

Terdapat banyak penyebab kucing diare dari faktor makanan, minuman maupun kondisi lingkungan, Berikut penjelasannya :

1. Faktor Makanan

  • Menggonta ganti makanan

Dengan sering menggonta – ganti jenis makanan kucing maka akan mejadi pemicu terjadinya diare pada kucing, terlebih lagi jika makanan yang diberikan itu adalah makanan sisa.

Kucing adalah salah satu jenis hewan yang memiliki saluran pencernaan yang sangat sensitif.

Oleh sebab itu usahakan sebisa mungkin jangan pernah menggonta – ganti jenis makanan yang diberikan pada kucing peliharaan dan selalu berikan makanan yang higiene.

  • Memakan makanan busuk atau sisa

Kita tidak selamanya bisa mengawasi kucing peliharaan, terkadang tanpa kita sadari ia berkeliaran keluar rumah dan memakan makanan bekas yang telah dibuang.

Kucing juga akan memakan makanan sisa apabila yang memelihara membiarkan hewan tersebut mengalami kelaparan.

Apabila hal ini terjadi maka bisa saja kucing akan mengalami masalah salah satunya terkena diare dan lebih parahnya bisa menyebabkan keracunan.

  • Alergi makanan

Perlu diingat bahwa sistem pencernaan pada kucing terbilang sangat sensitif, sehingga kita tidak bole memberikan makanan yang sembarangan.

Tentunya bila hal ini terjadi akan menyebabkan kucing alergi makanan dan berakibat pada kucing diare.

Khusus untuk hewan kucing alergi bisa saja terjadi apabila kucing diberikan makanan yang sama secara terus menerus dalam waktu yang lama.

Kebanyakan kasus seperti ini apabila tanpa penangan khusus maka akan menyebabkan diare kronis.

2. Faktor Minuman

  • Tidak higenis

Selain karena faktor makanan, minuman juga mejadi penyebab kucing mengalami mencret atau diare.

Dengan semakin banyaknya kucing meminum minuman yang tidak higiene meskipun pemilik kucing tidak mengetahui apakah diluar sana kucing meminum minuman yang tidak bersih maka hal ini bisa menyebabkan terjadinya mencret pada si kucing.

Jadi jangan sembarangan dalam memberi atau memilih minuman untuk kucing. Begitu juga untuk produk susu kucing juga harus dipilih – pilih, hal ini disebabkan kucing agak susah dalam mencerna laktosa.

  • Susu

Minuman susu merupakan salah satu yang bisa mneyebabkan diare pada kucing. Sebagian besar susu memiliki kandungan berupa laktosa, terutama susu yang dibuat khusus manusia.

Perlu diketahui bahwa hewan kucing tidak memliki enzim yang mampu memecah laktosa tersebut, hal ini tentunya akan memiliki resiko yang besar mengalami diare dan muntah.

3. Iklim

Dengan iklim yang berganti – ganti akibatnya kondisi fisik kucing juga ikut berubah karena kucing mengalami stress sehingga sistem imunitas kucing menjadi menurun dan ini akan membuat kucing sangat gampang terkena diare atau mencret.

4. Stres

Stress juga menjadi pemicu kucing menderita diare.

Saat kucing berada dalam kondisi sedang stress, maka sangat rentan sekali bagi kucing terkena penyakit salah satunya mencret.

5. Virus atau Bakteri

Bakteri maupun virus berbahaya jika terus dibiarkan menyerang kucing adan dapat menyebabkan kucing terkena diare atau mencret yang berkepanjangan terus menerus. Salah satu bakterinya adalah Escherichia coli.

6. Radang pada usus

Penyakit panleukopenia atau yang biasa disebut dengan radang usus merupakan salah satu penyakit kucing yang berbahaya. Hal ini bisa terjadi pada kucing yang belum divaksin.

Apabila kucing terkena penyakit ini maka bisa menyebabkan anemia, muntah dan diare. Bila berlanjut dan tanpa ada penangan yang baik maka kucing bisa saja mengalami kematian.

7. Kerusakan pada ginjal kucing

Kerusakan ginjal terjadi karena pemberian air minum yang kurang terhadap kucing.

Kucing adalah hewan yang membutuhkan air yang cukup tinggi setiap harinya. Bila pemberian air tidak sesuai dnegan kebutuhannya  dan makanan yang diberikan dalam bentuk kering maka bis amenyebabkan penyakit pada kucing.

Cara Mengobati Kucing Diare

Apabila kucing anda diare, berikut beberapa Cara mengobati kucing diare terbukti manjur.

1. Yogurt (diberikan hanya saat kucing mengalami mencret)

Cobalah beri kucing peliharaan yogurt. Kenapa mesti yogurt?

Ya, karena dalam yogurt tergantung bakteri yang baik yaitu jenis bakteri Lactobacillus yang termasuk kategori non patagen.

Cukup berikan 1 – 2 sendok teh saja per harinya pada kucing. Selain itu menurut ahli kesehatan, bakteri Lactobacillus yang ada pada yogurt ini baik untuk usus dan membantu pencernaan dalam tubuh kucing.

2. Berikan oralit khusus hewan

Oralit khusus hewan dapat dibeli pada pet shop terdekat. Sebaiknya sebelum memutuskan untuk membelikan kucing oralit.

Alangkah baiknya terlebih dahulu untuk bertanya kepada penjual sehingga nanti didapatkan rekomendari obat yang bagus untuk diberikan pada kucing peliharaan yang sedang mengalai diare atau mencret.

3. Multivitamin

Selain memberikan oralit untuk membantu menghilangkan diare pada kucing, pemberian multivitamin sebenarnya juga akan bisa membantu.

Multivitamin khusus untuk kucing ini juga banyak dijual pada pet shop terdekat.

4. Pemberian obat cacing

Selain memberikan oralit dan juga multivitamin pada kucing, jangan lupa untuk memberikan obat cacing pada kucing.

Cacing bisa menjadi penyebab terjadinya diare pada kucing, oleh karena itu berikan obat cacing pada kucing sesuai dosis yang dianjurkan, lebih baik konsultasikan terlebih dahulu pada dokter hewan khususnya.

5. Tempe

Berdasarkan pengalaman pecinta kucing sebelumnya, pemberian tempe ternyata bisa mengobati penyakit diare pada kucing.

Belilah tempe yang mentah direbus agar kandungan nutrisinya tidak banyak berkurang.

6. Mengganti menu makan

Salah satu penyebab kucing diare adalah karena kucing mengalami intoleransi pada makanan, maka alangkah baiknya mengganti jenis makanan dari yang sebelumnya.

Berilah makanan baru secara bertahap agar kucing mulai menyukai makanan tersebut.

Namun, jika mencret pada kucing tetap berlanjut segera bawa dan konsultasikan pada dokter hewan terdekat agar kucing segera mendapatkan penanganan yang tepat.

Demikianlah yang bisa saya sampaikan mengenai Bagaimana Cara Mengobati Kucing Diare?. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Cara Membedakan Kucing Persia Palsu dan Asli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *