Morfologi dan Klasifikasi Tanaman Buah Naga

Diposting pada

Morfologi dan Klasifikasi Tanaman Buah Naga – Makanan yang sangat banyak disukai oleh banyak orang adalah buah naga.  Buah naga memiliki banyak manfaat salah satunya mineral di dalam buah naga dapat membuat kulit semakin kencang.

Morfologi dan Klasifikasi Tanaman Buah Naga
Morfologi dan Klasifikasi Tanaman Buah Naga

Anda bisa menggunakan buah naga sebagai masker wajah sehingga dapat membuat wajah anda segar. Kandungan mineral yang sangat banyak akan memberikan kesan segar jika di makan secara langsung tanpa di olah terlebih dahulu.

Buah naga merupakan buah yang sekarang ini sedang hits karena rasanya yang sangat enak dan manis.

Selain itu warnanya yang merah alami juga menjadi pewarna alami yang biasanya di jadikan sebagai salah satu daya tarik makanan.

Buah ini sebenarnya tumbuhan jenis kaktus yang mulanya berasal dari meksiko. Adapun buah ini memiliki klasifikasi sebagai berikut :

Klasifikasi Tanaman Buah Naga

  • Kingdom : Plantae
  • Divisi : Spermatophyta
  • Subdivisi : Angiospermae
  • Kelas : Dicotyledonae
  • Ordo : Cactales
  • Famili : Cactaceae
  • Genus : Hylocereus
  • Spesies : Hylocereus cistericensi, Hylocereus undarus, Hylocereus polyrhizus, selenicereus megalanthus

Syarat Tumbuh Tanaman Buah Naga

Setiap tumbuhan memiliki syarat tersendiri untuk tumbuh dan berkembang begitupun dengan buah naga. Adapun beberapa syarat tumbuhan buah naga adalah sebagai berikut :

  1. Tumbuhan buah naga harus di tanam dengan sebaik mungkin tepat di dataran rendah (sekitar ketiggian 20 hingga 500 mdpl)
  2. Memiliki tekstur tanah yang tepat untuk sarana budidaya buah naga yakni dengan ketentuan tanah harus gembur, porous dan terdapat kandungan organik yang cukup tinggi. Selain itu tanah juga harus memilik unsur hara yang lengkap sekitar Ph tanah 5 hingga 7.
  3. Ketersediaan air yang harus terpenuhi karena buah naga tidak akan tumbuh di tanah yang memiliki kekeringan yang tinggi. Namun juga akan membusuk jika terlalu banyak air.
  4. Buah naga harus di tanam di bawah sinar matahari yang cukup. Hal ini untuk membuat laju bunga semakin tinggi sehingga dapat berbuah.

Meski demikian anda tak menutup kemungkinan jika tanaman buah naga ini dapat mati karena beberapa hal yakni diantaranya :

  1. Cahaya matahari yang tidak cukup
  2. Pupuk yang salah
  3. Tidak memangkas tunas
  4. Air yang terlalu banyak
  5. Terlalu banyak hama dan penyakit tanaman buah naga
  6. Proses serbuk yang kurang sempurna

Morfologi Tanaman Buah Naga

Adapun beberapa morfologi tanaman buah naga adalah sebagai berikut :

1. Akar

Panjang akar buah naga sekitar 20 hingga 30 cm sedangkan kedalamannya 50 hingga 60 cm. akarnya berwarna coklat dan memiliki serabut – serabut akar. Dapat tumbuh dengan baik meskipun tanah dalam keadaan kering.

2. Batang

Buah naga memiliki bentuk segitiga yang berwarna hijau dan berduri. Duri pada batang ini memiliki warna hitam dan berbatang sekulen sehingga banyak mengandung air.

Batangnya ini juga memiliki cabang 6 hingga 10. Cabang percabangan ini memiliki warna yang sama yang didalamnya memiliki cadangan makanan.

Tumbuh dan kembang buah naga tergantung pada batangnya. Selain itu duri yang ada pada batang juga hingga 5 hingga 8 titik tumbuh.

3. Bunga

Buah naga memiliki bentuk bunga seperti tanaman buah nanas. Bunga ini terdapat sisik – sisik pada bagian mahkotanya.

Selain itu terdapat bunga pada tanaman buah naga memiliki bentuk menyerupai corong yang panjang hingga berukuran 30 cm kurang lebih.

Mahkota buah naga memiliki warna hijau dengan kelopak berwarna merah serta pada bagian dalamnya memiliki warna putih. Penyerbukan bunga buah naga di bantuk dengan energi angin dan binatang.

4. Buah

Bukan hanya bunganya, buahnya juga menyerupai nanas. Pasalnya permukaan kulit buah naga terdapat sisik – sisik merah dan juga memiliki daging yang menempel sesuai pada spesiesnya.

Di bagian pangkalnya inilah terdapat tempat untuk tumbuhnya buah. Di bagian batangpun akan tumbuh buah naga juga.

Adapun biji dari buah naga ini memiliki warna hitam dan sangat mengkilap dengan rata – rata besaran 400 hingga 800 gram setiap buahnya.

5. Biji

Biji dari buah naga ini memiliki bentuk kecil dan bulat. Selain itu biji buah naga memiliki warna hitam dengan tekstur yang pipih dan cukup keras.

Setiap buah naga memiliki biji sampai 1000 hingga lebih. Sebenarnya banyaknya biji ini sangat tergantung dari beberapa jenis varietas dan spesiesnya  karena ada beberapa yang memiliki biji banyak dan sedikit.

Jika anda ingin memiliki buah naga yang berbiji banyak maka anda bisa menggunakan penanaman dengan cara vegetatif. Namun, cara ini sangat butuh waktu yang cukup lama sekali.

Itulah beberapa klasifikasi dan morfologi buah naga yang harus kamu ketahui. Silahkan anda dapat mempelajarinya karena materi ini sangat bermanfaat untuk anda apalagi jika anda sangat menyukai budidaya.

Maka materi kali ini bisa menambah wawasan anda mengenai  budidaya tumbuhan buah naga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *