Syarat Tumbuh Tanaman Kacang Panjang

Diposting pada

Syarat Tumbuh Tanaman Kacang Panjang – Kacang Panjang telah menjadi salah satu jenis sayuran yang sering ditemui setiap harinya oleh keluarga Indonesia. Berbagai macam jenis makanan seringkali menggunakan kacang panjang sebagai bahan utamanya.

Syarat Tumbuh Tanaman Kacang Panjang
Syarat Tumbuh Tanaman Kacang Panjang

Sehingga tidak heran apabila permintaan akan ketersediaan Kacang Panjang selalu stabil. Sesuatu yang tentunya menjadi bisa menjadi peluang ekonomi.

Namun tentunya untuk bisa menjadi peluang ekonomi maka terlebih dahulu harus digarap dengan baik. Salah satunya adalah menyediakan Kacang Panjang dengan kualitas terbaik.

Syarat Tumbuh Tanaman Kacang Panjang

Dimana Kacang Panjang kualitas terbaik hanya bisa didapatkan dengan cara penanaman yang baik pula. Berikut ini syarat tumbuh yang baik untuk tanaman Kacang Panjang:

1. Lingkungan Yang Mendukung

Lingkungan yang dimaksud disini adalah kombinasi lingkungan yang tepat untuk membuat tanaman Kacang Panjang bukan hanya mampu tumbuh namun juga menghasilkan Kacang Panjang kualitas terbaik.

Mulai dari tanah yang subur, drainase yang baik, suhu yang tepat yaitu antara 20 hingga 30 derajat celcius hingga ketinggian yang tidak boleh melewati 800 meter dpl. Semua hal tersebut untuk membantu tanaman Kacang Panjang tumbuh dengan seharusnya.

2. Mencari Bibit Yang Unggul

Bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa di pasaran saat ini sudah banyak beredar bibit-bibit tanaman dengan kualitas di bawah rata-rata namun tetap diperjualbelikan.

Demi mengejar keuntungan semata, namun membuat para petani harus menerima dampak negatifnya. Yaitu kualitas tanaman yang sangat jauh dari harapan.

Untuk itulah tahap berikutnya dari syarat tumbuh yang baik untuk tanaman Kacang Panjang adalah mencari bibit yang unggul. Dimana bibit yang unggul sangat menentukan tentang kualitas hasil panen nantinya.

Biasanya ciri-ciri bibit yang unggul adalah memiliki penampilan yang kusam, tidak mengalami kerusakan, kulit cukup mengkilat dan tentunya bibit tidak dalam kondisi rusak. Setelah itu campurkan bibit tanaman tersebut dengan rendaman POC NASA dalam dosis cukup 2 liter saja.

3. Mengelola Media Tanah

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan media tanah yang bersih dan juga mendukung. Yaitu dengan cara membersihkan tanah tersebut dari rumput maupun tanaman liar nantinya.

Setelah bersih dari rumput liar maka langkah dilanjutkan dengan membajak tanah tersebut. Hal tersebut dilakukan untuk membuat tanah menjadi gembur.

Tahapan selanjutnya adalah membuat jarak dengan bedengan antara 25 cm hingga 30 cm. Langkah tersebut berguna untuk membuat tanaman Kacang Panjang tumbuh dengan sempurna nantinya dan tidak saling menabrak satu sama lain.

Dan tentunya yang tidak boleh dilupakan untuk semakin menyuburkan tanaman maupun tanah adalah penggunaan pupuk secukupnya.

4. Tentukan Masa Tanam Yang Tepat

Salah satu hal yang harus diperhatikan ketika tengah menanam sesuatu adalah waktu tanamnya. Karena waktu tanam tiap jenis tanaman akan saling berbeda antara satu sama lain.

Khusus untuk tanaman Kacang Panjang sendiri, waktu tanam yang paling tepat adalah awal musim kemarau atau musim penghujan.

Dan usahakan untuk tidak menaman diantara tengah masa tersebut. Karena ketersediaan air yang tidak sesuai akan menimbulkan hasil panen yang tidak sesuai ekspektasi.

6. Penyempurnaan Hingga Masa Panen

Penyempurnaan yang dimaksud adalah proses menjaga tanaman Kacang Panjang agar nantinya siap dipanen. Mulai dari proses penyulaman untuk mengeliminasi benih yang tidak tumbuh, penyiangan dengan cara membersihkan tanaman maupun rumput liar yang menganggu, pemangkasan agar pertumbuhan kacang panjang tidak terganggu, pemupukan yang sesuai, pengairan yang dilakukan secara rutin hingga nantinya tanaman Kacang Panjang siap untuk dipanen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *