Apa itu CEO? Peran, Tugas, dan Tanggung Jawab

Tahukah Anda mengenai Apa itu CEO? Apakah kamu termasuk salah satu yang bercita-cita menjadi seorang CEO? Jabatan CEO kerap dipandang sebagai jabatan keren oleh banyak masyarakat, tidak lain karena kerap disamakan sebagai seorang pemimpin perusahaan.

Apa itu CEO? Peran, Tugas, dan Tanggung Jawab
Apa itu CEO? Peran, Tugas, dan Tanggung Jawab

Kenyataannya, perusahaan memang tidak akan terlepas dari peran seorang CEO. Tanpa adanya seorang CEO, perusahaan tidak akan mampu berdiri, mengingat bertindak sebagai salah satu pendiri dan pemimpin perusahaan tersebut.

Namun, peran CEO tidak hanya berhubungan dengan kepemimpinan saja, masih ada peran-peran lain yang harus dilakukan demi perkembangan perusahaan.

Disamping itu, dengan perannya yang tidak sedikit, CEO juga mempunyai tanggung jawab yang cukup banyak.

Jika kamu saat ini bercita-cita menjadi seorang CEO, nampaknya kamu perlu untuk mengetahui terlebih dahulu apa saja peran, tugas, dan tanggung jawabnya.

Untuk itu, simak yuk penjelasan berikut yang akan mengupas secara lengkap apa itu CEO hingga tanggung jawab yang dipikulnya.

Apa itu CEO

Apa itu CEO? Pengertian CEO adalah kepanjangan dari Chief Executive Officer yang dapat diartikan sebagai Pejabat Eksekutif Tertinggi.

Dengan arti tersebut, maka bisa dikatakan jika CEO adalah pihak yang bertindak sebagai pemimpin perusahaan.

Sebagai pemimpin, tentu tugas dan tanggung jawab dari CEO tidaklah mudah, selain itu juga dibutuhkan kemampuan yang mumpuni untuk bisa memimpin karyawan dan jajaran lainnya.

Mahbubi (2016) mengatakan jika Chief Executive Officer atau disebut juga dengan Direktur Utama merupakan seorang pemimpin tertinggi dalam suatu perusahaan yang mempunyai tanggung jawab terhadap berkembangnya perusahaan secara keseluruhan.

Kemudian, Sudana dan Aristina (2017) juga menambahkan kalau CEO juga memegang peranan penting dalam hal operasional perusahaan, mempunyai tanggung jawab pada segala rencana dan strategi yang dibuat.

Oleh karenanya, jabatan CEO tidak bisa diduduki oleh sembarang orang dan siapapun yang menduduki jabatan tersebut harus mempunyai kompetensi yang cukup.

Kompetensi yang dibutuhkan untuk menjadi seorang CEO diantaranya berhubungan dengan kemampuan leadership dan komunikasi.

Seorang CEO tidak cukup hanya dengan bermodalkan kemampuan kecerdasan intelegensi saja, tetapi juga harus dibarengi dengan kemampuan dalam hal kecerdasan emosional terutama kemampuan soft skill yang bagus.

Pada dasarnya, posisi CEO sebenarnya bukan menjadi posisi tertinggi dalam perusahaan. Biasanya, seorang CEO di dalam sebuah perusahaan, organisasi, korporasi, maupun lembaga diharuskan melapor pada dewan direktur mengenai pelaksanaan tugasnya.

Sehingga, dalam kata lain, seorang CEO diberikan tugas sebagai eksekutif yang diharuskan untuk mengatur keutuhan perusahaan maupun organisasi yang dipimpin.

Peran CEO

Kebanyakan orang mungkin mengetahui jika peran CEO adalah sebagai pemimpin dari perusahaan, namun sebenarnya peran dari CEO tidak hanya sebatas itu saja.

CEO juga turut berperan sebagai pengelola, komunikator, serta eksekutor. Keempat peran utama CEO dalam perusahaan maupun lembaga tersebut akan dijelaskan lebih lanjut sebagai berikut.

1. Sebagai Pemimpin

Peran pertama dan yang paling utama dari seorang CEO seperti yang dibahas di beberapa penjelasan sebelumnya adalah sebagai pemimpin.

Dalam menjalankan kepemimpinannya, seorang CEO atau pejabat eksekutif akan memonitor dan memberikan arahan kepada karyawan di berbagai divisi.

Dalam hal ini, seorang CEO harus mempunyai pandangan visioner, mempunyai tingkat kreativitas dan inovasi yang tinggi untuk dapat memimpin karyawan dengan baik.

Meskipun berperan sebagai pemimpin, tetapi seorang CEO lebih baik tidak menjadikan jabatannya sebagai alasan untuk memerintah karyawan di luar dari tugasnya.

Jika kepemimpinan dilakukan dengan baik, maka karyawan yang dipimpinnya pun akan merasa bekerja dengan baik dan tidak terbebani dalam melaksanakan pekerjaannya.

Baca Juga : Pengertian Kepemimpinan Adalah

2. Sebagai Komunikator

Peran berikutnya dari seorang CEO adalah sebagai komunikator yang mana berfungi untuk menjadi jembatan komunikasi antar jajaran direksi.

Contohnya, ketika dalam suatu rapat dengan seluruh jajaran direksi dan pemegang saham, CEO akan berperan menjadi pihak pembicara dan komunikator yang akan menyampaikan berbagai rangkaian kegiatan maupun hal-hal yang berhubungan dengan kegiatan perusahaan baik yang akan dilakukan maupun yang sudah dilaksanakan.

3. Sebagai Pengelola

Tidak cukup hanya sebagai komunikator, seorang CEO juga mempunyai peran lain sebagai pengelola terutama mengelola SDM atau sumber daya manusia yang bekerja di perusahaan tersebut.

Pada dasarnya tugas pengelolaan SDM juga lebih khusus akan diberikan pada manajer SDM, tetapi seorang CEO juga tidak terlepas dari peran ini.

Hal ini dikarenakan CEO juga harus ikut andil sebagai bentuk pertanggungjawaban pada jajaran direksi di atasnya.

Tidak hanya mengelola dalam hal SDM saja, CEO juga perlu melakukan pengelolaan dalam hal pendanaan perusahaan, termasuk dalam hal pemasaran, pendanaan produksi, dan lain-lain.

4. Sebagai Eksekutor

Peran yang tidak luput dari seorang CEO adalah bertindak sebagai eksekutor. Dalam hal ini, CEO akan mengeksekusi ide serta gagasan yang diberikan. Tentunya, seorang CEO harus bisa mengambil berbagai keputusan yang bisa berdampak baik bagi perusahaan.

Untuk bisa mengambil keputusan yang tepat, dibutuhkan hasil analisa data yang berhubungan dengan jejak rekam kegiatan bisnis sebelumnya.

CEO harus bisa memperhitungkan dengan baik sisi positif dan negatif dari keputusan tersebut, tentunya seorang CEO bisa meminta bantuan kepada pihak manajer ataupun pihak lain yang bisa membantu proses pengambilan keputusan tersebut.

Tugas CEO

Tugas CEO dalam menjalankan perusahaan tentu tidak terlepas dan masih berkaitan dengan peran-peran yang telah dijelaskan di atas.

Dalam melaksanakan tugasnya, seorang CEO akan dibantu oleh manajer-manajer dari berbagai divisi. Untuk mengenal lebih lanjut apa saja tugas CEO di dalam sebuah perusahaan, kamu bisa menyimaknya berikut.

1. Merencanakan, Mengelola, dan Menganalisa Aktivitas Bisnis

Dalam melaksanakan kepemimpinannya di suatu perusahaan, seorang CEO akan dihadapan tugasnya untuk melakukan perencanaan, pengelolaan, serta analisa aktivitas bisnis yang akan maupun sedang diimplementasikan.

Perencanaan ini dinilai penting untuk menghindari berbagai masalah saat eksekusi berbagai aktivitas berlangsung.

Kemudian, pengelolaan juga perlu dilakukan karena sebuah perencanaan yang bagus pun tidak akan berhasil ketika tidak adanya pengelolaan yang tepat.

Selain itu, tugas seorang CEO juga harus bisa melakukan analisa secara berkala terhadap aktivitas bisnis yang dilakukan untuk mengetahui sejauh mana tingkat keberhasilan perencanaan dan pengelolaan aktivitas bisnis.

Perlu diketahui jika perencanaan, pengelolaan, dan analisa aktivitas bisnis ini terkait dengan berbagai hal mulai dari  operasional, keuangan, hingga pemasaran.

Dalam hal keuangan misalnya, seorang CEO juga ikut bertugas untuk memperhitungkan kefektivitan biaya produksi dan lainnya supaya segala perencanaan dan tujuan perusahaan bisa tercapai dengan baik sesuai dengan anggaran biaya yang ada.

2. Merencanakan, Mengelola, dan Menganalisa Sumber Daya Manusia

Tugas berikutnya juga masih berhubungan dengan perencanaan, pengelolaan, dan analisa, namun lebih ditekankan pada sumber daya manusia.

Dalam hal ini, CEO akan bertugas untuk merencanakan dan mengelola kinerja dari sumber daya manusia sesuai dengan posisi mana yang sesuai untuk posisinya.

Penempatan posisi yang tepat bagi setiap sumber daya manusia ini nantinya akan sangat berguna untuk memaksimalkan kinerja dari perusahaan.

Kemudian, juga diharapkan bisa melakukan analisa berkelanjutan terhadap kinerja dari setiap SDM untuk melihat potensi yang dimiliki oleh mereka.

CEO juga perlu untuk melakukan bimbingan atau pengarahan yang tepat supaya kemampuan dari setiap SDM tetap berkembang dan terus terupgrade.

3. Membuat Kebijakan dan Standar Operasional Prosedur Perusahaan

Salah satu tugas penting yang tak boleh terlewatkan dari seorang CEO adalah membuat kebijakan serta SOP perusahaan.

Kebijakan yang dibuat harus didasarkan pada kesepakatan bersama, meskipun pada awalnya bertindak sebagai inisiator.

Hal ini untuk menghindari kebijakan yang nampak memberatkan para SDM yang bekerja di bawah CEO maupun para jajaran direksi yang ada di atasnya.

Disamping itu, CEO juga perlu untuk menyusun Standar Operasional Prosedur (SOP) supaya segala kegiatan operasional bisa dilakukan dengan tepat.

4. Meningkatkan Kompetensi Perusahaan

Sebuah perusahaan yang baik adalah perusahaan yang terus maju dan berkembang yang dibuktikan dengan kompetensinya yang meningkat.

Salah satu cara untuk membuat kompetensi perusahaan terus meningkat tidak lain adalah dengan melakukan motivasi terhadap setiap divisi dalam perusahaan, membuat keputusan strategis yang tepat, serta menjaga stabilitas keunggulan perusahaan di antara kompetitor lainnya.

Semua hal tersebut menjadi tugas dari CEO dan bisa dibilang tugas ini sangat berhubungan dengan keempat perannya yaitu sebagai pemimpin, komunikator, pengelola, dan eksekutor.

5. Menganalisa Masalah yang Ada dan Mencari Solusinya

Suatu perusahaan pastinya tidak terlepas dari masalah entah itu masalah terkait operasional, SDM, keuangan, maupun lainnya.

Untuk bisa mengatasi permasalahan yang ada, CEO bertugas untuk menganalisanya dengan baik, apakah permasalahan tersebut dapat membawa pada dampak yang buruk bagi perusahaan atau tidak.

Sehingga, ketika seorang CEO sudah melakukan analisa terhadap setiap masalah yang ada, maka CEO juga bertugas untuk mencarikan solusi yang tepat bagi permasalahan tersebut.

Kecil atau besarnya suatu permasalahan dalam perusahaan sebaiknya tidak dibiarkan untuk menghindari masalah tersebut terus berkembang dan membuat kinerja perusahaan semakin menurun.

Tanggung Jawab CEO

Hal lain yang tak kalah penting untuk diketahui terkait jabatan seorang CEO adalah berhubungan dengan tanggung jawab yang dipikul.

Tanggung jawab ini masih berkaitan pula dengan peran dan tugas yang telah dijabarkan di atas. Selengkapnya mengenai tanggung jawab CEO ini bisa disimak sebagai berikut.

  1. Memimpin setiap langkah yang diambil perusahaan
  2. Mengimplementasikan segala strategi yang telah dibuat bersama
  3. Mengomunikasikan serta melaksanakan visi misi perusahaan beserta tujuannya kepada seluruh karyawan
  4. Melakukan komunikasi dengan jajaran direksi untuk setiap perkembangan dari perusahaan
  5. Mempertanggungjawabkan berbagai kebijakan yang telah diambil demi kelangsungan perusahaan
  6. Mewakili perusahaan berhubungan dengan komunikasi terhadap pihak eksternal perusahaan, seperti pemerintah pusat atau daerah terkait setiap kebijakan yang diambil
  7. Mengembangkan aktivitas bisnis operasional dari perusahaan
  8. Bertanggung jawab dalam hal kerja sama dengan perusahaan lain
  9. Melakukan komunikasi yang baik dengan para pimpinan perusahaan lain demi meningkatkan kredibilitas, reputasi, serta mengembangkan kemampuan kepemimpinan perusahaan.
  10. Bertanggung jawab pada kinerja setiap karyawan kepada jajaran direksi

Demikianlah penjelasan terkait jabatan CEO perusahaan yang memang menjadi salah satu jabatan penting dalam perusahaan.

Dengan perannya yang penting tersebut, bisa dilihat jika peran, tugas, dan tanggung jawabnya pun tidak sedikit dan cukup berat.

Oleh karena itu, setiap individu yang mengisi posisi CEO diharapkan memiliki kompetensi yang baik dalam hal kepemimpinan, komunikator, eksekutor, dan pengelolaan.

Tinggalkan komentar