Syarat Tumbuh Tanaman Pisang

Diposting pada

Mengkonsumsi buah secara rutin setiap hari dapat memberikan manfaat yang baik bagi tubuh. Kandungan gizi yang besar pada buah dapat membuat tubuh menjadi sehat dan bugar. Salah satu buah yang baik untuk dikonsumsi setiap hari adalah buah pisang.

Syarat Tumbuh Tanaman Pisang
Syarat Tumbuh Tanaman Pisang

Buah pisang adalah buah yang memiliki banyak kandungan vitamin, kalsium protein, lemak, mineral, ataupun zat besi. Pisang juga memiliki kandungan asam triptophan yang tinggi yang berfungsi untuk meredakan gejala stres. Buah pisang banyak sekali digemari karena selain faktor manfaatnya yang banyak, harganya pun juga terjangkau.

Pisang sebenarnya adalah nama umum yang diberikan untuk tumbuhan tema raksasa yang memiliki daun besar dan memanjang.

Buahnya tersusun dalam tandan dengan kelompok-kelompok tersusun yang menjadi biasanya disebut sisir. Pada umumnya ketika telah matang, buah pisang akan berubah warna menjadi kuning.

Di Indonesia, tanaman yang memiliki nama ilmiah Musa ini memiliki banyak sekali keanekaragaman. Setidaknya, ada 10 jenis varietas unggulan yang banyak terdapat di pasar-pasar di Indonesia, diantaranya adalah jenis pisang ambon, pisang kepok, pisang mas, pisang raja, pisang nangka, pisang tanduk, dan lain-lain.

Banyaknya varietas pisang yang tumbuh di Indonesia ini salah satunya disebabkan karena pisang sangat menyukai iklim tropis panas dan lembab.

Untuk budidaya tanaman pisang sebenarnya sangatlah mudah, sebab tanaman ini dapat tumbuh sepanjang tahun. Namun, tetap ada hal-hal yang harus kamu perhatikan dalam menanam pisang.

Apalagi jika kamu ingin membudidayakan pisang dalam jumlah yang banyak. Nah, berikut adalah ulasan mengenai syarat tumbuh tanaman pisang.

Syarat Tumbuh Tanaman Pisang

1. Iklim

Pisang akan tumbuh dengan optimal pada daerah yang memiliki iklim tropis basah, lembab, dan juga panas. Asia Tenggara yang merupakan habitat asli pisang sangat cocok dengan iklim ini.

Meski begitu, tanaman pisang juga bisa tumbuh dengan baik di daerah yang memiliki iklim subtropis dan minim air.

Ini dikarenakan tanaman bisa masih bisa mendapatkan air dari batangnya yang memang mengandung banyak air. Tetapi, hasil buah pisangnya tentu tidak sebaik dengan pisang yang ditaman pada iklim yang ideal.

2. Curah Hujan

Syarat Tumbuh Tanaman Pisang selanjutnya adalah curah hujan. Agar mendapatkan hasil yang panen dengan optimal, curah hujan yang ideal untuk menanam pisang sebaiknya berkisar diantara 1.500 hingga 3.800 mm per tahun dengan dua bulan kering.

Atau bisa juga berkisar antara 2.000 hingga 2.500 mm per tahun dengan curah hujan minimal mencapai 100 mm per bulannya. Jika pada saat musim panas, tanaman pisang akan membutuhkan tambahan pengairan.

Namun jika sedang musim hujan, maka harus diimbangi dengan penyerapan ketinggian air tanah agar tanaman pisang tidak tergenang.

3. Suhu

Suhu yang baik untuk menanam pisang berada diantara 15 hingga 35 derajat celcius. Dan suhu yang optimal jika kamu ingin mendapatkan hasil panen yang maksimal sebaiknya berada diantara 25 hingga 38 derajat celcius.

4. Media Tanam

Tanaman pisang dikenal membutuhkan banyak nutrisi. Karena itu, sebaiknya menanam pisang pada tanah yang berhumus serta dapat ditambahkan pemupukan.

Air yang terletak di media tanam tidak boleh sampai menggenang dan juga tidak boleh kekurangan. Maka sebaiknya tanah untuk menanam pisang adalah tanah yang mudah menyerap air. Tanaman pisang juga tidak dapat hidup pada tanah yang memiliki kandungan garam sebesar 0,07 persen.

5. Ketinggian Tempat

Pisang dikenal dengan tanaman yang dapat dengan mudah tumbuh dimana saja. Tetapi jika kamu ingin membudidayakan pisang, sebaiknya tanamlah pisang pada ketinggian yang tidak lebih dari 1.600 meter di atas permukaan laut.

Ada juga pisang yang dapat tumbuh baik pada ketinggian di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut, diantaranya adalah pisang ambon, pisang nangka, dan pisang tanduk.

Demikianlah yang bisa saya utarakan melalui tulisan ini mengenai Syarat Tumbuh Tanaman Pisang. Semoga bisa bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *