Pasar Monopoli Adalah : Pengertian, Ciri, Sumber dan Contoh

Suatu negara memiliki sumber daya alam yang amat banyak dan harus terkelola dengan baik. Kebutuhan masyarakat yang beragam menciptakan tersedianya suatu barang dan jasa.

Pasar Monopoli Adalah Pengertian, Ciri, Sumber dan Contoh
Pasar Monopoli Adalah Pengertian, Ciri, Sumber dan Contoh

Ketika kebutuhan itu mencakup sumber daya alam yang harus diproduksi terus menerus, maka harus ada produsen yang mampu menyediakannya dalam skala besar. Inilah yang kemudian memacu terbentuknya pasar.

Pasar berkembang namun tidak semua penjual mampu berinovasi dan mempertahankan produknya.

Hal-hal vital yang harus selalu ada namun hanya sedikit produsen yang mampu memberikannya akhirnya menciptakan pasar monopoli.

Sebuah bentuk interaksi yang terjadi antara penawaran dan permintaan hanya menjadi bagian dari produsen tunggal adalah bentuk pasar Monopoli. Kata ini berasal dari bahasa Yunani yaitu Mono artinya satu dan poli artinya penjual.

Baca Juga : Pengertian Pasar Adalah

Pengertian Pasar Monopoli

Apa itu pasar monopoli? pengertian pasar monopoli adalah Pasar dengan satu produsen atau penjual dan memiliki banyak pembeli.

Ia sekaligus menjadi penentu harga baik dengan cara menambah atau mengurangi jumlah barang yang ada di pasar tersebut.

Inilah yang kemudian menjadi dasar dari adanya pasar Monopoli. Di Indonesia, monopoli terjadi pada perusahaan-perusahaan yang menguasai hajat hidup orang banyak.

Ciri-Ciri Pasar Monopoli

Pasar Monopoli memiliki beberapa ciri-ciri. Selain memiliki hanya satu orang penjual dengan banyak pembeli, pasar ini juga menyebabkan pembeli tidak dapat berpindah ke penjual lain.

Sekalipun mereka merasa rugi dengan harga pasar, pembeli tidak punya pilihan.

Demikian halnya dengan ketiadaan barang pengganti. Selain atu orang penjual tersebut, pembeli tidak akan mendapatkan barang pengganti di tempat lainnya.

Bahkan jika perusahaan baru hendak memasuki pasr tersebut, mereka terhalang oleh undang-undang, modal, dan teknologi.

Penjual yang menjadi bagian dari pasar Monopoli dapat menentukan harga sesuai keinginannya mengingat tidak ada lagi barang pengganti.

Kurva permintaan yang ada di pasar akan sama dengan kurva permintaan perusahaan yang bersangkutan. Hal-hal lain mengenai jenis pasar ini telah mendapat ketentuan hukum.

Contohnya di Indonesia, Undang-Undang telah mengatur cabang-cabang produksi yang penting serta mencakup hajat hidup orang banyak menjadi penguasaan negara.

Dengan kata lain, negara mengambil alih kepengurusan dan pengelolaan barang tersebut.

Sebelum membentuk pasar Monopoli, produsen harus memikirkan bahwa produknya dapat menarik daya beli banyak orang. Mau tidak mau konsumen pasti akan membelinya sekalipun harganya tidaklah wajar.

Beruntungnya di Indonesia pemerintah mau mengambil alih hal ini sehingga stabilitas ekonomi dapat bertahan baik.

Bayangkan ketika produk dan jasa yang menyangkut hajat hidup orang banyak dikelola oleh pribadi.

Baca Juga : Pengertian dan Jenis Produk

Jenis Pasar Monopoli

Terdapat beberapa jenis pasar monopoli. Berdasarkan cara terjadinya, pasar Monopoli terbagi atas dua jenis.

1. Monopoli alami

Tercipta dengan alami karena pasar tidak dapat menampung lebih dari satu penjual. Hal ini dapat terjadi karena iklim atau lingkungan hidup tertentu.

2. Monopoli dengan lisensi

Jenis ini terjadi karena adanya satu pihak yang mendaftarkan hak paten, hak atas kekayaan, hak cipta, dan hak intelegensi lainnya.

Mungkin dulu kita hanya mengenal PT ANTAM sebagai perusahaan emas di Indonesia. Seiring berjalannya waktu kini hadir perusahaan-perusahaan emas lainnya yang juga menyediakan emas batangan.

Walaupun demikian ANTAM masih menguasai pasar karena lisensi yang ia miliki.

Sumber Pasar Monopoli

Beberapa sumber yang membuat terjadinya pasar Monopoli telah ada dan berjalan dengan baik di Indonesia. Sumber-sumber tersebut adalah:

1. Hukum yang berlaku

Di Indonesia terdapat perundangan yang mengatur perusahaan tempat pelayanan hajat hidup orang banyak. Itulah sebabnya harga-harga untuk produk dan jasa vital masih dalam rentang normal.

Sekalipun harga bahan mentah naik turun, namun subsidi dan campur tangan pemerintah dalam hal ini membuatnya selalu stabil.

2. Lisensi

Sumber lainnya adalah melalui lisensi. Adanya hak paten atau hak cipta yang terdaftar atau terdapat hak lainnya yang membuat pasar ini ada menjadi asal usul terciptanya pasar Monopoli.

3. Alami

Pasar Monopoli dapat terjadi secara alami karena tidak adanya pesaing. Bahkan tidak adanya industri lain yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat juga menjadi sebab adanya pasar ini.

Jadi sumber-sumber pasar monopoli inilah yang kemudian menciptakan terbentuknya jenis-jenis pasar monopoli.

Kelebihan dan Kekurangan Pasar Monopoli

Setiap hal tentu memberikan dampak positif dan negatif. Tidak hanya itu, adanya kelebihan dan kekurangan membuat kondisi pasar kian beragam demi memenuhi kebutuhan masyarakat luas.

Sama halnya dengan pasar monopoli yang memiliki kelebihan dan kekurangan. Adapun kelebihan pasar Monopoli antara lain:

  • Barang tidak memiliki substitusi atau pengganti sehingga sebuah perusahaan monopoli tidak perlu melakukan iklan dan promosi berlebihan supaya pembeli tertarik dan memilih produknya. Hal ini akan menekan harga produk sehingga menjadi lebih murah dan stabil.
  • Tambahan penjual yang terjadi pada monopoli alamiah akan membuat produksi tidak mencapai skala ekonomi. Jadi adanya monopoli justru meningkatkan efisiensi pada proses produksi. Apalagi jika stok bahan mentah yang tersedia sangat terbatas.
  • Monopoli membantu pemerintah untuk menjaga sumber daya alam terutama yang bersifat vital bagi hajat hidup orang banyak.
  • Inovasi semakin tinggi karena monopoli melindungi hak kekayaan individu. Contohnya ketika seseorang tidak ingin tergantung pada satu penjual, maka ia harus berkreasi. Seperti halnya tidak ingin menggunakan jasa PDAM maka akan membuat sumur sendiri untuk menghasilkan air bersih.
  • Menjaga kestabilan ekonomi karena masyarakat menjadi paham anggaran yang mereka harus sisihkan untuk membeli setiap pekan, hari, atau bulannya.

Itulah beberapa kelebihan pasar Monopoli. Adapun kekurangannya yang mungkin dapat menjadi peluang bagi perusahaan lain untuk memasuki pasar adalah:

  • Proses produksi tidak efisien dan juga tidak optimal. Alasannya adalah karena produsen mampu memainkan harga melalui peningkatan atau pengurangan jumlah produksi. Produsen tidak akan sembarangan menaikkan atau menurunkan harga. Mereka tentu akan melihat perkembangan politik di negaranya.
  • Pembeli tidak memiliki pilihan lain sehingga tidak mungkin berpindah ke penjual lainnya. Sekalipun harga yang ada mahal, mereka hanya akan pasrah atau mencoba berinovasi sendiri.
  • Produsen merupakan pusat keuntungan karena konsumen tidak memiliki pilihan lain. Untungnya di Indonesia hal ini telah diatur dalam Undang-Undang.

Contoh Pasar Monopoli

Beberapa contoh pasar monopoli yang ada di Indonesia antara lain:

1. PT Pertamina (Persero)

Pertamina merupakan perusahaan milik negara di bagian penjualan bahan bakar kendaraan. Perusahaan ini tidak hanya menjual bahan bakar namun juga produk gas bumi dan minyak lainnya.

Masyarakat tidak memiliki pilihan lain ketika hendak mengisi bahan bakar atau membeli produk gas dan minyak lainnya selain di pertamina.

Walaupun saat ini telah ada satu perusahaan pesaing, masyarakat tetap memilih pertamina karena harganya yang lebih murah.

2. PT Kereta Api Indonesia (KAI) persero

Perusahaan yang menangani transportasi kereta api di Indonesia adalah PT KAI. Hanya perusahaan inilah yang mendapat legalitas dan wewenang untuk memberikan akses transportasi darat menggunakan kereta api di Indonesia.

3. Perusahaan Listrik Negara (PLN) (persero)

Perusahaan Listrik Negara menyediakan layanan listrik untuk seluruh penjuru Indonesia.

PLN menjadi satu-satunya perusahaan yang memiliki hak untuk menghasilkan, mengelola, hingga mendistribusikan layanan listrik di seluruh Indonesia.

4. Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM)

PDAM memiliki fungsi untuk memberikan layanan sekaligus mendistribusikan air bersih untuk masyarakat di Indonesia.

Tentu banyak orang membutuhkan air bersih utamanya untuk kebutuhan mereka sehari-hari terutama mereka yang tinggal di kota besar.

PDAM menjadi fasilitator tersedianya air bersih di setiap daerah.

5.  Badan Urusan Logistik (Bulog)

Satu lagi contoh pasar monopoli adalah Bulog. Perusahaan ini berwenang mengurus logistik dan bidang pangan yang ada di Indonesia. Bahkan Bulog lah yang berperan dalam pengadaan, pengelolaan persediaan hingga pendistribusian beras.

Namun satu hal yang membuktikan bahwa Bulog adalah pasar monopoli karena ia mengendalikan harga beras di Indonesia.

Faktor-Faktor Yang Menyebabkan Timbulnya Monopoli

Kita telah mempelajari mengenai pasar monopoli termasuk definisi, contoh, hingga sumber dan jenisnya.

Kini saatnya kita berfikir alasan perusahaan tersebut mampu menjadi pasar monopoli. Adapun faktor-faktor penyebabnya antara lain:

1. Adanya sumber daya yang unik

Salah satu ciri pasar monopoli adalah tidak adanya saingan. Tentunya hal itu disebabkan karena perusahaan tersebut memiliki sumber daya yang unik.

Tidak hanya unik, perusahaan monopoli juga biasanya menguasai hampir keseluruhan ketersediaan bahan mentah.

Dengan demikian pesaing akan kesulitan mencari bahan mentah dan akhirnya hanya akan muncul satu perusahaan saja yang bergerak di bidang tersebut.

2. Skala Ekonomis Pada Sebuah Perusahaan

Ketika tingkat produksi terjadi dalam skala besar, maka skala ekonomis yang maksimum juga dapat tercapai.

Jumlah produksi hampir sama dengan jumlah permintaan merupakan sebuah wujud perusahaan mencapai biaya produksi yang minimum.

Jika hal ini terjadi maka perusahaan dapat menurunkan harga barang. Perusahaan baru tentu tidak akan memiliki kesempatan untuk berkembang atau bersaing. Apalagi ketika produksi makin tinggi namun harga menjadi serendah-rendahnya.

Kondisi ini akan membuat perusahaan monopoli menang telak dan seterusnya menjadi satu-satunya.

3. Memiliki hak monopoli yang berasal dari pemerintah

Di Indonesia pemerintah telah membuat aturan mengenai pasar monopoli sehingga perusahaan yang bersangkutan dapat mewujudkan kekuasaan monopoli.

4. Hak paten dan hak cipta

Keduanya merupakan jaminan hukum untuk menghindari plagiasi. Jadi jika sebuah perusahaan telah mengantongi hak paten dan hak cipta, maka tidak ada lagi yang boleh menyamakan hal itu.

Contohnya dalam usaha pengembangan teknologi penciptaan barang baru.

5. Hak eksklusif untuk usaha

Halangan untuk mendapatkan skala ekonomi maksimum terjadi ketika sebuah perusahaan tidak memiliki hak eksklusif. Dengan demikian perusahaan akan membuat tarif yang tinggi pada jasa maupun barang yang ia hasilkan.

Penutup

Pasar monopoli adalah sebuah kondisi pasar dengan satu penjual dan banyak pembeli. Di Indonesia kita dapat melihatnya pada penjual jasa dan barang yang menyangkut hajat hidup orang banyak.

Munculnya pasar monopoli dapat terjadi karena suatu keadaan yang alami hingga atas dasar kebutuhan masyarakat yang kemudian disediakan oleh satu perusahaan dan ia mematenkannya.

Ciri-ciri dalam pasar monopoli antara lain tidak adanya barang pengganti serta produsen menjadi penentu harga. Konsumen tidak memiliki pilihan lain serta produsen baru sulit untuk masuk ke dalam jenis pasar ini.

Tinggalkan komentar