Syarat Tumbuh Tanaman Anggrek

Diposting pada

Tanaman anggrek yang memiliki nama ilmiah Orchidaceae ini adalah suku tumbuhan berbunga yang memiliki anggota jenis terbanyak.

Syarat Tumbuh Tanaman Anggrek
Syarat Tumbuh Tanaman Anggrek

Meski sebagian besar anggotanya ditemukan di daerah tropika, beberapa jenis juga tersebar luas dari daerah tropika basah hingga wilayah sirkumpolar. Suku tanaman anggrek kebanyakan hidup sebagai epifit, terutama tanaman yang berasal dari Kawasan tropika.

Anggrek yang tumbuh pada daerah beriklim sedang biasanya akan membentuk umbi sebagai cara untuk beradaptasi dengan musim dingin.

Organ tanaman anggrek yang cenderung tebal dan berdaging tebal ini membuat tanaman tahan menghadapi tekanan ketersediaan air.

Yang membuat tanaman ini menarik adalah anggrek mempunyai ciri khusus. Beberapa ciri khusus tersebut meliputi bentuk, struktur, maupun kelopaknya. Selain itu, anggrek juga menawarkan kesan yang mewah dan eksotis. Karena itulah anggrek banyak digunakan sebagai tanaman hias. Anggrek juga sering digunakan sebagai symbol dari rasa cinta, lho.

Di dunia, tanaman anggrek mempunyai sekitar 735 genera yang mewakili setidaknya 20.000 spesies yang ada. Selain sebagai tanaman hias, anggrek juga digunakan sebagai bahan industry karena dapat dijadikan sebagai bahan baku parfum ataupun obat-obatan.

Cara budidaya tanaman anggrek sebenarnya tidak terlalu susah dan juga tidak bisa dikatakan gampang. Untuk kamu yang ingin mulai menanam anggrek, ada baiknya kamu simak dulu syarat tumbuh tanaman anggrek yang telah kami sediakan di bawah. Yuk simak!

Syarat Tumbuh Tanaman Anggrek

1. Curah Hujan

Curah hujan sebenarnya tidak terlalu banyak mempengaruhi pertumbuhan tanaman anggrek. Anggrek tetap dapat hidup pada daerah yang curah hujannya sedikit ataupun banyak.

Namun perlu diperhatikan pada saat musim hujan agar tanahnya tidak tergenang air sebab anggrek tidak cocok pada tanah yang selalu basah terus menerus.

2. Suhu

Suhu minimum untuk pertumbuhan tanaman anggrek yang ideal adalah berkisar diantara 12,7 derajat celcius. Jika kamu menanam anggrek pada suhu di bawah tersebut, maka dianjurkan untuk tidak menanam anggrek ya karena anggrek akan mengalami gangguan pertumbuhan dan perkembangan.

3. Intensitas Cahaya

Beberapa tanaman anggrek memerlukan intensitas cahaya yang tinggi dengan sinar matahari langsung, dan ada juga yang membutuhkan intensitas cahaya di bawah 75 persen. Jadi, perhatikan jenis tanaman anggrek yang kamu tanam ya agar tidak salah.

4. Media Tanam

Media tanam untuk tanaman anggrek harus disesuaikan dengan penggolongan tanaman anggrek berdasarkan tempat hidupnya. Pada umumnya, tanaman anggrek digolongkan ke dalam kategori epifit atau semi epifit, terrestrial, dan juga semi terrestrial.

Media tanam yang baik untuk anggrek pada golongan tersebut adalah serat pakis yang telah digodok, kulit kayu, serabut kelapa, ijuk, potongan pohon enau, arang kayu, hingga pecahan batu bata atau pecahan genting. Yang wajib kamu perhatikan juga adalah, media tanam tersebut harus terbebas dari pathogen yang dapat menyebabkan penyakit.

5. Ketinggian Tempat

Terdapat tiga kategori ketinggian tempat untuk menanam tanaman anggrek. Kategori tersebut adalah :

  • Ketinggian 0 hingga 650 meter di atas permukaan laut

Pada ketinggian ini, anggrek yang dapat tumbuh adalah anggrek yang dikenal dengan anggrek panas. Tanaman anggrek jenis ini dapat tumbuh pada suhu siang  yaitu 26 hingga 30 derajat celcius dan suhu malam hari 21 derajat celcius. Beberapa anggrek panas tersebut adalah dendrobium, phlaenopsis, oncidium, paphilopedillum.

  • Ketinggian 150 hingga 1500 meter di atas permukaan laut

Anggre yang dapat tumbuh pada ketinggian ini pada umumnya memerlukan suhu udara siang hari pada 21 derajat celcius dan suhu malam hari 15 hingga 21 derajat celcius.

  • Ketinggian lebih dari 1500 meter di atas permukaan laut

Anggrek yang dapat tumbuh di ketinggian ini dikenal dengan anggrek dingin. Anggrek dingin memerlukan suhu siang hari 15 hingga 21 derajat celcius dan suhu malam hari 9 hingga 15 derajat celcius. Anggrek jenis ini jarang ditemui di Indonesia. Contoh tanaman anggrek dingin adalah cymbidium.

Demikianlah yang bisa kami sampaikan secara singkat mengenai Syarat Tumbuh Tanaman Anggrek. Semoga bisa bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.