Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Jambu Kristal

Diposting pada

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Jambu Kristal – Jambu kristal merupakan salah satu jenis tanaman yang sangat unik dan cukup berbeda dengan tanaman jambu yang lainnya.

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Jambu Kristal
Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Jambu Kristal

Nama yang disebut jambu kristal, karena alasannya memiliki daging buah yang putih cerah dan bersih dengan rasa yang manis serta renyah.

Bahkan buahnya tidak mudah busuk, jadi tak heran kalau buah ini banyak dikenal oleh warga masyarakat yang ada di Indonesia. Berikut dibawah inilah yang menjadi klasifikasi beserta dengan morfologi dari tanaman jambu kristal.

Klasifikasi Tanaman Jambu Kristal

Tanaman jambu kristal ini termasuk salah satu jenis tanaman yang sangat unik dan menarik. Sangking uniknya, tanaman jambu kristal telah memiliki klasifikasi yang lebih menarik jika dibandingkan dengan beberapa jenis tanaman lainnya.

Seperti apa sih klasifikasinya? Nah, dibawah ini sudah disusun oleh kami untuk anda tentang klasifikasi yang dimiliki oleh tanaman jambu kristal. Berikut ulasannya.

  • Kingdom – Plantae
  • Divisi – Spermatophyta
  • Kelas – Angiospermae
  • Ordo – Myrtales
  • Famili – Myrtaceae
  • Genus – Psidium
  • Spesies – Psidium guajava (L) Merr

Morfologi Tanaman Jambu Kristal

Pohon jambu kristal ini dapat tumbuh dengan maksimum ketinggian yang bisa mencapai 2 meter. Pohon jambu kristal juga bisa bertumbuh pada dataran yang mencapai 1000 meter diatas permukaan laut.

Pada pohon jambu kristal biasanya terdapat banyak buah, diperkirakan bisa mencapai 50 buah disetiap pohonnya. Selain pohonnya, morfologi tanaman jambu kristal juga meliputi akar, batang, daun, buah hingga pada bijinya. Berikut dibawah ini merupakan penjelasannya yang lebih lengkap.

1. Akar Tanaman Jambu Kristal

Secara umum akar pada tanaman jambu kristal ini termasuk pada akar yang tunggang. Selain itu, akar yang dimiliki oleh tanaman jambu kristal ini sangat berbeda dengan beberapa jenis tanaman lainnya. Dimana akar tanaman jambu kristal merupakan akar serabut yang bisa masuk kedalaman tanah yang cukup dalam.

Biasanya tanaman jambu kristal mampu tembus ke dalam tanah yang mencapai 50 hingga sampai dengan 200 cm. Tak hanya itu saja, akar tanaman jambu biji memiliki fungsi untuk menyerap mineral dan unsur yang ada didalam tanah sehingga proses pertumbuhannya dapat berjalan dengan baik.

Namun, perlu diketahui kalau akar dari tanaman jambu kristal ini bisa berkembang dengan baik apabila tanahnya subur dan juga gembur.

Selain tanah yang subur dan gembur, tanah yang akan ditanam oleh tanaman jambu kristal harus mempunyai drainase yang cukup baik.

2. Batang Tanaman Jambu Kristal

Morfologi batang tanaman jambu kristal ini memiliki bentuk yang bulat seperti batang pada umumnya. Batang dari tanaman jambu kristal ini berkayu yang keras, bahkan tak mudah untuk patah dan juga ulet.

Batang tanaman jambu kristal dapat bertumbuh secara tegak dan beranting. Nah, disetiap rantingnya akan menghasilkan beberapa buah jambu kristal.

3. Daun Tanaman Jambu Kristal

Tahukah anda kalau tanaman jambu kristal ini memiliki daun yang termasuk pada jenis daun yang tunggal. Selain itu, daun tanaman jambu kristal juga menyediakan tekstur daun yang terlihat kaku.

Hal ini akan membuat tanaman jambu kristal menjadi lebih kuat dalam menahan gangguan terhadap kekeringan. Bahkan, tanaman jambu kristal akan menjadi lebih mudah dalam menghindarkan berbagai hama penyakit.

4. Bunga Tanaman Jambu Kristal

Bunga yang dimiliki oleh tanaman jambu kristal bisa dibilang bunga yang sempurna, hal ini dikarenakan pada tanaman jambu kristal terdapat bunga yang berjenis kelamin jantan dan juga betina.

Nah, pembuahan bunga biasanya sering terjadi apabila adanya penyerbukan yang dibantu oleh alam sekitarnya, seperti serangga dan juga angin.

Bukan hanya bantuan dari serangga dan juga angin, ternyata pembuahan bunganya bisa terjadi dengan cara yang lain. Salah satunya dengan cara partenokarpi, hal ini biasanya disebut sebagai proses pembuahan yang melalui dengan cara tanpa penyerbukan.

5. Buah Tanaman Jambu Kristal

Jenis tanaman jambu kristal ini memiliki ciri khas yang khusus pada buahnya, hal ini dikarenakan buah dari tanaman jambu kristal ini cukup besar.

Buahnya memiliki diameter yang bisa diperkirakan mencapai 10 hingga sampai dengan 15 cm. Tentu saja ukuran buahnya bisa mengenyangkan perut kita.

Buahnya juga memiliki cita rasa yang manis, renyah dan tebal serta tidak keras. Perlu diperhatikan kalau tanaman jambu kristal ini memiliki varian warna.

Pada kulit buahnya terdapat warna yang hijau, sedangkan daging yang tertutup oleh kulitnya memiliki warna yang putih cerah.

6. Biji Tanaman Jambu Kristal

Pada umumnya biji yang dimiliki oleh tanaman jambu kristal ini sama dengan biji jenis jambu yang lainnya. Biji tanaman jambu kristal ini memiliki bentuk yang bulat dan disertai dengan warna yang bervariasi. Biasanya warna biji jambu kristal terdapat dua warna yang berbeda yaitu, warna kuning ataupun krem.

Biji yang berukuran kecil serta padat dan juga keras ini memiliki permukaan yang kelihatannya halus. Biji tanaman jambu kristal ini berkeping dua dan biasanya disebut sebagai biji belah.

Biji tanaman jambu kristal ini susah untuk ditemukan pada buahnya, karena biasanya ada beberapa buah yang tidak memiliki biji.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *