Syarat Tumbuh Tanaman Selada

Diposting pada

Selada yang memiliki nama ilmiah Lactuca sativa ini merupakan tumbuhan sayur yang biasanya ditanam di daerah yang memiliki iklim sedang ataupun daerah dengan iklim tropika.

Syarat Tumbuh Tanaman Selada
Syarat Tumbuh Tanaman Selada

Selada biasa digunakan sebagai salad. Di dunia, produksi selada diperkirakan mencapai sekitar 3 juta ton yang ditanaman di lebih dari 300.000 hektar lahan.

Untuk menanam selada tidaklah sulit sebab selada merupakan sayuran yang mudah ditanam. Tampilan daun selada yang cukup menarik terkadang membuat selera makan kita meningkat.

Hal itulah yang membuat daun selada banyak digunakan sebagai salah satu sayuran pelengkap untuk banyak macam masakan seperti gado-gado, burger, rujak cingur, kebab, dan lain-lain.

Selada memiliki sumber vitamin A dan vitamin K yang sangat tinggi. Selain itu, selada juga memiliki berbagai kandungan nutrisi penting lainnya seperti zat besi, kalsium, folat, serta serat. Tidak heran mengapa tanaman ini memilki banyak sekali manfaat yang menyehatkan.

Salah satunya adalah dapat menjaga kesehatan jantung. Kandungan vitamin A yang tinggi juga dapat menjaga kesehatan mata kita.

Selain itu selada juga bisa merawat kecantikan kulit. Kandungan vitamin A dan C serta kandungan air yang tinggi membuat selada bisa menjaga kelembaban kulit secara alami sehingga kulit tidak kering dan berisisik.

Tanaman selada dikenal memiliki tiga jenis, yaitu jenis selada mentega, selada tutup, dan selada potong. Ketiga jenis ini tentunya memiliki keunggulan serta kelebihannya masing-masing. Warna tanaman selada pun ada yang berwarna merah atau hijau.

Tanaman ini mudah beradaptasi dan mudah untuk ditanaman selama media tanaman yang digunakan terus terjaga kelembabannya.

Jika kamu mempunyai cukup lahan, tidak ada salahnya mulai mencoba menanam salah satu jenis sayuran yang banyak digemari ini. Namun, untuk menanam selada tidak bisa dilakukan dengan sembarangan.

Baca Juga : Cara Budidaya Tanaman Selada

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar mendapatkan hasil tanaman selada yang baik. Nah, berikut adalah beberapa syarat tumbuh tanaman selada yang telah harus kamu ketahui.

Syarat Tumbuh Tanaman Selada

1. Iklim

Iklim yang cocok untuk menanam tanaman selada adalah iklim di daerah yang memiliki suhu rata-rata 15 hingga 20 derajat celcius.

Iklim yang terlalu panas akan membuat akarnya kering dan layu. Sebaiknya, tanamlah selada pada saat menjelang musim hujan.

2. Tanah

Tanaman selada dapat ditanam pada berbagai jenis tanah. Tetapi pertumbuhan selada yang baik akan didapatkan jika selada ditanam pada tanah liat berpasir yang mengandung cukup bahan organik, tanah yang gembur, remah serta tidak mudah tergenang air.

Selada juga dapat tumbuh dengan baik pada tanah yang memiliki pH 6,0 hingga 6,8. Jika pH tanahnya terlalu rendah, maka perlu untuk dilakukan pengapuran.

3. Intensitas Cahaya

Faktor cahaya adalah salah satu faktor yang memiliki peran penting dalam pertumbuhan tanaman selada. Selada memerlukan cahaya matahari yang penuh.

Semakin banyak cahaya yang diterima, maka semakin mudah pula tanaman selada melakukan proses fotosintesis. Jadi, jangan menanam selada pada tempat yang berbayang, ya.

4. Ketinggian Tempat

Ketinggian tempat yang ideal untuk menanam selada adalah pada daerah yang berada di ketinggian 500 hingga 2000 meter di atas permukaan laut.

Sebenarnya tanaman selada juga dapat tumbuh di daerah yang rendah, namun krop yang akan terbentuk nantinya kurang baik. Namun hal itu masih bisa disiasati dengan terus menjaga kelembaban tanahnya tetap terjaga.

Baca Juga : Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Selada Keriting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *