Klasifikasi dan Morfologi Bunga Mawar

Diposting pada

Klasifikasi dan Morfologi Bunga Mawar – Salam buat kalian para pecinta bunga mawar. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan klasifikasi mawar.

Klasifikasi dan Morfologi Bunga Mawar
Klasifikasi dan Morfologi Bunga Mawar

Klasifikasi Bunga Mawar

  • Kingdom : Bunga mawar masuk kedalam kingdom atau kerajaan Plantae
  • Divisi : Bunga ini tergolong  pada divisi Spermatophyta. Sub divisi Angiospermae
  • Kelas : Bunga mawar masuk pada kelas icotyledonae
  • Ordo  : Rosanales
  • Genus : Rosa
  • Spesies : Rosa Hiproidaatau Rosa sp.

Morfologi Bunga Mawar

Akar

Bunga mawar memiliki akar berbentuk serabut yang memanjang hingga kebagian bawah. Akar bunga mawar berwarna kecoklatan muda dan kecoklatan tua.

Akar bunga mawar berbentuk membulat dan panjang. Akar pada bunga mawar memiliki fungsi yang sangat vital yaitu sebagai penyokong agar tanaman tetap berdiri tegak dan kokoh.

Dalam hal ini juga berguna untuk sebagai penyerap unsur hara dan air yang terkandung didalam tanah.

Batang

Batang bung jenis ini biasanya berbentuk membulat dan panjang serta tidak beraturan. Pada batang bunga mawar tumbuh duri-duri dan batangnya bercabang-cabang.

Batang tanaman ini berwarna abu-abu, kecoklatan dan hijau lumut. Batang bunga mawar berfungsi sebagai penyokong cabang dan bunga pada tanaman bunga mawar.

Akan tetapi bentuk nya yang terbilang kecil menyebabkan batang bunga mawar mudah rentan saat diserang para predator.

Daun

bunga mawar memiliki sekitar 5 sampai 9 anak daun pada satu cabang. Bentuknya bulat kecil memanjang memiliki ukuran sekitar 2 sampai 3 cm. Ada yang berbentuk meruncing, ada juga yang berbentu bergerigi.

Daun bunga mawar tumbuh menopang pada batang ,biasanya terletak pada ujung tangkai dengan ukuran panjang 1 sampai 2 cm. Daun bunga mawar berwarna hijau muda dan hijau tua.

Bunga

Bunga pada tanaman ini berbentuk hampir seperti bulat yang terdiri dari beberapa lapisan bunga yang berjumlah kurang lebih sekita 20 sampai 26 lapisan bunga bahkan bisa lebih tergantung besar kecilnya ukuran bunga.

Bunga mawar memiliki beberapa variasi warna. Ada yang berwarna merah, putih dan ada juga yang berwarna kekuningan.

Buah

Biji pada bung mawar terletak pada bagian bunga. Biji bunga mawar berbentuk oval dan berukuran sangat kecil serta berwarna keputihan dan kecoklatan pada bagian dalamnya.

Baik itu tadi adalah penjelasan singkat mengenai klasifikasi dan morfologi bunga mawar. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *