Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Bunga Merak

Diposting pada

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Bunga Merak – Tanaman bunga merak merupakan salah satu tanaman yang berasal dari Asia maupun Afrika.

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Bunga Merak
Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Bunga Merak

Bunga merak ini cukup indah untuk dilihat, namun bunganya cukup bermanfaat bagi orang-orang tertentu.

Mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan tanaman bunga merak, dimana bunga merak ini memiliki banyak manfaatnya. Tanaman bunga merak ini akan lebih bermanfaat jika dimanfaatkan oleh wanita.

Namun, untuk wanita yang sedang mengandung, mereka tidak boleh menggunakannya. Untuk saat ini kami akan menjelaskan tentang klasifikasi dan morfologi yang dimiliki oleh tanaman bunga merak.

Dibawah inilah yang akan menjadi pembahasan dari klasifikasi dan morfologi tanaman bunga merak. Mari kita simak pada ulasan yang berikut ini.

Klasifikasi Tanaman Bunga Merak

Untuk klasifikasi yang dimiliki oleh tanaman bunga merak ini, anda bisa melihat pada ulasan yang sudah tersusun dibawah ini.

  • Kingdom – Plantae
  • Sub Kingdom – Tracheobionta
  • Divisi – Magnoliophyta
  • Super Divisi – Spermatophyta
  • Kelas – Magnoliopsida
  • Sub Kelas – Rosidae
  • Ordo – Fabales
  • Famili – Caesalpiniaceae
  • Genus – Caesapinia
  • Spesies – Caesalpinia Pulcherrima

Morfologi Tanaman Bunga Merak

Mau cari informasi tentang apa itu tanaman bunga merak? Maka pastikan anda mengetahui ciri-ciri atau morfologi dari tanaman bunga merak ini.

Dengan begitu, anda bisa mengetahui keberadaan dari tanaman bunga merak. Morfologi tanaman bunga merak terdiri dari akar, batang, daun, bunga, buah dan juga biji. Dibawah inilah yang menjadi penjelasan dari morfologinya. Berikut ulasannya.

1. Akar Tanaman Bunga Merak

Pada umumnya akar yang dimiliki oleh tanaman bunga merak ini termasuk pada akar yang cukup unik dan yang pastinya berbeda dengan akar tanaman lainnya.

Jika tanaman lainnya memiliki warna yang agak hitam kotor, maka tanaman bunga merak akan memperlihatkan akarnya yang berbeda. Hal ini dikarenakan, pada akar yang dimiliki oleh tanaman bunga merak ini berwarna merah.

Menarik bukan? Tentu saja ini menjadi salah satu bunga yang cukup unik jika dilihatnya.

Sistem perakaran dari tanaman bunga merak ini termasuk pada akar yang radix primaria atau biasanya dikenal dengan sebutan akar tunggang. Tanaman bunga merak ini memiliki akar yang berbentuk bulat dan tidak terlalu panjang.

2. Batang Tanaman Bunga Merak

Nah, untuk morfologi yang selanjutnya dari tanaman bunga merak ini adalah batang yang dimilikinya. Secara umum, batang yang dimiliki oleh tanaman bunga merak ini juga berbeda denga beberapa jenis tanaman yang lainnya.

Tanaman bunga merak ini biasanya akan bertumbuh dengan cara yang perdu dengan ketinggian yang mencapai 2 hingga sampai dengan 4 meter.

Batang yang berasal dari tanaman bunga merak ini terlihat sistem percabangan yang banyak. Bagaimana ukuran batangnya?

Ukuran batang yang dimiliki oleh tanaman bunga merak ini terlihat ukuran yang cukup kecil sehingga tidak bisa ditebak ukurannya.

Namun, diperkirakan ukurannya mencapai ketinggian 1 hingga 3,5 m dengan lebar yang mencapai 0,5 sampai 1,5 cm.

3. Daun Tanaman Bunga Merak

Daun yang dimiliki oleh tanaman bunga merak merupakan salah satu jenis daun yang berbentuk majemuk dan genap. Daunnya berganda dua yang disertai dengan 4 hingga mencapai dengan 12 pasang dalam anak daun.

Daun ini terlihat seperti bentuk yang bulat, dimana daunnya bisa dibilang hampir mirip dengan bulat dari sebuah telur.

Pada bagian ujung daun dari tanaman bunga merak ini terlihat ujung yang berbentu seperti bulat dan disertai dengan pangkal yang menyempit.

Untuk tepi daunnya terlihat seperti rata dengan permukaan daun yang dilapisi dengan sebuah warna yang berwarna hijau, dan dibagian bawahnya terlihat warna yang hijau agak kebiruan. Panjangnya bisa mencapai 1 sampai 3,5 cm dengan lebar yang mencapai 0,5 sampai 1,5.

4. Bunga Tanaman Bunga Merak

Bunga dari tanaman yang satu ini merupakan suatu bunga yang terbilang cukup unik dan  menarik. Bunga tanaman ini berbentuk majemuk dan karangan bunganya berupa rasemus.

Bunganya memiliki jenis kelamin yang biseksual, dan perhiasan bunganya juga disertai dengan calix 5 dan corolla juga 5. Umumnya kelamin bunga yang dimilikinya juga terdiri dari 10 statmen yang disertai dengan anther versatilis.

Seperti apa mahkota bunganya? Mahkota bunga yang dimilikinya biasanya akan mengalami metamorphosis hingga menjadi seperti tabung mahkota.

Proses penyerbukan yang berasal dari tanaman bunga merak ini akan dibantu oleh para serangga atau mungkin secara alami.

Bunganya memiliki panjang yang bisa mencapai 15 hingga 50 cm dan disertai dengan warna yang seperti merah dan biasanya juga berwarna kuning.

5. Buah dan Biji Tanaman Bunga Merak

Buah yang dimiliki oleh tanaman bunga merak ini merupakan kacang polong yang memiliki bentu berupa pipih.

Sedangkan untuk panjang yang dimiliki oleh tanaman bunga merak ini biasanya mencapai 6 hingga sampai dengan 12 cm dengan lebar yang sekitaran 1,5 cm.

Buahnya akan berisikan biji yang berkisaran antara 1 hingga 8 biji. Buahnya akan terlihat warna hitam apabila sudah tua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *