Pengertian, Ciri, Jenis dan Proses Terbentuknya Benua

Setiap kita tentu saja sudah tidak asing mendengarkan kata benua. Apalagi dulu ketika  sedang pelajaran ips geografi sudah tidak asing dengan istilah benua.

Pengertian, Ciri, Jenis dan Proses Terbentuknya Benua
Pengertian, Ciri, Jenis dan Proses Terbentuknya Benua

Namun rupanya di sini ketika sudah lulus dari sekolah pasti merasa sedikit lupa dengan apa yang di maksud dengan benua.

Selain itu tak hanya pertanyaan itu saja yang sering ditanyakan oleh orang-orang. Namun masih banyak pertanyaan yang lain seputar benua.

Nah maka dari itu untuk menjawab rasa penasaran dan keingintahuan anda mengenai benua. Di bawah ini kami akan memberikan informasi yang berguna dan bermanfaat untuk anda sekalian mengenai apa itu benua.

Penasaran kan? Yuk kita baca dan simak bersama-sama penjelasan yang akan kami uraikan seperti yang ada di bawah ini.

Pengertian benua

Apa itu benua? Sebelum kita masuk dan mengenal lebih dalam lagi seperti apa benua dan lain sebagainya. Kita perlu paham dan juga mengerti dulu apa yang dimaksud dengan yang namanya benua.

Benua merupakan suatu bentuk hamparan yang ukurannya sangat luas yang dibagian tengah terdapat bagian yang kering.

Di mana pada bagian itu tidak mendapat pengaruh pada hembusan angin laut yang bersifat basah dan juga lembab.

Pengertian benua menurut ahli

Rupanya benua itu tak hanya mempunyai 1 pengertian saja. Namun rupanya mempunyai beberapa pengertian yang diungkapkan dan juga dikemukan oleh para ahli.

Dan tentunya pendapat dari para ahli itu bisa memperkaya pemahaman kita mengenai benua.

  • Definisi Benua merupakan suatu bentuk daratan yang luas yang mempunyai karakteristik tertentu dan dipakai tempat tinggal manusia.
  • Benua merupakan salah satu bentuk daratan yang amat luas yang ada di permukaan bumi
  • Benua merupakan wilayah daratan yang terselubung dimana terdapat garis pantai dan aneka macam jenis batas-batas daratan yang lain.
  • dan Benua merupakan wilayah daratan yang saling terhubung satu sama lain namun terpisahkan oleh wilayah perairan yang dinamakan dengan samudra.

Ciri-ciri benua

Sama halnya dengan suatu benda yang mempunyai ciri-ciri tertentu. Begitu pula di sini dengan benua juga mempunyai ciri-ciri dan juga karakteristik tertentu.

Dan ini mungkin juga masuk dalam pertanyaan dari sebagian orang mengenai apa sih sebenarnya ciri-ciri dari benua secara umum dan juga dari masing-masing benua.

Nah untuk menjawab rasa penasaran dan juga keingintahuan anda mengenai apa saja sih ciri-ciri dari benua? Maka dari itu di bawah ini kami akan memberikan informasi untuk anda mengenai ciri-ciri dari benua.

Penasaran kan? Yuk kita baca dan simak bersama sama penjelasan yang akan kami uraikan seperti yang ada di bawah ini.

  • Memiliki daratan yang luas
  • Di dalamnya terdapat beberapa negara
  • Mempunyai warga yang berdaulat
  • Satu benua dengan benua lain dipisahkan oleh air atau samudra

Teori pergeseran benua

Sama halnya dengan proses terjadinya sesuatu yang pasti ada teori tertentu. Demikian juga di sini dengan benua itu sendiri juga mempunyai teori tertentu.

Dimana dalam benua itu terdapat salah satu teori yang dinamakan teori pergeseran atau yang biasa dikenal dengan nama lain teori wagener.

Mungkin banyak orang terasa asing dan penasaran dengan pengertian dari teori wagener. Nah untuk menjawab rasa penasaran anda di sini.

Maka dari itu di bawah ini kami akan memberikan informasi yang berguna dan bermanfaat untuk anda. Penasaran kan? Yuk kita baca dan simak bersama penjelasan yang ada di bawah ini.

Menurut Alfred Wagener pada awalnya benua itu hanya terdapat 1 benua yang dinamakan pangea. Di mana pada suatu kali karena terjadi tsunami dan juga gunung meletus maka mengalami adanya retakan-retakan tertentu.

Hal itu terjadi dan juga berlangsung secara berkala. Dan kemudian pangea itu pun terpecah menjadi 7 benua seperti yang kita ketahui hingga saat ini.

Jenis-jenis benua

Sekarang ini kita tahu bahwa di dunia kita ada 6 nama benua. Dan tentu saja pada masing-masing benua itu sendiri mempunyai karakteristik dan kekhasan tertentu.

Yang tentu membedakan antara benua yang satu dengan benua yang lain. Mungkin bagi sebagian orang hal itu sudah tidak asing lagi. Namun rupanya masih ada juga orang yang belum paham mengenai karakter masing-masing benua.

Nah maka dari itu di sini untuk menjawab rasa penasaran dan keingintahuan anda. Maka kami akan memberikan informasi yang berguna dan bermanfaat untuk anda semua.

Penasaran kan? Yuk kita baca dan simak bersama-sama penjelasan yang akan kami uraikan seperti yang ada di bawah ini.

1. Benua Asia

Untuk jenis benua yang akan kita bahas pertama kali adalah benua Asia. Di mana benua Asia ini adalah salah satu jenis benua yang mempunyai ukuran yang lumayan luas yaitu 30% dari permukaan bumi.

Pada benua Asia itu mempunyai 5 pembagian musim yang berbeda-beda.  Benua Asia juga merupakan benua yang mempunyai jumlah penduduk terbanyak di dunia yaitu 4 miliar penduduk.

Benua Asia juga termasuk benua yang paling sering mengalami gempa. Karena sebagian besar titik gempa itu banyak berada di wilayah benua Asia.

Benua Asia adalah salah satu jenis benua yang mempunyai dataran tinggi yang paling tinggi dunia yaitu dataran tinggi Tibet.  Adapun dataran Tinggi Tibet mempunyai ketinggian 4.000 – 5.000 meter di atas permukaan laut.

2. Benua Afrika

Kemudian yang kedua adalah benua Afrika. Adapun di sini pada benua Afrika ini meupakan salah satu benua terbesar kedua setelah benua Asia.

Karena kita tahu bahwa jumlah penduduk dari benua Afrika juga tidak kalah banyak dengan benua Asia. Dan benua Afrika itu sendiri juga terkenal mempunyai penduduk yang memiliki warga kulit hitam dan gelap.

Selain itu di sini benua Afrika mempunyai gurun  yang terluas yaitu Gurun Sahara. Dan selain itu juga mempunyai sungai yang terpanjang di dunia yaitu Sungai Nil. Dan juga mempunyai terusan yang terpanjang yaitu Terusan Suez.

3. Benua Eropa

Selain itu benua lain yang akan kita bahas di sini adalah Benua Eropa.  Di mana Benua Eropa itu sendiri menurut seorang penulis merupakan negara terbenam. Selain itu di sini benua Eropa mempunyai ketinggian hanya 300 m.

Di mana pada benua Eropa ini mempunyai 4 musim.  Selain itu benua Eropa  juga disebut sebagai benua putih.

Karena untuk mayoritas penduduk yang tinggal di benua Eropa sebagian besar mempunyai warna kulit putih. Namun juga ada pula penduduk yang mempunyai warna kulit hitam, coklat, dan juga sawo matang.

Keunikan dan juga kekhasan lain yang dimiliki oleh Benua Eropa adalah mempunyai menara yang tertinggi di dunia yaitu Menara Eifel. Di mana pada menara ini masuk dalam  7 keajaiban dunia.

4. Benua Amerika Utara

Berikutnya benua yang akan kita  bahas adalah benua Amerika. Adapun benua Amerika merupakan salah satu benua yang mempunyai jumlah penduduk yang banyak.

Rupanya tak hanya penduduk dari benua Asia saja yang mempunyai penduduk yang banyak. Namun pada benua Amerika itu sendiri juga mempunyai tingkat kepadatan penduduk yang juga banyak.

Sama seperti benua lain yang juga sebagian besar mempunyai 4 musim. Demikian juga di sini dengan benua Amerika juga negara yang mempunyai 4 musim di tiap negaranya.

Seperti benua lain yang mempunyai keunikan tertentu. Demikian juga di sini dengan Benua Amerika juga mempunyai keunikan dan kekhasan tertentu.  Rupanya pada benua Amerika juga mempunyai hal yang semacam itu. Lalu apa saja kekhasan benua Amerika

Di mana pada Benua Eropa itu sendiri rupanya benua yang di mana penduduknya menganut banyak keyakinan agama. Namun di sini sebagaian besar menganut agama Katolik dan Kristen protestan.

Benua Amerika itu juga mempunyai keunikan lain seperti: mempunyai sungai terluas yaitu sungai Amazon, tempat terkering di dunia yang dinamakan Atamaca, memiliki ngarai terbesar di dunia yaitu grand canyon, selain itu juga mempunyai industri perfilman yang terkenal besar di dunia yaitu Hollywood.

5. Benua Amerika Selatan

Kemudian benua yang akan kita bahas berikutnya adalah benua Amerika Selatan. Adapun Benua Amerika Selatan letaknya di sini tidak jauh dari Amerika Utara. Dan kendati lokasi tak jauh namun ada hal membedakan dari keduanya.

Adapun itu seperti: perbedaan antara kaya dan miskin sangat menonjol dengan jelas, sebagian besar penduduk di sini beragama Kristen.

6. Benua Australia

Berikutnya benua yang akan kita bahas adalah benua Australia.  Adapun di sini benua Australia merupakan benua yang berseberangan denngan Indonesia. Sama seperti benua lain yang juga mempunyai keunikan. Di sini benua Australia juga mempunyai keunikan.

Benua Australia mempunyai flying doctor,  penghasil kain wool terbesar di dunia, selain itu Benua Australia menjadi pertenakan terbesar di dunia.

7. Benua Antartika

Lalu berikutnya yang terakhir adalah Benua Antartika. Dan sama seperti benua yang lain yang juga mempunyai karakteristik tertentu. Di sini benua Antartika juga mempunyai karakteristik yang tidak kalah unik.

Di mana pada benua Antartika itu mempunyai suhu dingin – 30 derajat celcius,  populasi manusia di musim dingin hanya berjumlah 1000 orang, dan di musim panas 4000 orang. Biasanya yang tinggal di sini adalah para peneliti.

Proses terbentuknya benua

Suatu hal atau sesuatu benda yang sudah terbentuk pastilah mengalami proses pembetukan dengan cara tertentu. Begitu pula di sini dengan benua juga mengalami proses tertentu sebelum menjadi benua.

Dan itu juga menjadi pertanyaan dari banyak orang mengenai bagaimana proses terbentuknya benua. Lalu bagaimana sih sebenarnya proses terbentuknya benua?

Penasaran kan? Yuk kita baca dan juga simak bersama penjelasan yang akan kami uraikan seperti yang ada di bawah ini.

di mana pada 200 juta tahun yang lalu benua ini pecah menjadi 2 benua. Di mana pada bagian utara bernama Laurasia, kemudian bagian selatan bernama Gonwana.

Pada bagian barat benua Laurasia bergerak ke utara menjauhi benua Gondwana. Lalu kemudian setelah itu terbentuklah benua Amerika selatan.  Sebaliknya di sini benua Gondwana bergerak ke arah timur lalu kemudian membentuk Afrika.

Selain itu sebagian  benua Gondwana bergerak ke bagian timur kemudian membentuk wilayah India.

Selanjutnya di sini benua Asia dan juga Eropa bersatu menjadi satu lalu membentuk benua Eurasia. Sedangkan benua antartika dari pecahan benua yang mengapung ke wilayah selatan. Dan kemudian benua Australia bergerak ke arah timur.

Tinggalkan komentar