Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kelengkeng

Diposting pada

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kelengkeng – Kelengkeng merupakan salah satu jenis tanaman yang paling digemari oleh masyarakat.

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kelengkeng
Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kelengkeng

Memang pada umumnya buah kelengkeng menjadi salah satu buah yang memiliki ukuran minimalis. Walaupun buah ini memiliki ukuran yang minimalis, akan tetapi buah kelengkeng memiliki berbagai banyak manfaat.

Jadi, tak salah lagi kalau banyak masyarakat yang menyukai dengan buah kelengkeng. Buah kelengkeng sendiri memiliki nama latin, yaitu Dimocarpus Longan.

Buah yang berasal dari Asia Tenggara memiliki manfaat yang baik untuk anda, seperti mengandung Vitamin C dan mampu memperkuat tulang, bahkan masih banyak lagi yang berguna untuk dikonsumsi oleh anda.

Buah kelengkeng sangat nikmat untuk dikonsumsi, karena memiliki rasa yang manis serta menyegarkan. Selain itu, buah kelengkeng juga memiliki daging yang tebal serta besar. Buah kelengkeng juga bisa dijadikan sebagai minuman penyegar.

Dengan adanya manfaat yang banyak dan rasa yang manis serta daging yang tebal, akan membuat anda merasa lebih puas ketika mengkonsumsi buah kelengkeng ini.

Nah berbicara dengan buah kelengkeng, maka kami disini akan membahas mengenai klasifikasi dan morfologi dari tanaman atau buah kelengkeng.

Seperti apa pembahasannya? Tanpa basa-basi, langsung aja disimak ulasan yang telah disusun oleh kami seperti dibawah ini.

Klasifikasi Tanaman Kelengkeng

Bagaimana klasifikasi tanaman yang berasal dari buah kelengkeng? Dari berbagai sumber yang kami dapatkan, kalau klasifikasi yang berasal dari tanaman kelengkeng diklasifikasikan menjadi seperti apa yang telah tertulis dibawah ini.

  • Kingdom : Plantae
  • Infra Kingdom : Streptophyta
  • Sub Kingdom : Viridiplantae
  • Divisi : Tracheophyta
  • Super Divisi : Embryophyta
  • Sub Divisi : Spermatophytina
  • Kelas : Magnoliopsida
  • Ordo : Sapindales
  • Super Ordo : Rosanae
  • Famili : Sapindaceae
  • Genus : Dimocarpus Lour
  • Spesies : Dimocarpus Longan Lour

Morfologi Tanaman Kelengkeng

Setelah anda mengetahui tentang klasifikasi dari tanaman kelengkeng, disini kami akan membahas mengenai morfologi dari tanaman kelengkeng.

Dimana morfologi ini terdiri dari akar, batang, daun, bunga dan buah serta biji. Seperti apa morfologi dari tanaman kelengkeng? Mari kita simak bersama ulasan yang ada dibawah ini.

1. Morfologi Akar

Pohon yang dimiliki oleh tanaman kelengkeng ini memiliki ukuran tinggi kira-kira mencapai 40 meter serta batang yang berdiameter 1 meter.

Selain itu, akar dari pohon tanaman kelengkeng merupakan salah satu akar yang berjenis tunggang. Bahkan pohon kelengkeng ini menyediakan berbagai akar samping, kuat dan panjang.

2. Morfologi Batang

Batang dari tanaman kelengkeng memiliki batang yang berkayu keras dengan bentuk yang bulat serta sistem percabangan yang simpodial.

Maksudnya, dimana batang-batang yang memiliki cabang-cabang yang banyak dengan serta arah cabangnya merapat dan mendatar. Pada umumnya permukaan dari batang kelengkeng ini berwarna coklat dan kasar.

3. Morfologi Daun

Berbeda dengan tanaman yang lainnya dimana tanaman kelengkeng ini memiliki daun yang banyak serta ukurannya panjang dan pada bagian ujungnya terlihat meruncing.

Sama seperti tanaman yang lainnya dimana tanaman dari kelengkeng memiliki warna daun hijau yang gelap.

Daun kelengkeng merupakan salah satu daun yang majemuk dengan berhadap-hadapan pada satu tangkai. Biasanya satu tangkai terdiri dari kurang lebih 3 sampai 6 pasang daun.

Dibagian permukaan daun memiliki warna yang hijau tua serta mengkilap. Selain itu struktur daun dari tanaman kelengkeng ini, yaitu menyirip.

4. Morfologi Bunga

Morfologi dari bunga tanaman ini memiliki dua macam yaitu, monoesis dan diesis. Tanaman yang jantan hanya menyediakan staminate (benang sari) saja tanpa adanya harus memperlihatkan pistil (putik).

Bunga kelengkeng merupakan sebuah bunga yang majemuk dengan ukuran yang minimalis dan memiliki warna coklat kekuningan.

Pada umumnya perbungaan terdapat flos terminalis atau bagian ujung dan berbentuk seperti payung menggarpu serta bunga mahkota 5 helai.

5. Morfologi Buah

Buah dari kelengkeng ini memiliki ukuran yang relatif kecil dan berbentuk bulat serta didukung dengan dua warna yang berbeda.

Warna yang pertama yaitu warna hijau, dimana buah kelengkeng yang berwarna hijau akan bertanda kalau buah kelengkeng itu masih mudah dan tidak layak untuk dikonsumsi.

Untuk warna yang kedua yaitu warna coklat yang kekuningan ini bertanda kalau buah kelengkeng dalam keadaan yang sudah tua atau layak untuk dikonsumsi.

Daging dari buah ini agak sedikit tebal serta rasanya manis jika dikonsumsi. Bagian permukaannya seperti berbintil yang kasar, namun ini hanya bergantung pada varietasnya.

6. Morfologi Biji

Biji dari kelengkeng ini berbentuk bulat dengan dua keping yang telah dilapisi dengan biji yang berwarna hitam.

Biji dari tanaman kelengkeng ini memiliki warna yang hitam dengan daging yang berwarna putih. Pada daging kelengkeng telah menyediakan karbohidrat manfaat-manfaat yang sangat bermanfaat bagi anda.

Dengan demikian pembahasan kita kali ini mengenai klasifikasi beserta dengan morfologi dari tanaman kelengkeng. Semoga pembahasan bisa bermanfaat bagi anda yang telah membacanya.

Perlu diingatkan kalau buah dari kelengkeng ini tidak bisa disimpan dengan jangka yang lama karena ini akan cepat berkecambah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *