Pengertian Retikulum Endoplasma Adalah : Jenis dan Fungsinya

Diposting pada

Sel tumbuhan dan juga hewan memiliki dua jenis retikulum, yaitu retikulum endoplasma kasar dan retikulum endoplasma halus.

Pengertian Retikulum Endoplasma Adalah  Jenis dan Fungsinya
Pengertian Retikulum Endoplasma Adalah Jenis dan Fungsinya

Pengertian retikulum endoplasma

Pengertian retikulum endoplasma adalah suatu kumpulan kantung yang bentuknya berupa pipa bergelembung dan terdapat kantung pipih yang meluas di dalam sitoplasma sel eukariot.

Jenis retikulum endoplasma

Retikulum endoplasma atau ER dibagi dua jenis yaitu retikulum endoplasma kasar dan retikulum endoplasma halus. Kedua jenis retikulum endoplasma ini akan menyusun suatu sistem membran yang melingkupi suatu ruang.

Bagian dalam dari  membran disebut dengan luminal / ruang sisterna atau cisternal space. Sedangkan daerah diluar membran disebut ruang sitosolik atau cytololic space.

Perbedaan morfologi antara RE kasar dan RE halus terletak pada ada tidaknya ribosom yang terikat di membran yang berhadapan dengan ruang sitosolik.

RE kasar adalah organel berbatas membran yang susunannya terdiri dari suatu kantong pipih yang disebut sisterna. Sementara komponen membran dari RE halus berbentuk tubular.

Perbedaan jumlah antara kedua jenis RE ini ditentukan oleh jenis sel. Sel yang mensekresi protein dalam jumlah yang besar seperti sel pankreas dan kelenjar ludah dengan jumlah RE yang banyak.

Jika dilihat secara keseluruhan, RE kasar dan halus dibedakan tidak hanya menurut atau ada tidaknya ribosom pada bagian membrannya akan tetapi juga pada susunannya di dalam sitoplasma.

RE kasar bentuknya berupa saluran panjang dan berjajar melengkung secara teratur, sedangkan RE halus bentuknya seperti pembuluh / tubuler atau gelembung / vesikuler yang tidak teratur.

RE kasar dan halus selalu berhubungan di suatu tempat, karena dalam berbagai hal kedua jenis retikulum endoplasma ini akan bekerja sama dalam melakukan aktivitas sel.

1. Retikulum Endoplasma / RE Halus

RE halus berkembang dalam sejumlah jenis sel, misalnya seperti sel otot rangka, tubulus ginjal dan juga kelenjar steroid. Protein RE bervariasi antara sel satu dengan sel yang lainnya dan bergantung kepada fungsi, seperti :

  • Terjadinya sintesis hormon steroid pada bagian kelenjar gonad dan korteks ginjal
  • Detoksifikasi yang terjadi pada hati memiliki komponen organik yang sangat bervariasi seperti barbiturat atau etanol
  • Terjadi pelepasan 6 glukosa fosfat pada hati. Jumlah besar glikogen yang ada di dalam hati akan disimpan sebagai granula terikat dengan membran luar RE halus.

2. Retikulum Endoplasma / RE Kasar

Selain RE halus, juga ada retikulum endoplasma kasar disebut demikian karena pada bagian membrannya banyak sekali melekat ribosom sehingga akan tampak kasar dan tidak licin jika dilihat di bawah mikroskop.

Elemen karakteristik dari RE kasar yaitu berupa lembaran tipis yang terdiri dari dua buah membran yang bersatu pada bagian tepi masing – masing dan juga dibatasi oleh cavite yang berbentuk kantong aplatis / sakulus.

Letak dan jumlah sakulus bervariasi, tergantung pada jenis sel yang ada serta fungsi dari aktivitasnya.

Apabila letak RE kasar berkembang dengan baik, maka letak sakulus akan menjadi sistematis, lebih terarah dan menjadi paralel satu dengan yang lainnya. Terdapat maxilla pada bagian sel – sel glandula dari acini pankreas dan paratoide.

Fungsi Retikulum Endoplasma

Beberapa fungsi Fungsi Retikulum Endoplasma diantaranya adalah :

1. Fungsi Sintesa

Sintesa protein yang terjadi dilakukan bersama – sama dengan ribosom dan protein yang dibebaskan akan masuk dalam cavite retikulum endoplasma.

  • Sintesa lemak : Retikulum  Endoplasma akan berperan terhadap terjadinya sintesa lemak, membrannya mengandung sistem enzimatik yang berfungsi sebagai pemanjangan dan juga saturasi dari asam lemak.
  • Sintesa glycoprotein : protein akan disintesa oleh REG dan dapat berasosiasi pada gula. Sintesa glycoprotein ini sering juga disebut glycosilasi yang berawal pada REG dan berakhir pada AG.
  • Sintesa membrane : Sintesa membrane ini merupakan sintesa yang sangat berbeda dari sintesa lainnya karena disintesa fosfolipida dan juga protein yang berasal dari pembentukan membran sel.

2. Fungsi Penyimpanan

Retikulum  Endoplasma akan menyimpan dan mengkonsentrasikan substansi yang berasal dari miliu ekstraseluler serta juga dapat dari intraseluler.

3. Fungsi Detoxifikasi

Membran Retikulum Endoplasma hati dan ginjal akan mentransformasikan molekul -molekul toksik menjadi molekul yang tidak toksik sebelum dieliminasi oleh organisme lainnya. Detoksifikasi ini terjadi melalui hydroxylosi.

Demikian ulasan mengenai Pengertian Retikulum Endoplasma Adalah : Jenis dan Fungsinya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *