Pengertian Pembelahan Mitosis Adalah : Tahapan dan Tujuan

Diposting pada

Berbicara mengenai makhluk hidup maka Kita akan menemukan pembahasan mengenai pelestarian spesiesnya. Salah satu aktivitas yang menjaga jenisnya tetap ada ialah dengan melakukan reproduksi, pada hewan bersel banyak maka dengan proses kawin dan melahirkan keturunan.

Pengertian Pembelahan Mitosis Adalah  Tahapan dan Tujuan
Pengertian Pembelahan Mitosis Adalah Tahapan dan Tujuan

Sementara pada hewan bersel satu maka proses reproduksi hanya terjadi secara sederhana, yakni melalui tahapan pembelahan sel.

Istilah pembelahan sel ini kemudian disebut sebagai proses mitosis yang bertujuan untuk memperbanyak diri.

Pengertian Pembelahan Mitosis

Sel adalah bagian terpenting dari makhluk hidup yang bertugas menjalankan fungsi penting di dalam tubuhnya. Makhluk yang bernafas akan mampu bertahan hidup apabila sel-sel di dalam tubuhnya aktif bergerak dan membelah.

Khusus untuk jenis makhluk bersel satu maka tujuan pembelahan sel tidak sebatas untuk bertahan hidup. Melainkan untuk cakupan yang lebih luas, yakni memperbanyak keturunan dengan maksud menjaga kelestarian spesiesnya.

Pengertian Pembelahan mitosis adalah proses pembelahan sel dari satu inti sel menuju ke dua inti sel yang berbeda.

Meskipun telah menjadi dua inti sel yang berdiri sendiri dan menjalankan fungsi sebagaimana sel indukan (inti sel sebelum mitosis).

Namun sifat atau gen yang dibawa adalah identik sehingga terbentuk dua sel kembar yang berjalan sendiri-sendiri. Pembelahan yang terjadi memungkinkan adanya pembagian kromosom yang sama antara sel anak dan sel induk.

Tahapan Pembelahan Mitosis

Sementara untuk mampu terbentuk dua inti sel yang memiliki fungsi dan sifat genetik yang sama memerlukan pembelahan yang bertahap. Adapun tahapan untuk pembelahan mitosis sendiri adalah:

1. Tahap profase

Profase menjadi tahap awal dari proses mitosis, ditandai dengan adanya kromosom yang mulai memendek, menebal, dan juga saling berpasangan.

Proses kromosom yang berpasangan akan terlihat seperti dua benang yang saling terhubung. Pada tahapan ini keberadaan membran sel masih dapat terlihat dengan jelas. Kemudian nukleus akan berangsur-angsur menghilang, bagian sentriol kemudian bergerak saling berlawanan.

2. Tahap metafase

Pada tahap metafase akan dijumpai bagian membran inti sel yang melebur, rantai kromosom yang sudah berpasangan berkumpul di bagian ujung sel.

Kromosom ini kemudian terbagi menjadi dua kelompok, satu berkumpul di kutub utara dan yang lainnya di kutub sebaliknya.

3. Tahap anafase

Kromosom yang telah bergerak menuju ke ujung sel pada tahap anafase kemudian saling menarik dan membentuk sel yang tidak beraturan.

Pada tahapan ini masing-masing kromososm berpasangan atau kromatid sudah saling kuat. Kemudian terjadi proses tarik-menarik untuk menjadi bagian sel yang memerlukan ruang sendiri, dengan memisahkan diri.

4. Tahap telofase

Tahap telofase menjadi tahap akhir dari pembelahan mitosis dimana inti sel dan nukleus baru sudah mulai terlihat.

Terjadi pembelahan di bagian tengah diantara ruang kosong kumpulan kromatid di masing-masing ujung.

Keberadaan inti sel baru menandakan ada sel baru yang siap untuk tumbuh mandiri dan terbentuklah dua inti sel, yakni munculnya dua sel.

Tujuan Pembelahan Mitosis

Pembelahan mitosis terjadi setiap saat, dan akan terus terjadi ketika kondisi tubuh dan juga lingkungan cukup mendukung. Proses yang panjang ternyata memiliki beberapa tujuan, diantaranya:

  • Melakukan perbaikan terhadap sel-sel yang telah mengalami kerusakan dan tergantikan oleh sel baru yang lebih sehat.
  • Mendukung kemungkinan untuk memperbanyak keturunan dengan sifat yang sama dan spesies yang sama pula.

Pembelahan sel yang masih aktif akan mencegah kemungkinan ada individu yang punah, baik hewan bersel banyak maupun yang bersel tunggal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.