Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Bunga Kenop

Diposting pada

Tahukah anda Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Bunga Kenop? Bunga kenop atau Gomphrena globosa, L. ini memang tidak terlalu sulit untuk ditemukan.

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Bunga Kenop
Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Bunga Kenop

Bunga kenop ini biasanya ditanam di pekarangan serta ditanam sebagai sebuah tanaman hias ataupun tumbuhan liar yang ada di ladang yang cukup untuk mendapat sinar matahari.

Tumbuhan ini akan berbunga sepanjang tahun. Bila Anda lihat dari jauh, maka bunga ini bentuknya akan seperti kancing baju pada pakaian perempuan. Karena itu ada pula yang menyebutnya sebagai bunga kenop ataupun kancing.

Bunganya mempunyai warna ungu gelap. Warna dari bunga kenop yang cantik ini menjadikan bunga ini sebagai salah satu dari bunga hias untuk bisa mempercantik lingkungan rumah.

Bunga kenop bisa digunakan, baik itu dalam kondisi segar ataupun dikeringkan. Teh bunga kenop ini mengandung vitamin serta mineral penting.

Dalam pengobatan tradisional di Tiongkok, maka bunga kenop ini sudah dikenal lama bisa digunakan untuk mengobati asma bronkial, dan bronkitis akut dan kronis.

Bisa juga untuk mengobati batuk, hemoptisis TBC paru, pusing, dan pengaburan penglihatan. Lainnya yaitu untuk mengobati disentri, demam, batuk rejan, sakit kepala.

Demikian pula di negara Malaysia, maka ramuan bunga Gomphrena globosa L., bisa diminum untuk bisa mengobati penyakit asma, bronchitis, serta keputihan. Memeriksa perdarahan serta tangisan nokturnal pada semua anak, dan juga untuk menenangkan mata sakit.

Klasifikasi Tanaman Bunga Kenop

KINGDOM : Plantae
SUB KINGDOM : Viridiplantae
INFRA KINGDOM : Streptophyta
SUPER DIVISI : Embryophyta
DIVISI : Tracheophyta
SUB DIVISI : Spermatophytina
KELAS : Magnoliopsida
SUPER ORDO : Caryophyllanae
ORDO : Caryophyllales
FAMILI : Amaranthaceae
GENUS : Gomphrena L.
SPESIES : Gomphrena globosa L.

Morfologi Tanaman Bunga Kenop

1. Morfologi Batang Bunga Kenop

Tanaman obat dari bunga kenop ini merupakan jenis dari tanaman semak semusim. Tinggi dari tanaman in bisa mencapai hingga 60 cm. Mempunyai sebuah akar tunggang, dan mempunyai warna kuning kecokelatan.

Batangnya sangat tebal, lunak, serta bercabang. Cabang juga terlihat sedikit bersegi empat. Seluruh tanamannya juga tertutup rambut halus panjang yang terlihat  berwarna putih.

2. Morfologi Daun Bunga Kenop

Daun tanaman bunga kenop ini merupakan daun tunggal yang mana tumbuhnya saling bertolak belakang. Lembaran dari daunnya cukup tipis seperti kertas dengan bentuk yang panjang melingkar sampai elips. Panjang dari lembaran daun sekitar 5 – 10 cm dengan ukuran lebar sekitar 2 – 4 cm.

Panjang dari tangkai daun sekitar 1 – 1,3 cm, mempunyai rambut halus yang berwarna keabu-abuan. Daun yang ada di bagian bawah yang mendekati permukaan tanah ini hampir tidak mempunyai tangkai daun.

Pinggiran dari daun ini bergelombang-sinuate dengan ujungnya yang tumpul. Pada kedua permukaannya terlihat terdapat titik-titik kecil.

3. Morfologi Bunga Kenop

Bunga kenop berwarna ungu kemerahan, ungu terang, atau putih terang. Bunganya tersusun atas capitulum atau bonggol bunga yang merapat lembarannya sehingga membentuk kepala-berbentuk bulat atau panjang membulat.

Berkelamin 2 dan berbulu. Bunga pada umumnya muncul tunggal di ketiak daun dan bagian atas cabang. Kadang terdapat 2-3 tangkai bunga menyatu.

4. Morfologi Buah dan Biji Bunga Kenop

Buah tanaman bunga kenop seperti kotak, bentuknya segitiga, masing-masing terlihat terbungkus lapisan tipis. Sedangkan untuk bijinya terlihat berbentuk seperti ginjal yang mempunyai warna cokelat terang.

Manfaat Tanaman Bunga Kenop

1. Menyembuhkan Luka Pada Kulit

Tanaman bunga kenop ini cukup ampuh dalam hal menyembuhkan luka yang ada di kulit. Jika Anda memiliki beberapa luka pada kulit yang sulit untuk bisa disembuhkan, Anda bisa mencoba dengan bunga ini. Kandungan ini sangat menyehatkan yang terdapat pada bunga kenop ini akan mempercepat pengeringan luka.

2. Obat Kudis dan Koreng

Penyakit kulit lainnya yang bisa diatasi dengan memakai bunga kenop yaitu kudis dan koreng. Kandungan anti-infeksi yang ada dalam bunga ini akan bisa membuat luka yang ada di kulit Anda tidak mudah untuk terinfeksi dan cepat untuk mengering dalam beberapa hari.

3. Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih atau ISK merupakan penyakit yang bisa menyerang saluran kemih dengan berbagai gejala infeksi. Penyakit ini bisa membuat kencing Anda menjadi tidak normal serta terasa perih. Obat herbal yang sangat cocok untuk mengatasinya, yaitu dengan mengkonsumsi bunga kenop.

4. Baik Untuk Kesehatan Ginjal

Ginjal Anda bisa menjadi akan lebih sehat dengan mengkonsumsi bunga kenop. Bunga ini ternyata bisa melindungi kesehatan ginjal dari berbagai ancaman penyakit seperti halnya batu ginjal. Jika Anda ingin menggunakan bahan herbal, maka cobalah untuk memanfaatkan bunga ini.

5. Mencegah Penyakit Bronchitis

Tanaman bunga kenop ini mampu untuk mencegah penyakit yang bisa menyerang kesehatan pernapasan, terutama untuk penyakit bronchitis.

Bunga ini akan bisa membantu untuk menyehatkan organ paru-paru Anda serta melindunginya dari berbagai gejala bronchitis.

Kesimpulan

Bunga kenop merupakan tanaman yang termasuk ke dalam famili Amaranthaceae dengan nama latin Gomphrena globosa L. Tanaman ini biasa ditanam di perkarangan rumah ataupun di tepi ladang. selain sebagai tanaman hias, tanaman ini juga bisa dimanfaatkan sebagai minuman dan dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Bunga kenop ini memiliki akar jenis tunggang, batang tanaman ini tebal, lunak dan bercabang, daun tanaman ini adalah daun tunggal, daunnya tipi seperti kertas dengan bentuk panjang melingkar sampai elips, bunga kenop merupakan tanaman berkelamin dua, buahnya ada yang berbentuk kotak dan segitiga, sedangkan bijinya berbentuk seperti ginjal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *