Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Bayam

Diposting pada

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Bayam – Tanaman bayam merupakan suatu bayam yang sayuran komersial dan bisa didapatkan di warung atau pasar.

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Bayam
Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Bayam

Harga yang biasanya dijual oleh penjual, dimana harga dari tanaman ini cukup terjangkau. Perlu diketahui kalau tanaman bayam berasal dari negara Amerika dengan iklim yang tropis.

Walaupun demikian, anda masih bisa tanaman bayam ini telah menyebarkan ke berbagai negara yang ada diseluruh dunia.

Rasa dari tanaman bayam ini cukup nikmat dengan tekstur lunak serta mampu memberikan akses yang lebih baik. Tanaman bayam ini memiliki banyak manfaatnya, maka dari ini kalau rekomendasi dari tanamabln.

Pada umumnya tanaman bayam ini memiliki rasa yang cukup enak dari pada tanaman bayam memiliki. Perlu diketahui kalau tanaman bayam sangat disukai oleh banyak orang yang ada.

Dari sekian banyak orang mengunduhnya, ternyata tanaman bayam mampu menghasilkan buah yang segar dan disertai dengan.

Baca Juga : Cara Budidaya Tanaman Bayam

Nah untuk kesempatan ini kami akan mengulas secara detail mengenai klasifikasi dan morfologi tanaman bayam. Seperti apa klasifikasi dan morfologinya? Mari kita simak bersama pada ulasan yang ada dibawah ini.

Klasifikasi Tanaman Bayam

Apa saja sih yang menjadi klasifikasi ilmiah dari tanaman bayam ini? Berikut dibawah ini merupakan beberapa klasifikasi ilmiah dari tanaman bayam.

  • Kingdom : Plantae
  • Infra Kingdom : Streptophyta
  • Sub Kingdom : Viridiplantae
  • Divisi : Tracheophyta
  • Super Divisi : Embryophyta
  • Sub Divisi : Spermatophytina
  • Kelas : Magnoliopsida
  • Ordo : Caryophyllales
  • Super Ordo : Caryophyllanae
  • Famili : Amaranthaceae
  • Genus : Spinacia L
  • Spesies : Spinacia Oleracea L

Morfologi Tanaman Bayam

Adapun karakteristik dari tanaman bayam yang telah menjadi ciri khas tersendiri dari morfologi tanaman bayam. Mari kita simak pembahasannya yang ada dibawah ini.

1. Morfologi Akar Tanaman Bayam

Pada umumnya akar dari berbagai jenis tanaman bayam memiliki kesamaan yang seperti memiliki sistem perakaran yang tunggang dibagian bawah dan akar serabut terdapat pada bagian atas.

Akar dari tanaman bayam biasanya akan menembus pada kedalaman tanah yang mencapai 20 sampai 40 cm ataupun bisa lebih.

2. Morfologi Batang Tanaman Bayam

Batang dari tanaman bayam cukup mudah untuk mengenalnya, disebabkan batang tanaman bayam berserat serta bertumbuh tegak dan tebal.

Dalam beragam jenis tertentu tumbuhan dari bayam memiliki duri. Batang dari tanaman bayam ini mengandung banyak air serta tumbuh tinggi pada permukaan tanah. Percabangan dari tanaman bayam dapat melebar dan akan bertumbuh tunas baru jika ada pemangkasan.

Batang dari tanaman bayam ini cukup panjang dengan ukuran yang mencapai 0,5 hingga 1 meter. Bahkan tamanan bayam telah mempunyai cabang monodial.

Perlu diketahui kalau batang tanaman bayam ini memiliki warna yang hijau. Namun ada juga warna lain dari batang tanaman bayam ini dimana memiliki warna yang merah. Sebenarnya tergantung pada varietasnya yang akan ditanam.

3. Morfologi Daun Tanaman Bayam

Pada umumnya daun dari tanaman bayam ini memiliki bentuk bulat yang seperti telur dan pada bagian ujung daunnya agak sedikit meruncing.

Bahkan urat-urat dari daun bayam akan terlihat jelas. Warna dari daun bayam ini memiliki berbagai macam warna, mulai dari hijau tua, mudah dan hijau yang keputih-putihan hingga kemerahan.

Untuk panjang dari daun tanaman bayam ini berkisar 1,5 hingga 6 cm dan disertai dengan lebar yang berkisar 0,5 hingga 3,2 cm. Tanaman bayam memiliki tangkai daun yang berbentuk bulat dan panjang yang sekitar 0,5 sampai 9 cm.

4. Morfologi Bunga Tanaman Bayam

Bunga dari tanaman bayam ini umumnya berkelamin tunggal dan telah tersusun yang secara majemuk serta berwarna hijau. Bunga daun bayam terdapat mahkota yang terdiri dari 4 sampai 5 buah.

Bahkan bakal buah berjumlah 2 sampai 3 buah dan terdapat benang sari 1 sampai 5. Selain itu di bagian lainnya akan membantu untuk penyerbukan.

Ukuran dari bunga bayam berkisar 1,5 sampai 2,5 mm. Cara untuk membedakan sebuah bunga yang jantan serta bunga betina cukup mudah. Bunga jantan terdapat bentuk bulir.

Sementara untuk bunga yang berkelamin betina memiliki bentuk yang bulat dan terletak diketiak batang. Proses untuk penyeburkan bunga biasanya akan dibantu oleh angin ataupun hewan disekitarnya.

5. Morfologi Buah dan Biji Tanaman Bayam

Pada umumnya bayam memiliki bunga yang sedikit lonjong  dengan warna hijau dan disertai dengan panjang yang mencapai 1,5 cm.

Biji dari tanaman bayam ini berwarna hitam yang mengkilap dengan ukuran panjang yang berkisar 0,8 hingga 1 mm. Bahkan bijinya sangat halus dan berukuran kecil dengan bentuknya bulat.

Ada beragam jenis bayam memiliki warna hijau dengan warna yang merah ataupun putih, sebagai contoh adalah bayam maksi

Itulah yang bisa kami sampaikan tentang klasifikasi beserta dengan morfologi dari tanaman bayam. Semoga apa yang sudah dibaca oleh sahabat arena,, bisa didapatkan manfaatnya.

Baca Juga : Cara Mempercepat Panen Tanaman Bayam Organik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *