Morfologi dan Klasifikasi Tanaman Jambu Air

Diposting pada

Morfologi dan Klasifikasi Tanaman Jambu Air – Buah – buahan menjadi salah satu makanan yang selalu menjadi hidangan banyak orang stiap harinya.

7 Cara Budidaya Tanaman Jambu Air
7 Cara Budidaya Tanaman Jambu Air

Beberapa buah bahkan memiliki manfaat untuk menyembuhkan penyakit manusia seperti pada buah jambu biji yang dapat mengurangi nyeri diare. Dengan demikian tak heran jika buah juga menjadi salah satu buah favorit para manusia.

Tanaman ini memiliki beberapa spesies  namu pada umumnya terbagi menjadi 2 spesies yakni jambu air kecil dan jambu air besar.

Hal ini di bentuk dari beberapa bentuk yang berbeda – beda. Penyakit yang sering datang pada tumbuhan ini biasanya seperti antraknosa, fisiologis dan embun jelaga.

Antraknosa ini biasanya di karenakan oleh cendawan Collectotrichum gloeosporioides Penz. Penyakit tanaman satu ini biasanya akan terlihat dengan di tandai bercak pada daun yang berwarna coklat dan hitam.

Hal ini dapat menyebabkan buah menjadi busuk, mengering, jatuh hingga mati. Adapun cara mengendalikannya dengan menghilangkan atau memotong tanaman di bagian yang sudah terserang penyait.

Adapun cara lain dengan menggunakan fungisida yakni misalnya ditanam M – 45 atau blue.

Penyakit yang kemungkinan akan terjadi pada tumbuhan jambu air adalah penyakit fisiologis. Penyakit ini biasanya di karenakan oleh cara perawatan tumbuhan kambu yang keliru.

Ini akan menjadikan buah menjadi busuk dan menimbulkan cendawan yang bisa membuat tanaman anda rusak. Dampak lain yang bisa di timbulkan adalah sepei buah rontok dan mati.

Cara mengendalikan penyakit ini adalah dengan melakukan perawatan yang sesuai dalam menggunakan pupuk dan penyiraman air secara rutin.

Penyakit tumbuhan jambu air selanjutnya adalah embun jelaga. Pada umumnya penyakit ini di karenakan oleh kapang Capnodium sp.

Selain itu gejala yang umum di timbulkan adalah pada permukaan daun yang dapat tertutup oleh bercak hitam. Cara untuk mengendalikannya adalah dengan menyemprotkan insektisida untuk membasmi hama yang menyerang tanaman jambu air.

Cara lainnya dengan memotong bagian yang sudah terserang untuk menghambat pertumbuhan penyakitnya.

Setiap tumbuhan memiliki klasifikasi masing – masing. Beberapa klasifikasi jambu air yang di nyatakan oleh Crongquist (1981) adalah sebagai berikut :

Klasifikasi Tanaman Jambu Air

  • Kingdom : Plantae
  • Divisi : Magnoliophyta
  • Kelas : Magnoliopsida
  • Subkelas : Rosidae
  • Ordo : Myrtales
  • Famili : Myrtaceae
  • Genus : Syzygium
  • Spesies : Syzygium aqueum

Morfologi Tanaman Jambu Air

Beberapa morfologi tumbuhan jambu air adalah sebagai berikut :

1. Akar (radix) Tanaman

Akar menjadi salah satu bagian dari tumbuhan yang sangat penting. Setiap tumbuhan memiliki akar yang berbeda – beda satu dengan lainnya.

Adapun pada tumbuhan jambu air memiliki akar  tunggang yang biasa di kenal dengan radik primaria. Rimpunan akar tumbuhan jambu air memiliki cabang percabangan dengan ukurannya yang relatif kecil.

2. Batang (Caulis) Tanaman

Selain akar adapula batang pada tumbuhan jambu air. Batang pada tumbuhan memiliki volume yang berbeda – beda. Pasalnya pada tumbuhan jambu air saja akan berbeda pada buah yang kecil dan besar.

Tentunya anda sudah tahu jika tumbuhan jambu air memiliki batang berupa kayu denga strukturnya yang cukup kokoh dan keras bahkan sangat keras.

Meskipun tumbuhan ini memiliki perbedaan batang pada buah kecil dan besar, namun tetap saja ciri khususnya tumbuhan jambu air tetap pada batang yang kekar dan besar.

Batangnya berwarna coklat dan terdapat banyak bercak serta memiliki tekstur kasar. Selain itu tinggi dari batang ini hingga mencapai 3 hingga 10 meter.

3. Daun (Folium) Tanaman

Selain bagian diatas ada bagian tumbuhan lainnya yakni daun.  Daun pada tumbuhan jambu memiliki jenis daun tunggal dengan tangkai dan berhadap – hadapan.

Panjang daun ini kisaran 15 hingga 20 cm dengan lebarnya 4 hingga 6 cm. Pada rumpunan tulang daunnya memiliki sirip dan berwarna hijau.

Di ujung daun tumbuhan jambu air memiliki bentuk yang tumpul dengan pangkal yang bulat. Sedangkan pada permukaannya memiliki bagian yang cukup mengkilap.

4. Bunga Tanaman

Tumbuhan jambu memiliki bunga  yang berjenis majemuk dengan bentuk karangannya yakni malai.

Selain itu bunga ini memiliki warna kuning dan putih. Bunga ini memiliki letak tepat di ketiak daun. Pada bagian kelopak memiliki bentuk corong dengan benang sari yang memiliki ukuran 4 hingga 4 cm.

Benang sari memiliki warna putih dengan banyak helainya mencapai 20 benang sari yang berukurn 4 hingga 5 cm di putiknya. Warna pada putik sari adalah hijau pucat. Biasanya bunga pada tumbuhan jambu air di kenal dengan bunga lengkap.

5. Buah tanaman

Tanaman jambu air memiliki buah dengan bentuk seperti lonceng yang mengerucut dan berbentuk ketas yang memiliki warna hijau.

Warna ini akan berubah dengan usia buah tersebut, saat masih muda akan berwarna hijau muda sedangkan saat matang akan berwarna merah tua.

Biji buah jambu seperti ginjal dengan warna putih yang bisa berubah menjadi coklat. Biji ini memiliki ukuran 1 hingga 2 meter pada diameternya.

Demikianlah penjelasan mengenai Klasifikasi dan Morfologi tumbuhan jambu air, semoga bermanfaat.

Baca Juga : Cara Budidaya Tanaman Jambu Air

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *