Jenis dan Cara Pengendalian Hama dan Penyakit Buah Naga

Diposting pada

Jenis dan Cara Pengendalian Hama dan Penyakit Buah Naga – Dalam menaman buah satu ini memang dapat dinyatakan gampang – gampang susah. Hal ini karena jika anda sudah tahu kuncinya maka anda akan mampu memanenkan buah satu ini.

Jenis dan Cara Pengendalian Hama dan Penyakit Buah Naga
Jenis dan Cara Pengendalian Hama dan Penyakit Buah Naga

Beberapa penyakit dan hama sering kali menyerang tanaman ini sehingga membuat anda akan gagal panen.

Hama Buah Naga

Adapun beberapa hama pada tanaman buah naga diantaranya sebagai berikut :

  • Kutu Putih

Kutu ini dapat di tandai dengan adanya sisik pada buah. Adapun tanda lain seperti pada sulur yang tidak tersentuh cahaya matahari langsung.

Dampak pada kutu putih ini biasanya memiliki lapisan lilin yang memiliki warna putih pada buah naga. Selain itu kutu ini juga akan menggundang semut untuk menggagalkan panen buah naga. Semut ini akan memproteksi kutu putih yang menghancurkan buah naga.

  • Kutu Daun

Adanya sisik yang terletak pada kelopak bunga dan buah adalah salah satu tanda bahwa buah naga sudah terkena kutu daun.

Biasanya lama kelamaan akan menjadi kuning sehingga menyebabkan buah semakin mengecit dan kering serta menjadikan hama lain datang seperti semut. Hama ini dapat menular ke buah naga lainnya maka harus di basmi dengan cepat.

  • Semut

Semut juga salah satu hama bagi buah naga yang bekerja sama dengan kutu. Maka anda dapat membasminya dengan menggunakan obat anti semut atau dengan membuang sarang semut itu sendiri.  Semut ini dapat membuat buah yang anda tanam bewarna coklat  bahkan membusuk.

  • Belalang

Biasanya jenis belalang yang menyerang buah naga adalag belalang kayu.  Belalang ini sebenarnya tidak memiliki dampak separah smut dan kutu.

Tapi tetap saja belalang ini akan menurunkan harga jual buah naga karena akan berdampak warna cokla pada buah. Hewan ini hampir tidak nampak karena memiliki ukuran yang sangat kecil.

  • Tungau

Hama ini memiliki dampak dan bentuk seperti kutu karena ukurannya sama – sama kecil dan dapat berdampak bercak pada buah.

Buah naga yang sudah terserang hama satu ini akan memiliki warna bercak putih yang tidak teratur dan tidak rata. Hal ini akan berbeda dengan buah naga yang normal pada umumnya karena garis putih akan teratur.

  • Bekicot

Hama ini akan menyerang tunas buah naga. Meski hanya menyerang tunasnya namun tetap saja hama ini sangat berbahaya karena akan menghacurkan buah jika buah masih dalam usia kurang 1 tahun. Hama ini akan sering hadir saat musim hujan.

  • Burung

Burung bisa berpotensi menjadi hama buah naga karena dapat mematok sehingga menyebabkan buah menjadi berwarna kuning dan busuk.

  • Ayam

Ayam menjadi salah satu hama yang sangat suka memakan sagala hal. Anda bisa menggunakan pembungkus untuk membungkus buah naga agar terhindar dari pembusukan.

Penyakit Pada Buah Naga

Beberapa penyakit buah naga yang sering terjadi adalah sebagai berikut :

  • Karat Merah Alga

Penyakit ini biasanya di tandai dengang buah naga yang melepuh dan berubah menjadi karat kecoklatan.

  • Bercak Orange Sulur

Penyakit ini biasanya seperti bercak orange yang sudah tidak beraturan lagi dengan bagian lain di penuhi bintik hitam dan coklat.

  • Putih Sulur

Penyakit ini biasanya di tandai dengan buah menjadi putih merata dan bercaknya besar yang akan mengelupas nantinya berubah jadi coklat. Penyakit ini akan muncul sekitaran usia buah naga 5 tahun.

  • Kusam Putih Sulur

Penyakit ini di tandai dengan adanya warna hitam bintik – bintik. Jika di pegang akan terasa kasar dan terasa kering.

  • Busuk Lunak Batang

Penyakit ini menyerang batang sehingga akan membusuk dengan mengeluarkan cairan dan berbau tidak sedap. Biasanya penyakit ini di karenakan pengairan yang terlalu banyak.

  • Kuning Sulur

Penyakit ini menjadikan sulur berwarna kuning karena kekuranagan nitrogen. Anda bisa mencegahnya dengan menggunakan pupuk kandang.

  • Antraknosa Buah

Kulit buah akan berwarna hitam dan coklat dengan bercak – bercak yang lama – lama akan membesar dan menular kelainnya.

  • Bercak Orange buah

Biasanya kulit buah akan memiliki bercak yang berwarna orange menyerupai besi yang sudah karat jika mengalami penyakit ini. penyakit ini akan datang setelah serangan dari belalang.

  • Bintik Hitam pada Sulur

Jika anda melihat sekilas dampak dari penyakit ini adalah menimbulkan bercak hitam. Namun,  jika di amati lebih dalam lagi maka akan terdapat benjolan coklat yang memiliki pusat lubang pada permukaan sulur.  Anda bisa menggunakan mikroskop untuk melihat lebih jelas.

Hama dan penyakit ini dapat di hilangkan dengan di hilangkan sumbernya sejauh mungkin bisa dengan mengubur atau dengan membakarnya.

Hal ini di upayakan agar tidak menular ke buah lainnya. Namun, tetap saja alangkah lebih baik jika menceegahnya menggunakan pupuk kandang karena akan membuat buah naga semakin kuat dalam menerima hama.

Itulah beberapa hama dan penyakit buah naga yang sering terjadi. Maka dalam budidaya tanaman buah naga, anda lebih harus optimal dalam merawatnya.

Baca Juga : Morfologi dan Klasifikasi Tanaman Buah Naga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *