5 Daerah Penghasil Rotan Terbesar di Indonesia

Diposting pada

Tahukah Anda tentang Daerah Penghasil Rotan Terbesar di Indonesia? Berbicara seputar tumbuhan yang ada di Indonesia, maka terdapat ribuan dari jenis tumbuhan yang telah tumbuh serta juga tersebar nyaris berada di semua pulau.

5 Daerah Penghasil Rotan Terbesar di Indonesia
5 Daerah Penghasil Rotan Terbesar di Indonesia

Beberapa diantaranya mempunyai nilai jual yang amat tinggi, khususnya dari jenis tumbuhan kayu ā€“ kayuan seperti jati, mahoni, kayu merah, ulin, sengon dan lain sebagainya.

Ada satu jenis tumbuhan lain yang jua mempunyai nilai jual tinggi yaitu rotan.

Hampir mayoritas masyarakat di Indonesia telah tidak asing dengan tumbuhan satu ini sebab tanaman ini gampang untuk ditanam dan juga mempunyai daya tahan yang amat baik serta kuat.

Bahkan rotan sudah sangat banyak diekspor ke sejumlah negara dan Indonesia menjadi di antara negara pengekspor rotan terbesar di dunia mengungguli negara lain seperti Filipina, Malaysia dan negara Asia lainnya.

Baca Juga : Cara Budidaya Tanaman Rotan

Daerah Penghasil Rotan Terbesar di Indonesia

Berikut ini beberapa Daerah Penghasil Rotan Terbesar di Indonesia, yaitu:

1. Aceh, Sumatera

Di daerah Sumatera wilayah yang sangat familiar sebagai sebuah penghasil rotan terbesar yang ada di Indonesia berada di kota Aceh.

Ada sejumlah tempat di Aceh yang dijadikan sebagai pusat penghasil rotan yakni area Aceh bagian barat seperti Aceh Barat, Singkil, Nagan Raya, Subulussalam serta Aceh Barat Daya.

Penghasil rotan yang lainnya yaitu berada di Aceh Selatan, Aceh Timur, dan Pidie. Terdapat pula di Aceh Utara sampai dengan Aceh Tamiang.

Tidak heran jika memang Aceh turut berkontribusi sebesar 35% sebagai penyedia rotan untuk keperluan konsumsi dunia.

Kualitas serta juga bobot rotan yang berasal dari Aceh ini tidak perlu untuk Anda ragukan lagi. Hal ini mampu untuk diperlihatkan dengan cara berhasilnya rotan Aceh tersebut untuk menjebol pasar luar negeri.

2. Sumatera Utara

Rotan yang diketahui berasal daridaerah Sumatara Utara ini telah terkenal sebagai sebuah penghasil devisa yang lebih banyak jika dibandingkan dengan hasil hutan yang lainnya.

Tercatat di tahun 2008 ada sebanyak 660,95 ton dari rotan yang telah sukses diekspor menuju ke luar negeri.

Di Provinsi Sumatera Utara ini rotan yang diperoleh sebanyak sekitar 672.620 ton masing-masing pada tahun (2008) serta juga berasal dari sejumlah kabupaten seperti di Langkat, Toba Samosir, dan Tapanuli Tengah, serta juga Mandailing Natal.

Ada selama sekitar 6 jenis rotan yang bisa dimanfaatkan untuk sebuah pekerjaan komersil antara lain yaitu rotan cacing, rotan manau, dan juga rotan getah. Ada juga rotan semambu, rotan sega, serta juga rotan batu.

Untuk proses pemasaran hasil dari pengolahan rotan ini mayoritas akan dibawa menuju ke Medan yang merupakan sebuah pusat perniagaan serta juga pemasaran utama yang ada di Sumatera Utara.

3. Katingan, Kalimantan Tengah

Salah satu dari lokasi yang sangat familiar sebagai sebuah penghasil rotan yang ada di Kalimantan yaitu ada di sebuah Kabupaten Katingan, di Kalimantan Tengah.

Setidaknya disini ada sekitar 10 kecamatan dari 13 buah kecamatan yang telah dikenal sebagai sebuah distrik penghasil rotan.

Memang tidak mengherankan jika dalam setiap bulannya, untuk Kabupaten Katingan mampu memproduksi sebuah rotan yang berasal langsung dari sebuah budidaya sekitar 600 ā€“ 800 ton.

Bahkan rotan ini telah menjadi sebuah produk unggulan yang ada di kabupaten tersebut.

Pemerintah setempat juga sangat mendukung pekerjaan tersebut dengan cara didirikannya sebuah Sekolah Menengah Kejuruan yang telah terpusat untuk mengerjakan sebuah budidaya sampai dengan melestarikan akan kerajinan rotan.

Ada sejumlah dari jenis rotan yang telah sukses untuk dibudidayakan di kabupaten Katingan ini. Antara lain untuk rotan taman atau irit dan sega, dan rotan sabutan, serta juga rotan marau ataupun manau.

Untuk jenis rotan tersebut akan dipilih karena telah menghasilkan sebuah batang yang sangat berkualitas, dn bernilai jual sangat tinggi serta juga sangat gampang untuk bisa dimanfaatkan.

Bahkan untuk bentuk kerajinan dari sebuah rotan juga mempunyai ciri yang sangat khas yaitu adanya sebuah motif khas Suku Dayak seperti burung tingang dan kemang.

4. Banjarmasin, Kalimantan Selatan

Di samping adanya Kabupaten Katingan, maka di Kalimantan juga ada daerah penghasil rotan terbesar di Indonesia yaitu di Banjarmasin.

Banyak orang yang terpencil yang sangat memanfaatkan rotan ini sebagai sumber mata pencahariannya.

Selain hal tersebut untuk mendukung sumber daya rotan yang sangat membludak tersebut, maka di Banjarmasin juga telah banyak dibangun pabrik rotan yang akan mengubah rotan menjadi sebuah bahan separuh jadi ataupun jadi sebuah barang jadi seperti tikar dan kursi.

5. Palu, Sulawesi Tengah

Untuk daerah Sulawesi Tengah mempunyai sebuah area hutan sekitar 4.394.932 ha. Jadi memang tidak heran jika rotan juga terdapat cukup sangat banyak di lokasi tersebut.

Rotan yang diketahui berasal dari daerah Sulawesi Tengah ini mempunyai kualitas yang dianggap lumayan baik serta juga memiliki sebuah nilai jual yang dianggap lebih tinggi bila dibandingkan dengan berbagai jenis rotan yang sama yang ada di luar dari Sulawesi Tengah.

Setidaknya disini ada sekitar 38 jenis rotan yang telah tercatat sebagai sebuah rotan yang bisa untuk dikomersilkan.

Sejumlah dari rotan tersebut yaitu rotan tohiti, rotan merah, dan rotan ronti, rotan batang, serta sotan susu dan lain sebagainya.

Itulah daftar daerah penghasil rotan terbesar di Indonesia yang sangat familiar sebagai sebuah penghasil rotan. Semoga pemaparan ini bisa bermanfaat untuk Anda semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *