Syarat Tumbuh Tanaman Cocor Bebek

Diposting pada

Menambah keindahan perkarang rumah agar nampak indah dan sejuk dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan menanam tanaman hias.

Syarat Tumbuh Tanaman Cocor Bebek
Syarat Tumbuh Tanaman Cocor Bebek

Salah satu tanaman hias yang cukup banyak dibudidayakan di perkarang rumah adalah tanaman cocor bebek. Sudah pada tahu kan tentang tanaman yang satu ini? Itu loh tanaman yang terkenal karena metode reproduksinya melalui tunas daun.

Cocor bebek yang memiliki nama ilmiah Kalanchoe pinnata atau Bryophyllum pinnatum ini adalah salah satu tanaman hias yang memiliki banyak manfaat.

Selain di perkarangan rumah, tanaman ini dapat dengan mudah tumbuh di parit, kebun hingga tanah yang berbatu.

Cocor bebek memiliki daun yang tebal dan mengandung banyak air. Batangnya lunak serta memiliki ruas. Cocor bebek juga memiliki bunga mejemuk yang warnanya merah.

Di dalam tanaman ini mengandung vitamin c, asam lemon, asam apel, glucoside, tannin, serta bryophyllin A. Karena kandungannya yang banyak itulah cocor bebek memiliki beragam manfaat bagi kesehatan.

Cocor bebek biasa digunakan sebagai obat tradisional yang berfungsi untuk menyembuhkan sakit kepala, batuk, borok, sakit dada, serta penyakit kulit lainnya.

Cocor bebek merupakan tanaman yang umum yang ada di daerah beriklim tropika seperti di Asia, Australia, India Barat, Selandia Baru, Galapagos, Polinesia, dan Hawaii.

Alasan utama dari penyebaran cocor bebek yang sangat luas ini adalah karena kepopulerannya sebagai tanaman hias.

Syarat Tumbuh Tanaman Cocor Bebek

Untuk memulai budidaya tanaman cocor bebek alangkah baiknya untuk mengetahui Syarat Tumbuh Tanaman Cocor Bebek agar tanaman berkembang dengan baik, berikut ini adalah penjelasannya :

1. Suhu

Tanaman cocor bebek dapat tumbuh dengan baik pada suhu malam sekitar 21 derajat celcius dan suhu siang antara 27 hingga 29 derajat celcius.

Untuk pertumbuhan akarnya, diperlukan suhu yang ideal antara 21 derajat celcius. Menurut Wolverton (1997) temperatur yang baik untuk pertumbuhan tanaman cocor bebek adalah sekitar 16 hingga 26 derajat celcius serta membutuhkan cahaya penuh.

2. Iklim

Cocor bebek tergolong ke dalam jenis tanaman sekulen yang dapat hidup di daerah yang kering. Tanaman ini berasal dari Madagaskar.

Cocor bebek sangan cocok hidup di iklim yang tropis. Tidak mengherankan jika tanaman ini banyak ditemukan hidup di daerah seperti Asia, Australia, Selandia Baru, India Batarm Makaronesia, Maskarenes, Galapagos, Melanesia, Polinesia, dan Hawaii.

3. Curah Hujan

Syarat Tumbuh Tanaman Cocor Bebek selanjutnya adalah curah hujan. Curah hujan menjadi sangat penting apabila kita ingin menanam tanaman hias. Cocor bebek membutuhkan curah hujan yang cukup tinggi, yaitu sekitar 250 cm per tahunnya agar tanaman mampu tumbuh dengan baik.

Cocor bebek tidak terlalu baik tumbuh di tempat yang curah hujannya kecil karena akan mengakibatkan kandungan air di dalam daunnya berkurang.

Jika kamu berada di daerah yang kering dan curah hujannya sedikit, kamu harus menyediakan drainase ya agar asupan airnya terjaga.

4. Media Tanam

Untuk menanam tanaman ini, kamu dapat menanamnya di berbagai jenis tanah mulai dari tanah yang memiliki tekstur berpasir hingga tanah yang liat.

Selain tektur tanah, kamu juga harus memperhatikan tingkat keasaman tanahnya ya. Cocor bebek dapat tumbuh dengan baik pada tanah dengan tingkat keasaman antara 5 hingga 7 pH.

5. Ketinggian Tempat

Tanaman cocor bebek tumbuh dengan baik di dataran rendah hingga ketinggian mencapai 1000 meter di atas permukaan laut. Tapi itu masih tidak mutlak.

Tanaman ini pernah ditemukan juga hidup di daerah dengan ketinggian 2400 meter di atas permukaan laut. Wah ternyata cocor bebek cukup toleran juga ya terhadap ketinggian.

Demikianlah  yang bisa kami sampaikan mengenai Syarat Tumbuh Tanaman Cocor Bebek. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *