Mungkin banyak dari kita sering menemukan berbagai jenis gambar, poster, atau tulisan di berbagai tempat. Saat akan bekerja, melewati jalanan dan menemukan gambar atau tulisan, saat jalan-jalan di mall menemukan berbagai jenis tulisan bergambar berisi ajakan atau seruan tentang potongan harga.
Tidak hanya di dua tempat tersebut, masih ada lagi berbagai tempat lainnya seperti pasar dan tempat umum lainnya.
Namun, apakah ada yang menyadari apa nama benda tersebut, sebuah kain, plastik, atau kertas dengan tulisan bergambar?
Setiap orang pasti akan memiliki pandangan atau definisi tersendiri tentang benda-benda tersebut. Kebanyakan orang mungkin menyebutnya sebagai banner, ada juga yang menyebutnya sebagai spanduk, poster, atau berbagai sebutan lainnya. Nah lalu, apa sebenarnya definisi banner itu sendiri?
Banner sejatinya adalah kata Bahasa Inggris yang bila diterjemahkan kedalam Bahasa Indonesia menjadi spanduk. Untuk lebih lengkapnya mari simak penjelasan tentang banner di bawah ini.
Pengertian Banner
Apa itu banner? Pengertian Banner adalah media informasi yang digunakan untuk berbagai tujuan seperti mempromosikan sebuah usaha, menyampaikan pengumuman, dan berbagai tujuan lainnya.
Banner biasanya terbuat dari sehelai kain, plastik, atau kertas yang dapat berupa tulisan dan gambar yang mengandung pesan tersendiri untuk disampaikan pada khalayak banyak.
Namun kini, dengan berkembangnya teknologi banner tidak hanya ditemukan di kehidupan nyata. Banner sering juga ditemukan di dunia maya melalui berbagai platform daring seperti website dan media sosial.
Dalam hal ini, banner bukan lagi berbentuk benda mati berupa kain, kertas, atau media nyata lainnya. Melainkan banner hanya berbentuk sebuah gambar dengan ukuran tertentu yang mengandung tulisan dan gambar dengan informasi tertentu.
Lalu, bagaimana pendapat para ahli tentang definisi dari banner itu sendiri? Mari simak beberapa pendapat ahli terkait pemaknaan dari banner berikut di bawah ini.
Pengertian Banner Menurut Ahli
Beberapa ahli serta pakar memiliki cara pandang yang berbeda terhadap banner. Simak ulasannya berikut di bawah ini.
1. Rachmat Kriyantono
Menurut Rachmat Kriyantono seorang ahli komunikasi dan dosen Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Brawijaya, pengertian banner adalah suatu bentuk komunikasi non-personal yang menyampaikan pesan menjual sebuah produk yang memungkinan semakin banyak konsumen membeli produk yang dijual dan membayar media yang digunakan.
2. Darmadi Durianto
Sejalan dengan Rachmat Kriyantono, seorang pengajar ekonomi serta politikus Darmadi Durianto mendefiniskan banner sebagai suatu proses komunikasi yang memiliki tujuan membujuk banyak orang untuk membeli dan menggunakan yang diiklankan dan menjadi sebuah promosi yang dapat meningkatkan daya beli orang-orang yang menginginkan produk yang diiklankan.
Terkait dengan kedua pernyataan diatas, banner tidak selamanya dapat membantu meningkatkan omset penjualan atau mempengaruhi daya beli konsumen atau calon konsumen terhadap suatu produk atau jasa.
Kualitas produk atau jasa serta desain dan bahasa pada banner juga berpengaruh pada tingkat penjualan sebuah produk atau jasa.
Visualisasi pada banner, dapat membantu atau bahkan sama sekali tidak berpengaruh dalam mempengaruhi konsumen untuk melakukan pembelian.
3. Berniyanti, et al
Sedikit berbeda dari dua pernyataan diatas, Berniyanti, et al mendefinisikan banner sebagai sebuah media yang digunakan untuk menyampaikan pesan tertentu secara efektif. Pesan tersebut dapat berkaitan dengan topik pendidikan, kesehatan, hingga perniagaan.
Pengertian Berdasarkan Kamus Besar
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) serta Wikipedia Bahasa Indonesia, kata banner tidak ditemukan.
Hal ini mengingat kata banner merupakan kata dari Bahasa Inggris yang jika diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia menjadi spanduk.
Berikut pengertian dari spanduk berdasarkan KBBI serta Wikipedia.
1. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)
Menurut KBBI, pengertian banner adalah kain rentang yang berisikan slogan, pesan, atau berita yang ingin disebarkan dan diketahui oleh publik.
2. Wikipedia
Menurut Wikipedia Bahasa Indonesia, pengertian banner adalah sebuah kain atau bendera yang panjang dan mengandung simbol, logo, atau pesan tertentu.
Fungsi Banner
Keberadaan banner tentu memiliki berbagai fungsi. Sebuah banner dibuat dengan fungsi-fungsi tertentu sehingga dapat mencapai tujuan utama dari pembuatan banner itu sendiri.
Banner dapat difungsikan sebagai media informasi, promosi, pengenal atau sebagai identitas, serta berbagai fungsi lainnya yang berkaitan dengan berbagai aktivitas perseorangan maupun kelompok.
Nah berikut di bawah ini adalah penjelasan dari fungsi banner.
1. Sarana Informasi
Salah satu fungsi utama dari sebuah banner adalah sebagai sarana informasi. Banner dibuat untuk menyampaikan informasi baik berupa pengumuman, maklumat, atau informasi tertentu lainnya kepada sebuah kelompok masyarakat maupun khalayak banyak.
Sebagai media informasi, banner sering ditemukan di berbagai tempat umum. Informasi ini bisa datang dari pemerintah, atau institusi tertentu yang memiliki kepentingan tertentu terhadap informasi yang disampaikan.
2. Sarana Promosi
Mungkin banner yang paling banyak kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari adalah banner promosi. Hampir sebagian besar banner dibuat untuk promosi dari sebuah produk maupun jasa.
Sebagai media promosi, banner sering kali kita temukan di berbagai tempat niaga. Mulai dari pasar traditional, modern (mall), toko, restoran, bahkan pedagang kaki lima, dan masih banyak tempat niaga lainnya.
Banner dipandang sebagai salah satu komponen penting untuk menyampaikan informasi promosi dari sebuah produk atau jasa bagi pelaku usaha.
Terlebih saat ini pada zaman yang serba canggih, banner kian ramai ditemukan tidak hanya berbentu media cetak (kain, kertas, atau plastik) melainkan juga media lain seperti neon box, LCD, videotron, dan lain sebagainya.
3. Identitas atau Ciri Khas
Pada kondisi tertentu, banner difungsikan sebagai identitas atau ciri khas dari sebuah kelompok, institusi, maupun organisasi.
Banner berisikan informasi yang merupakan identitas atau ciri khas dari sebuah kelompok atau kumpulan masyarakat tersebut.
Hal ini digunakan sebagai bentuk branding dari sebuah kelompok. Dimana kemudian dapat sekaligus menjadi bentuk informasi dan promosi.
Pada platform daring, website atau media daring lainnya, banner difungsikan sebagai identitas untuk membuat sebuah personal branding yang mana mampu manaikan popularitas serta awareness publik terhadap sebuah identitas brand tertentu.
4. Fungsi Lain (Dekorasi, Penanda Arah, Menambah Daya Tarik)
Selain sebagai media informasi, promosi, serta penguat identitas, banner juga memiliki fungsi lainnya. Fungsi-fungsi tersebut antara lain adalah sebagai sarana dekorasi, penanda arah, maupun hanya difungsikan untuk menambah daya tarik semata.
Misalnya di sebuah acara pernikahan, banner dibuat sebagai penanda atau penunjuk arah yang dibuat dengan kreasi yang unik dan menarik.
Dalam hal ini banner dapat mencakup berbagai fungsi sekaligus, sebagai penanda arah (fungsi utama), sebagai bagian dari dekorasi, dan tentunya menambah daya tarik tersendiri bagi para tamu undangan yang datang ke acara tersebut. Sungguh menarik bukan?
Jenis Banner
Nah, bila diatas sudah dijelaskan tentang pengertian serta fungsi dari banner, berikut mari simak penjelasan tentang jenis-jenis banner yang kita temukan dalam kehidupan sehari-hari.
Banner tersebut pada umumnya terbagi menjadi berbagai jenis berdasarkan bentuk, ukuran, media, serta konten dari baner itu sendiri. Nah berikut ini penjelasan detail mengenai jenis-jenis banner.
1. Jenis Banner Berdasarkan Bentuk
- X-Banner
Seperti namanya X banner, banner ini merupakan sebuah banner kain atau media cetak lainnya yang dipajang dengan kerangka berbentuk huruf X.
X banner ini terbilang sangat ringan dan portable alias mudah dibawa kemana-mana. Jenis X banner banyak ditemukan diberbagai acara pameran, festival produk atau jasa, hingga pop-up market.
X Banner biasanya dipajang di depan stand pameran atau toko pop-up memiliki berbagai fungsi sekaligus, sebagai media informasi, promosi, hingga identitas sebuah brand tertentu. X banner biasanya berukuran 60 x 160 cm, 80 x 180 cm, dan 25 x 45 cm.
- Mini X Banner
Mini X banner ini merupakan versi kecil dari X banner. Pada umumnya ukuran mini X banner ini adalah lebar: 25 cm x tinggi: 40 cm.
Mini X banner ini dibuat untuk tujuan tertentu dengan mempertimbangkan fungsi serta penempatan banner itu sendiri. Ukuran lain dari banner ini adalah 25 x 45 cm, 25 x 40 cm dan 26 x 38 cm.
- Y Banner
Bila X banner dipasang dengan kerangka yang menyerupai huruf X, begitu pula dengan Y banner. Y banner adalah sebuah banner yang dipasang dengan kerangka yang menyerupai huruf Y.
Bisa dibilang kedua banner ini adalah kakak beradik. Banner ini biasanya berukuran 60 x 160 cm, atau 80 x 180 cm.
- Roll Up Banner
Berbeda dengan beberapa banner diatas, roll up banner terbilang banner portable yang paling praktis. Berbentuk gulungan, banner ini disangga dengan satu tiang dan dikendalikan oleh aluminium sebagi pegangan rollnya.
Sungguh praktis dan sangat mudah dibawa kemana-mana. Roll up banner biasanya berukuran 60 x 160 cm, 80 x 200cm, 85 x 200 cm, 120 x 200 cm dan 150 x 200 cm.
2. Jenis Banner Berdasarkan Ukuran
Besar kecilnya sebuah banner dibuat menyesuaikan dengan fungsi dan tujuannya. Banner yang terlalu besar atau terlalu kecil juga dapat berpengaruh dalam kualitas penyampain informasi atau promosi pada khalayak banyak. Maka dari itu, sangat penting mengetahui ukuran yang tepat untuk banner dengan fungsi dan tujuan tertentu.
Nah di bawah ini adalah jenis banner yang dikelompokan berdasarkan ukurannya.
- 88 x 31 IMU/Pixel – Micro Bar
- 120 x 60 IMU/Pixel – Button 2
- 120 x 90 IMU/Pixel – Button 1
- 125 x 125 IMU/Pixel – Suara Button
- 180 x 150 IMU/Pixel – Rectangle
- 234 x 60 IMU/Pixel – Half Banner
- 240 x 400 IMU/Pixel – Vertical Rectangle
- 250 x 250 IMU/Pixel – Square Pop-up
- 300 x 250 IMU/Pixel – Medium Rectangle
- 336 x 280 IMU/Pixel – Large Rectangle
- 468 x 60 IMU/Pixel – Full Banner
- 728 x 90 IMU/Pixel – Leaderboard
3. Jenis Banner Berdasarkan Media Pembuatan
Kini dengan kemajuan teknologi, banner tidak hanya dibuat ke dalam media cetak. Demi efisiensi kini banner sudah dapat ditayangkan melalui platform daring. Berikut detail penjelasan jenis banner berdasarkan media pembuatan.
- Banner Cetak
Banner yang sering kita jumpai di kehidupan nyata dapat kita sebut sebagai banner cetak. Pengertian Banner cetak adalah banner yang dibuat atau didesain dengan menggunakan aplikasi tertentu misalnya Photoshop, Canva, dan lain sebagainya.
Kemudian desain tersebut dicetak ke dalam berbagai jenis media cetak seperti kain, plastik, atau kertas lalu dipasang di berbagai tempat menyesuiakan dengan fungsi dan tujuannya.
- Banner Online (Web dan Platform Daring)
Kemajuan teknologi memberikan berbagai kemudahan dan efisiensi. Banner online adalah salah satu contoh dari manfaat kemajuan teknologi di masa kini.
Banner yang selesai didesain dengan berbagai jenis aplikasi kemudian dapat ditayangkan di berbagai platform online baik itu website atau media sosial. Mudah, praktis, dan memungkinkan untuk menjangkau lebih banyak audiens.
Baik banner cetak maupun online, keduanya memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing.
Bijaksana dalam memilih media dengan mempertimbangkan fungsi banner adalah hal yang paling penting guna mencapai tujuan utama dari kampanye atau pembuatan sebuah banner itu sendiri.
4. Jenis Banner Berdasarkan Konten
Selain dibedakan berdasarkan bentuk, ukuran, media pembuatan, jenis-jenis banner juga dibedakan berdasarkan kontennya. Pada dasarnya ada banyak aspek konten yang dapat membedakan jenis banner itu sendiri.
Namun secara garis besar ada beberapa konten utama yang menjadi dasar dari banner dengan berbagai jenis konten yang kita temukan dalam kehidupan sehari-hari.
Berikut penjelasan jenis banner berdasarkan kontennya.
- Banner Pendidikan
Praktisi pendidikan baik guru, murid, dan komponen akademisi lainnya sering menggunakan banner dalam berbagai kegiatan pendidikan.
Kegiatan pendidikan seperti seminar, presentasi karya ilmiah, maupun pameran membutuhkan banner sebagai salah satu media untuk menyampaikan informasi ataupun identitas dari acara tersebut.
- Banner Politik
Kegiatan politik juga tidak terlepas dari penggunaan banner dengan berbagai ukuran dan juga berbagai bentuk. Bahkan banner dengan nuansa politik juga kini sangat mudah ditemukan diberbagai platfom daring misalnya media sosial.
Pada kehidupan sehari-hari, biasanya menjelang diadakannya pemilihan umum atau pemilihan daerah, banner dengan identitas partai atau tokoh politik sangat mudah ditemukan.
- Banner Niaga
Banner yang paling sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari bisa jadi adalah banner niaga. Bila pendidikan dan politik cukup spesifik, banner niaga bentuknya sangat banyak meski hanya mengiklankan produk dan jasa.
Banner niaga memiliki berbagai tujuan seperti meningkatkan perhatian (awareness) calon konsumen terhadap sebuah brand produk atau jasa, memberikan informasi produk atau jasa, media promosi atau iklan yang pada ujungnya bertujuan untuk meningkatkan penjualan dari sebuah produk atau jasa.
- Banner Kegiatan
Berbagai jenis kegiatan yang memerlukan partisipasi khalayak banyak juga tidak luput dari penggunaan banner sebagai media informasi dan promosi.
Penggunaan banner tersebut juga memiliki peran penting dalam kegiatan seminar, konferensi, pertemuan, konser musik, hingga festival.
Dalam hal ini banner sangat berperan sebagai media untuk menyampaikan informasi sekaligus sebagai sarana promosi yang menarik khalayak banyak untuk bergabung dan meramaikan sebuah kegiatan.
Tujuan Banner
Pembuatan banner tidak lepas dari tujuan awal dari sebuah kampanye atau penyampaian ide atau informasi pada khalayak banyak. Berikut ini adalah beberapa tujuan utama dari pembuatan sebuah banner.
1. Menyampaikan/Menonjolkan Informasi
Sebagai sarana informasi, banner berperan sangat penting dalam menyampaikan sebuah informasi baik berupa pengumuman, maklumat, atau peringatan dari sebuah institusi, organisasi, maupun kelompok masyarakat tertentu.
Selain itu sebagai sarana untuk menyampaikan informasi, banner pada platform online maupun offline dapat ditujukan untuk menonjolkan sebuah brand atau membuat sebuah branding pada produk atau jasa tertentu.
2. Mencari Dukungan Publik
Dalam hal-hal tertentu, banner juga dapat ditujukan sebagai sarana untuk mengaet dukungan publik.
Tidak hanya kebutuhan politik semata, namun dalam perkembangan digital marketing, untuk menciptakan personal branding, seseorang juga sering memanfaatkan pengunaan banner itu sendiri.
3. Menarik Perhatian Konsumen
Dalam kebutuhan perniagaan, menarik perhatian konsumen adalah salah satu tujuan dari pembuatan sebuah banner.
Produk atau jasa yang bagus, dipromosikan dengan banner yang unik dan menarik tentu akan mampu meningkatkan perhatian konsumen maupun calon konsumen dari sebuah produk atau jasa. Pada ujungnya keberhasilan ini dilihat dari hasil penjualan produk atau jasa tersebut.
4. Mengiklankan Usaha atau Bisnis
Belakangan kian banyak produk atau jasa yang tidak biasa kita temukan di masa sebelumnya. Contoh saja jasa cuci sepatu, jasa semir sepatu mungkin sangat terkenal di zaman dahulu, namun hal itu sudah jarang beberapa tahun belakangan.
Jasa cuci sepatu menjadi terkenal tidak lepas dari keberadaan banner yang tujuannya untuk memperkenalkan dan mengiklankan sebuah usaha atau bisnis yang baru yang mungkin belum ada sebelumnya.
Banner juga sudah barang tentu bisa menjadi media untuk mengiklankan produk atau jasa yang sudah umum diketahui masayarakat, ini kembali ke tujuan banner sebelumnya yaitu menarik perhatian konsumen.
Kualitas visualisasi (desain & bahasa) dari sebuah banner dalam menyampaikan informasi atau promosi, serta penempatan banner berpengaruh pada efektifitas penyampaian pesan kepada audiensnya.
Nah sekian pengertian, fungsi, jenis, serta tujuan banner. Semoga penjelasan diatas dapat menambah wawasan kita semua tentang apa itu banner serta keberadaannya dalam kehidupan sehari-hari.
Perkenalkan nama saya Rita Elfianis, Seorang tenaga pengajar di Universitas Islam Negeri Suska RIAU. Semoga artikel yang dibuat bermanfaat