Pengertian Artikel Adalah : Jenis, Ciri dan Tujuan Pembuatannya

Pengertian Artikel Adalah Jenis, Ciri dan Tujuan Pembuatannya
Pengertian Artikel Adalah Jenis, Ciri dan Tujuan Pembuatannya

Apa itu pengertian artikel?

Artikel sering dijumpai dan dibaca melalui internet atau media online, media sosial, koran, majalah dan media lainnya.

Secara sederhananya artikel adalah suatu karya tulis yang bersifat aktual dan opini terhadap suatu masalah hingga menjadi topik utama.

Adapun pengertian artikel menurut beberapa ahli, diantaranya :

1. Menurut Rillan E. Wolseley

Artikel adalah sebuah karangan tertulis yang panjangnya tidak menentu. Tujuan dari pembuatannya adalah untuk menyampaikan gagasan dan fakta dengan maksud meyakinkan, mendidik dan juga menghibur.

2. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Artikel adalah karya tulis lengkap di dalam sebuah majalah, surat kabar dan lainnya.

3. Menurut The America Heritage Desk Dictionary

Artikel adalah bagian tulisan non fiksi yang berbentuk bebas bagian dari penerbitan seperti laporan esai.

Jenis Jenis Artikel

Artikel sendiri memiliki beberapa jenis. Jenis-jenis artikel diantaranya sebagai berikut:

1. Artikel deskripsi/ deskriptif

Deskriptif adalah penggambaran dari suatu topik masalah yang sedang terjadi di masyarakat.

Dengan demikian masyarakat luas akan tahu apa yang sedang terjadi sebenarnya. Jadi, artikel deskripsi yaitu karangan yang berisi gambaran/deskripsi suatu hal atau keadaan sehingga pembaca seolah-olah ikut melihat, mendengar dan merasakan hal tersebut.

2. Artikel Narasi

Secara sederhana narasi disebut sebagai paparan cerita. Pada narasi dijumpai suatu peristiwa atau kejadian pada satu urutan waktu.

Narasi bisa berupa fakta atau fiksi (karangan) dan dalam sebuah kejadian terdapat pula tokoh yang mengalami suatu konflik.

3. Artikel Argumentasi

Jenis Artikel yang bersifat argumentatif bertujuan untuk membuktikan kebenaran suatu pendapat, kesimpulan dengan fakta maupun data sebagai bukti alasan.

Dalam artikel jenis ini, pengarang mengharapkan pembenaran pendapatnya dari pembaca. Adanya pendapat, fakta atau alasan bertujuan sebagai pendukung opini tersebut.

4. Artikel Persuasi

Persuasi atau persuasif bertujuan untuk memengaruhu pembaca untuk melakukan sesuatu.

Dalam artikel jenis ini pengarang mengharapkan adanya sikap motorik berupa buatan yang dilakukan oleh pembaca sesuai dengan yang diperintahkan penulis dalam tulisan/karangan tersebut.

5. Artikel Eksplantif

Berdasarkan KBBI eksplansif artinya menerangkan. Artikel eksplansif biasanya berisi penjelasan yang menerangkan sesuatu hal yang dapat dipahami oleh pembaca.

Sebagai contoh, ketika seorang Kepala desa ingin mencalonkan diri sebagai Gubernur. Hal ini tentunya akan mengundang pertanyaan dan argumen-argumen dari masyarakat.

Dan sebagai seorang wartawan atau penulis artikel yang jeli/peka terhadap kejadian ini akan semaksimal mungkin mencari tahu dan mengorek informasi sebanyak-banyaknya misalnya tentang apa tujuan kepala desa tersebut.

Sehingga hal ini bisa menjadi data informasi yang tajam dan akurat serta menjadi tulisan artikel yang mampu memberikan pencerahan kepada masyarakat.

6. Artikel Eksploratif

Jenis Artikel ini adalah artikel yang mengungkapkan banyak fakta-fakta berdasarkan kajian tertentu. Artikel eksploratif ini sangat pas untuk menguraikan atau menjabarkan suatu temuan baru misalnya karya ilmiah, situs, dan yang lainnya.

Ciri-Ciri Artikel

  1. Isi dari tulisan harus bersifat actual/ berdasarkan fakta bukan hanya berupa mitos yang belum terbukti kebenarannya. Jadi, artikel harus berasal dari sumber yang valid sehingga bisa dipertanggungjawabkan kepada khalayak umum.
  2. Artikel harus bersifat informative. Artinya mampu mengungkapkan informasi berdasarkan hasil-hasil penelitian yang telah dilakukan, aktual, dari sumber terpercaya dan dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.
  3. Artikel sebaiknya menggunakan bahasa formal/resmi dan baku. Dengan menggunakan bahasa formal akan lebih terlihat lugas, logis, denotatif dan efektif. Selain itu yang mengonsumsi atau membaca artikel kebanyakan adalah masyarakat umum.
  4. Metode penulisan pada artikel bersifat tepat dan sistematis. Artinya, tulisan dapat diterima oleh masyarakat dengan mudah, sehingga informasinya pun bisa tersampaikan kepada pembaca.
  5. Artikel bisa mengundang opini yang artinya bahwa artikel dibuat selain berdasarkan data dan sumber juga dibarengi dengan hasil pemikiran si penulis itu sendiri.

Tujuan artikel

Secara umum artikel dibuat untuk mendidik, memengaruhi, meyakinkan, memberitahu hingga menghibur dan dipublikasikan ke media cetak maupun online.

Adapun berita yang sering beredar di surat kabar juga merupakan salah satu bentuk artikel dengan manfaat untuk menyampaikan berita.

Tujuan pembuatan artikel

  1. Sebagai sarana publikasi dari hasil pemikiran secara ilmiah dengan melalui jurnal ilmiah.
  2. Mendeskripsikan cara menguraikan atau membahas pokok masalah yang telah ditentukan dan diteliti.
  3. Untuk membantu penulis dalam memahami tujuan dari menulis sehingga diharapkan hasilnya memiliki kompetensi dalam menulis artikel tersebut.
  4. Sebagai sarana guna untuk menyampaikan gagasan atau ide si penulis pada setiap masyarakat.
  5. Sebuah cara untuk menjelaskan atau membahas masalah yang sesuai dengan bidang ilmu tertentu.
  6. Untuk membantu penulis dalam berpikir secara sistematis dan melatih penggunaan bahasa dengan cara yang baik dan teratur.
  7. Memberikan dampak akademis terhadap penulis itu sendiri.

Tinggalkan komentar