Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Jambu Bol

Diposting pada

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Jambu Bol – Jambu bol ataupun disebut juga dengan jambu kepala ataupun jambu merah merupakan salah satu tanaman jambu yang masih berkerabat dengan family jambu-jambuan.

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Jambu Bol
Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Jambu Bol

Pada umumnya buah jambu itu mempunyai tekstur daging yang lembut dan padat jika dibandingkan dengan buah jambu air.

Nama ilmiah dari tanaman buah jambu bol ini yaitu Syzygium malaccense yang berasal dari tanah Malaka. Tanaman ini menyebar luas di berbagai belahan dunia lainnya terutamanya di wilayah Asia Tenggara.

Tanaman dari jambu bol ini mempunyai sebutan yang sangat beraneka ragam tergantung dengan wilayah masing-masing.

Dalam bahasa Inggris hal ini disebut juga dengan Malay apple, jambu jambak atau Min, Jambu bool atau Sd dan lainsebagainya.

Klasifikasi Tanaman Jambu Bol

  • Kingdom :  Plantae
  • Subkingdom : Tracheobionta
  • Superdivisi : Spermatophyta
  • Divisi : Magnoliophyta
  • Kelas : Magnoliopsida
  • Subkelas : Rosidae
  • Famili : Myrtaceae
  • Genus : Syzygium
  • Spesies : Syzygium malaccense (L)

Morfologi Tanaman Jambu Bol

Morfologi dari tanaman buah jambu bol ini bisa Anda lihat berdasarkan dari bentuknya seperti halnya akar, batang, dan daun, serta bunga,  buah.

1. Morfologi Akar

Akar tanaman jambu bol ini merupakan jenis akar tunggang yang mempunyai percabangan yang berukuran kecil.

Perakaran dari tanaman buah jambu ini bisa menembus tanah berkisar sekitar 5-10 m. Akar tersebut diketahui bisa berfungsi untuk mengangkut ketersediaan air yang ada di dalam tanah.

2. Morfologi Batang

Batang dari tanaman buah jambu bol ini mempunyai ukuran sedang, mencapai ketinggian sekitar 15 m. Tanaman ini tumbuh lurus dan juga bercabang rendah, bertajuk yang rimbun padat sampai membentuk bulat. Batang tersebut terlihat bertekstur kasar dan mempunyai ukuran diameter sampai 20-45 cm bahkan bisa lebih.

3. Morfologi Daun

Daun dari tanaman buah jambu bol yaitu daun tunggal yang letaknya saling berhadapan, dengan mempunyai tangkai pendek berkisar sekitar 1-1,5 cm.

Daun ini berbentuk lonjong, besar dan juga menjorong serta mempunyai permukaan yang cukup kasar. Mempunyai pertulangan daun yang cukup menonjol yang ada dipermukaan daun tersebut.

4. Morfologi Bunga

Bunga dari tanaman buah jambu bol ini tumbuh dan terletak pada bagian ranting yang tidak mempunyai tumbuh daun. Bunga ini mempunyai tangkai yang pendek dan juga bergerombol serta berisi sekitar 1-12 kuntum.

Bunga dari buah jambu bol ini berwarna merah, keunguan ataupun jambon. Bunga dari jambo bol juga mempunyai tabung kelopak dengan panjang sekitar 1,5-2 cm.

Sedangkan mahkotanya berwarna merah dan berbentuk lonjong atau bundar. Benang sari yang terdapat dalam setiap bunga sangat banyak dan masing-masing mempunyai panjang sekitar 3,5 cm. Panjang dari tangkai putik mempunyai panjang berkisar sekitar 3-4,5 cm.

5. Morfologi Buah

Buah tanaman jambu bol ini berbentuk bulat sampai menjorong. Mempunyai diameter dengan panjang sekitar 5-8 cm.

Memiliki warna hijau ketika jambu masih muda dan warna merah tua ketika jambu sudah tua atau matang. Buah dari jambu bol ini berdaging padat dengan ketebalan sekitar 0,5-2,5 cm dan berwarna putih.

Memiliki rasa asam hingga manis dan juga mempunyai wangi yang khas. Buah dari jambu bol ini terdapat biji sebutir yang mempunyai warna kecoklatan dan berukuran besar dan mempunyai diameter sekitar 2,5-3,5 cm dengan sebuah tekstur keras.

Manfaat Tanaman Jambu Bol

Manfaat dari buah jambu bol yang bisa Anda rasakan untuk kesehatan yaitu mampu untuk melembutkan kulit. Hal ini disebabkan adanya sebuah kandungan vitamin C dan juga mineral lainnya yang mampu untuk menghindarkan Anda dari berbagai penyakit kulit, seperti halnya kanker kulit.

  • Menjaga Kesehatan Mata

Buah jambu bol ini mengandung vitamin A yang sangat tinggi. Dari kandungannya ini, maka Anda bisa menjadikan buah jambu bol ini untuk menjaga kesehatan mata Anda.

  • Mengatasi Penyakit Disentri

Disentri merupakan sebuah penyakit menular. Oleh karena itulah, para penderitanya harus untuk segera mengobatinya supaya tidak menular.

Untuk bisa mengobati penyakit disentri ini, maka jangan buru-buru untuk menggunakan obat yang berbahan kimia. Anda bisa menggunakan sebuah pengobatan alami yang sangat ampuh untuk bisa mengatasi penyakit disentri, yaitu tanaman jambu bol.

  • Mencegah Diabetes

Manfaat dari jambu bol untuk kesehatan lainnya yaitu sangat mampu untuk mencegah diabetes. Buah jambu bol ini bisa Anda jadikan sebuah pemanis alami untuk bisa menggantikan gula yang biasa Anda konsumsi.

Hal ini disebabkan buah jambu bol ini mempunyai banyak kandungan gula yang rendah. Namun dengan mengonsumsi ambu bol ini, maka kebutuhan gula dalam tubuh Anda akan tetap terjaga dan terpenuhi sehingga kadar gula dalam darah akan tetap stabil.

Inilah klasifikasi dan morfologi tanaman jambu bol beserta manfaatnya yang bisa Anda ketahui. Anda pasti sangat mudah untuk menemukan tanaman ini. Banyak sekali manfaat yang bisa Anda ambil dari ketersediaan tanaman ini.

Baca Juga : Syarat Tumbuh Tanaman Jambu Bol

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *