9 Jenis Burung Pipit Yang Harus Anda Tahu

Diposting pada

Tahukah Anda mengenai Jenis Burung Pipit? Nama burung pipit rasanya sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Burung kecil pemakan biji-bijian ini tersebar hampir di seluruh wilayah nusantara. Jumlahnya pun masih sangat banyak dan mudah ditemui.

9 Jenis Burung Pipit Yang Harus Anda Tahu
9 Jenis Burung Pipit Yang Harus Anda Tahu

Burung yang punya wajah lucu dengan paruh pendek ini banyak digemari oleh pecinta burung. Banyak yang sengaja memelihara atau bahkan membudidayakan burung pipit karena pasarnya yang bagus.

Di samping itu, burung pipit juga sangat dibenci, terutama bagi petani. Burung ini dianggap sebagi hama yang harus dibasmi karena bisa menggagalkan panen.

Yang menarik lagi burung pipit juga punya mitos yang masih banyak dipercaya di beberapa daerah di Indonesia. Konon, burung pipit adalah burung pemberi kabar.

Jika burung pipit hinggap di sebelah kanan rumah, maka akan ada kabar baik bagi pemilik rumah. Sementara jika hinggap di sebelah kiri rumah maka itu adalah pertanda akan ada kabar buruk.

Baca Juga : Cara Membedakan Burung Pipit Jantan dan Betina

Jenis Burung Pipit

Burung pipit memiliki banyak jenis yang tersebar di berbagai belahan dunia dan jumlahnya diperkirakan ada puluhan.

Di Indonesia ada beberapa jenis burung pipit yang sangat populer dan banyak digemari. Jenis-jenis burung pipit tersebut antara lain adalah:

1. Zebra Finch

Memiliki nama ilmiah Taeniopygia guttata, burung pipit jenis zebra finch tersebar hampir si seluruh Negara beriklim tropis. Di wilayah Asia sendiri burung ini dapat ditemukan di Indonesia Timor Leste hingga Australia.

Jenis Zebra finch banyak digemari oleh pecinta burung dari berbagai belahan dunia karena memiliki corak bulu yang cantik dan unik.

Jenis ini merupakan burung dimorfik, yang artinya adalah bahwa burung kelamin jantan dan betina memiliki warna bulu yang berbeda.

2. Gold Amadin

Jenis yang kedua ini menjadi salah satu yang paling banyak dicari di Indonesia. Burung pipit jenis gold amadin ini berasal dari Australia dan pertama kali ditemukan oleh seorang ilmuan bernama John Gould.

Alasan burung pipit gold amadin banyak digemari adalah karena corak pada warna bulunya yang penuh warna yang variatif dan cerah. Satu ekor burung pipit jenis gold amadin bisa memiliki hingga delapan warna yang berbeda di tubuhnya.

3. Society Finch

Di Indonesia jenis ini lebih dikenal dengan sebutan emprit jepang. Burung pipit society finch memiliki latar belakang yang menarik.

Ia tidak ditemukan di alam liar, karena merupakan hasil dari persilangan dua jenis yang berbeda yaitu Sharp tailed munia dan striated munia.

Fakta menarik lainnya adalah bahwa emprit jepang ini banyak dipelihara karena bisa menjadi baby sitter atau pengasuh untuk anakan jenis burung pipit yang lain. Jenis  yang paling sering dierami adalah anakan gold amadin.

4. Strawberry Finch

Sama seperti gold amadin, jenis yang satu ini juga memiliki penggemar yang banyak di Indonesia. Sesuai namanya, burung ini memiliki ciri-ciri warna bulunya yang seperti stroberi, yaitu merah dengan bintik-bintik kecil berwarna putih.

Di Indonesia, burung pipit strawberyy finch sering dipanggil dengan nama pipit benggala atau emprit geni. Geni sendiri merupakan bahasa jawa yang artinya adalah api. Mungkin karena warna bulunya yang merah menyala seperti api.

Di pasaran burung ini dibanderol dengan harga bervariasi mulai dari 100 ribu hingga 500 ribu rupiah.

5. Owl Finch

Penamaam owl finch dilatarbelakangi dari corak bulunya yang menyerupai owl atau burung hantu. Meski nama populernya adalah owl finch namun sebenarnya jenis ini nama resminya adalah double barred finch.

Burung ini tersebar di wilayah Australia bagian utara dan timur. Habitatnya berada di padang sabana, hutan tropis dan wilayah pertanian.

6. Bondol Hijau Binglis

Memiliki nama ilimiah Erythrura prasina, burung pipit jenis bondol hijau binglis ini banyak penggemarnya karena memiliki corak bulu yang cantik.

Burung ini memiliki tiga warna di tubuhnya dimana warna hijau pada tubuh bagian atas, warna kuning pada bagian bawah, dan warna merah pada bagian perut.

Karena kecantikannya ini bondol hjiau bingis banyak dikawin silangkan dengan jenis burung pipit lainnya

7. Gelatik Jawa

Burung pipit jenis gelatik ini banyak tersebar liar di wilayah pulau jawa dan bali. Burung ini merupakan burung endemik dari pulau jawa, maka dari itu burung ini banyak penggemarnya dari benua Eropa karena menarik untuk dipelihara.

Bahkan di Eropa jenis gelatik jawa ini menjadi yang paling wajib untuk dipelihara untuk para penggemar. Saat ini banyak mutasi baru yang dihasilkan dari para breeder di Eropa.

8. Bondol Haji

Bernama ilmiah Lonchura Maja burung ini meningkat kepopulerannya setelah dinobatkan menjadi juara pada acara Indonesia Bird Con pada tahun 2019.

Mempunyai warna bulu kombinasi coklat dan putih, burung pipit bondol haji tersebar di pulau Sumatera, Jawa, Bali dan Semenanjung Malaya.

9. Bondol Oto Hitam

Jenis ini memiliki ciri khas pada lehernya yang berwarna hitam. Tampilannnya lumayan mirip dengan pipit bondol haji dengan warna dominan coklat dan putih.

Burung ini banyak juga penggemarnya dan sangat direkomendasikan dipelihara oleh pemula karena harganya yang murah meriah di pasaran.

Baca Juga : Cara Ternak Burung Emprit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *